Sejak pertama kali muncul sebagai produk mainan Hasbro dan kemudian diangkat menjadi serial animasi pada tahun 1980-an, Transformers dikenal sebagai robot yang bisa berubah bentuk. Walaupun begitu awalnya tidak diceritakan secara detail bagaimana para Autobot maupun Decepticon bisa mempunyai bentuk alternatif yang beragam. Setidaknya sampai komik Transformers akhirnya memperkenalkan tiga belas pionir Cybertronian, yaitu Thirteen, di mana salah satu anggotanya yang bernama Amalgamous Prime dikenal sebagai awal dari kemampuan berubah bentuk semua Transformers!

Anggota Thirteen dan Shifter Pertama

Dalam sejarahnya, Thirteen sendiri adalah tiga belas penghuni Planet Cybertron pertama yang sengaja dibuat oleh pencipta Transformers Primus the Creator-God untuk melindungi alam semesta dari kembarannya yang bernama Unicron the Chaos-Bringer. Semua anggota Thirteen yang dimaksudkan untuk menjadi Prime Transformers ini mempunyai kekuatan dan keunikannya masing-masing, tetapi mungkin yang paling berjasa di antara semuanya adalah Amalgamous Prime.

Dikenal sebagai Transformers yang jenaka dan sulit ditebak, Amalgamous merupakan pionir Shifter di antara para Thirteen. Julukan tersebut disematkan kepadanya karena dialah Transformers paling pertama yang bisa mengubah bentuknya sendiri menjadi apa pun. Jika dibandingkan dengan Thirteen lain, Amalgamous memang mempunyai bentuk dasar yang paling abstrak. Namun terlepas dari bentuk anehnya, dia bisa berubah menjadi robot yang indah atau menakutkan sesuai dengan keinginannya, tidak seperti para Autobot atau Decepticon yang hanya terbatas pada satu bentuk alternatif saja.

Ketika Unicron pertama kali datang ke Cybertron, Amalgamous dengan kemampuanya yang unik ini sengaja mengambil barisan paling depan sebagai pejuang Thirteen. Singkat cerita setelah melalui pertempuran yang sangat dahsyat pada akhirnya Thirteen berhasil memukul mundur Unicron. Sayangnya dalam proses mencapai kemenangan mereka harus mengalami kerugian yang sangat besar, di mana sebagian anggota Thirteen seperti Solus Prime dan Liege Maximo diceritakan tewas. Sedangkan Megatronus yang malah bersekutu dengan Unicron, akhirnya diasingkan dari kelompoknya.

Hal inilah yang kemudian membuat para Thirteen yang tersisa menyatukan kekuatan untuk menciptakan generasi baru Cybertronian untuk berjaga-jaga jika Unicron kembali. Amalgamous sengaja memasukan Transformation Cog miliknya ke Well of All Sparks, sehingga semua Cybertronian yang terlahir setelah Thirteen akan memiliki kemampuan untuk berubah bentuk juga, walaupun pada tingkatan yang lebih rendah dan terbatas.

Transformer Cog, Kunci Perubahan Transformers

Jika Amalgamous tidak menyumbangkan Transformation Cog alias T-Cog miliknya, mungkin kita tidak akan pernah melihat para Transformers seperti sekarang. T-Cog yang kemudian menjadi organ tubuh bagi semua Transformers ini sama pentingnya seperti Spark yang merupakan jiwa dari para Autobot dan Decepticon. Jika salah satu dari mereka kehilangan T-Cog, baik Autobot maupun Decepticon, mereka tidak akan pernah bisa berubah bentuk lagi. Karena sejatinya T-Cog lah yang memungkinkan Transformers untuk melakukan pemindaian terhadap sebuah kendaraan untuk dijadikan bentuk alternatifnya.

Secara garis besar sebenarnya fungsi dari T-Cog sendiri hanya membatasi Transformers untuk mempunyai satu bentuk perubahan saja, misalnya Autobot Optimus Prime yang hanya bisa berubah menjadi semi-truk atau Decepticon Starscream dengan bentuk alternatif pesawatnya. Namun dalam kasus yang sangat langka, ada juga T-Cog spesial yang memungkinkan Transformers untuk mempunyai tiga bahkan enam bentuk alternatif. Hal ini mungkin terjadi karena ada lebih banyak energi Transformers pertama Amalgamous dalam T-Cog spesial tersebut.

Eksistensi Amalgamous Prime Sekarang

Setelah memberikan T-Cog untuk kelangsungan Cybertronian, sebenarnya Amalgamous langsung meninggalkan tempat kelahirannya untuk tujuan dan alasan yang tidak diketahui. Meskipun sekarang keberadaannya misterius, ternyata dia pernah tidak sengaja melahirkan bangsa Transformers baru di luar angkasa. Hal ini terbukti dari keberadaan Mutacon yang mampu berubah bentuk juga. Bedanya dengan Transformers asli Cybertron, para Mutacon pertama ini bisa berubah bentuk menjadi apa pun layaknya Amalgamous, di mana mereka sering memanfaatkan kekuatannya untuk menjadi mata-mata Autobot atau Decepticon.

Sekian pembahasan tentang Amalgamous Prime, pertama yang bisa berubah bentuk dan menjadi penyebab mengapa sekarang semua Cybertronian setidaknya punya satu bentuk alternatif. Meskipun bentuknya abstrak dan sekarang tidak lagi terlibat dalam kisah Autobot atau Decepticon, tetapi berdasarkan sejarahnya cukup jelas bahwa Amalgamous adalah salah satu Thirteen yang paling berjasa dalam penciptaan Trasnformers lainnya. Jika dia tidak ada sejak awal mungkin Transformers tidak akan bisa menjadi robot yang unik dan sepopuler sekarang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.