Level kekuatan Haki dari sosok Shanks sempat Eiichiro Oda ungkap dalam salah satu kolom SBS di manga One Piece. Sejak awal kemunculannya, sosok Shanks memang sudah memperlihatkan tanda-tanda jika dia bukan sosok biasa. Shanks adalah sosok yang menolong Luffy saat seekor monster Sea King hendak memakannya. Dalam kejadian tersebut Shanks memutuskan untuk mengorbankan tangan bagian kirinya untuk dimakan sang monster.

Sejak saat itu Luffy dan Shanks saling mengenal satu sama lain. Dia yang menginspirasi Luffy untuk menjadi seorang bajak laut. Bahkan, Luffy juga memiliki janji kepada Shanks untuk bertemu kembali saat dia sudah menjadi lebih kuat. Berbicara mengenai sosok Shanks, satu hal yang paling menonjol adalah kekuatan Haki yang dia miliki. Dan Oda sendiri pernah ungkap level kekuatan Haki Shanks.

Level Haki Shanks

Ada sebuah fakta menarik dari momen Shanks menyelamatkan Luffy dari monster Sea King. Pada saat itu, monster Sea King melihat mata Shanks. Yang menarik adalah monster tersebut langsung melarikan diri ketakutan. Seiring berjalannya cerita, akhirnya para fans mengetahui jika yang digunakan oleh Shanks adalah Haki atau kekuatan tekad. Secara spesifik, yang digunakan oleh Shanks adalah Conqueror Haki.

Haki sendiri merupakan salah satu hal unik yang dihadirkan oleh Oda Sensei selain buah iblis. Bahkan, Haki jadi salah satu cara untuk bisa menahan kekuatan dahsyat dari buah iblis. Dalam ceritanya, semua orang bisa menggunakan atau membangkitkan Haki. Namun, tidak semua orang bisa menguasai ketiga jenis Haki dan bahkan menggunakan kekuatan ini sebagai “senjata utama.”

Shanks adalah salah satu karakter yang diketahui sangat kuat dalam penggunakan Haki, apalagi ketika dia menghadapi musuh atau bertempur menghadapi lawannya. Selain saat menyelamatkan Luffy, kekuatan Haki Shanks juga sempat diperlihatkan dalam beberapa momen. Misalnya, ketika Shanks mengunjungi kapal Moby Dick milik Whitebeard. Shanks nampak berhasil membuat pingsan sebagian besar kru dari Whitebeard, bahkan merusak kayu dari kapal tersebut.

Kemudian, contoh selanjutnya adalah saat dia berada di cerita pertarungan besar di Marineford. Shanks berhasil melindungi Koby dari serangan tinju magma Akainu dengan pedangnya. Hal tersebut menarik karena Shanks mampu menahan serangan Akainu dalam bentuk aslinya sebagai pengguna buah iblis Logia, sesuatu yang juga pernah dilakukan oleh Rayleigh saat bertarung menghadapi Kizaru.

Namun, contoh paling epik dari level kekuatan Haki Shanks diperlihatkan di akhir arc Wano kemarin. Dalam chapter 1055 kemarin, admiral Green Bull datang ke Wano untuk menangkap Luffy dan para bajak laut Worst Generation. Dia sempat berhasil mengalahkan King dan Queen. Namun, upayanya ini akhirnya terhentik ketika Shanks dan kelompoknya muncul di pantai Wano.

Padahal, jarak mereka sangat jauh. Namun, kekuatan dahsyat dari Conqueror Haki milik Shanks benar-benar membuat Green Bull ketakutan dan memilih untuk pergi dari sana. Dia bahkan tidak berani untuk melawan Shanks. Dalam momen tersebut, Shanks bahkan diperlihatkan mampu untuk berkomunikasi dengan Green Bull melalui Haki. Bahkan, Haki tersebut mampu untuk melumpuhkan sang admiral.

Dua Kali Lipat Luffy

Dari penjelasan di atas, bisa kita tarik kesimpulan jika memang kekuatan Haki Shanks sangatlah dahsyat. Bahkan, sanggup membuat admiral angkatan laut kewalahan. Namun, bagaimana level kekuatan Haki Shanks jika dibandingkan dengan sosok Luffy? Terkait kekuatan Haki Shanks sebenarnya pernah Oda ungkap dalam salah satu kolom SBS, di mana Haki Shanks memang sangat unggul dari Luffy.

Dalam kolom SBS Volume 65, seorang fans bertanya mengenai berapa jumlah orang yang mampu Shanks taklukan (dengan menggunakan Haki) ketika dia berada di posisi Luffy saat menghadapi pasukan Hody Jones dalam arc manusia ikan. Kemudian, Oda sendiri menjawab jika Shanks berada di situasi yang sama maka dia akan mampu menaklukan dua kali lipat dari jumlah Luffy.

Dalam ceritanya sendiri Luffy diperlihatkan mampu menaklukan 50.000 pasukan Hody Jones dengan menggunakan Conqueror Haki miliknya. Artinya, jika Shanks mampu menaklukan dua kali lipat dari Luffy maka dia mampu menaklukan 100.000 orang dengan menggunakan Conqueror Haki. Meskipun begitu, Oda kemudian menegaskan bahwa situasi tersebut akan berbeda jika ada orang-orang yang memiliki tekad yang kuat di kelompok tersebut.

Meskipun begitu, seiring berjalannya waktu ada kemungkinan Luffy juga perlahan sudah mulai mendekati level Shanks dalam hal kemampuan Haki miliknya. Hal ini bisa kita lihat dalam pertarungannya melawan Kaido dalam pertempuran Onigashima. Dalam pertarungan tersebut diperlihatkan bagaimana Luffy mampu mengalahkan Kaido dengan kombinasi kekuatan Gear 5 dan Advanced Conqueror Haki.

Namun, untuk saat ini, bisa dikatakan jika kekuatan Haki Luffy masih belum ada di level yang sama dengan Shanks. Meskipun begitu, Luffy masih memiliki waktu untuk bisa berkembang atau mengembangkan kekuatan Haki miliknya sebelum mulai masuk cerita puncak yang menjadi penutup ceritanya. Misalnya, kemampuan Haki Luffy bisa saja meningkat saat bertarung menghadapi salah satu Gorosei di pulau Egghead.

Shanks Pengguna Haki Terkuat

Apakah artinya Shanks merupakan karakter atau sosok pengguna Haki terkuat di cerita One Piece? Dari apa yang dihadirkan dalam ceritanya sejauh ini, yang didukung oleh bukti terbaru, memang bisa ditarik kesimpulan jika Shanks adalah pengguna Haki terkuat setidaknya untuk saat ini. Hanya ada dua orang yang mampu saingi kekuatan Haki Shank sekarang, Silvers Rayleigh dan juga Luffy.

Namun, di chapter 1069, Rayleigh mengaku jika usianya membuat kekuatan tubuhnya menurun. Artinya, level kekuatan Haki dari Rayleigh juga sudah menurun drastis yang membuatnya tidak yakin menang menghadapi Blackbeard. Luffy jadi satu-satunya kandidat yang bisa menyaingi Shanks. Namun, memang masih butuh banyak sekali waktu untuk membuat Luffy bisa berada di posisi Shanks.

Dengan One Piece yang mulai memasuki babak terakhir kemungkinan hanya tinggal masalah waktu untuk kemudian Oda Sensei menghadirkan peningkatan kekuatan Haki dari Luffy. Dan yang menarik adalah ketika kemudian hal tersebut sudah terjadi, siapa diantara keduanya yang akan menang? Jika melihat dari sisi narasi, jelas Luffy yang akan menang. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.