Kang the Conqueror adalah big bad villain Marvel sekaligus musuh bebuyutan Avengers yang mempunyai banyak sekali varian di multiverse. Hal ini bisa terjadi karena dia mempunyai sering mengacak-ngacak timeline sehingga melahirkan timeline bercabang dan semua variannya. Walaupun pada umumnya semua varian Kang adalah Nathaniel Richards yang mempunyai identitas beragam, seperti Rama-Tut, Scarlet Centurion, atau Immortus, ternyata ada lima di antaranya yang bukan versi alternatif Nathaniel. Namun menariknya mereka semua eksis sebagai Kang the Conqueror di semestanya masing-masing!

Kang-Nebula

Pertama kali diperkenalkan sebagai Ravonna Renslayer, Kang-Nebula sebenarnya bukan merupakan varian Nathaniel Richards, melainkan love interest Kang the Conqueror sekaligus putri kerajaan yang hidup pada abad ke-40. Karena Kang telah menghancurkan kerajaan ayahnya dan meninggalkannya sendirian, dia lantas berniat untuk kalahkan sang Conqueror. Salah satu upaya pertamanya adalah menyamar sebagai Kang-Nebula dan menyusup ke dalam kelompok Council of Kangs. Ajaibnya dia diterima dengan sangat baik oleh para varian Nathaniel, sebelum akhirnya bisa menghimpun kekuatan dan mampu mengalahkan Kang di Chronopolis sekaligus mengambil alih markasnya tersebut.

Kamala Kang

Dari namanya saja mungkin kalian sudah bisa menebak bahwa Kamala Kang bukanlah varian Nathaniel Richards. Faktanya dia adalah Kamala Khan alias Ms. Marvel yang semua elemen pada dirinya bergabung dengan Nathaniel saat peristiwa Infinity Warps. Hasilnya dia berubah menjadi Kamala Kang yang mempunyai kemampuan untuk melakukan perjalanan waktu serta melenturkan dan memperbesar tubuhnya layaknya Ms. Marvel. Alih-alih menggunakan kekuatannya untuk menaklukkan timeline lain, Kamala Kang justru hanya ingin mengubah sejarahnya sendiri agar sesuai dengan keinginannya.

Ahura

Ahura sejatinya adalah anak raja Inhuman Black Bolt yang mempunyai kemampuan untuk mengekstrak arwah orang lain. Dalam sebuah kisah alternatif, dia diceritakan diculik oleh Kang sejak dirinya masih bayi. Hal ini lantas mengubah karakteristik Ahura dewasa secara drastis dan malah membuatnya sangat dendam kepada ayah dan para Inhuman karena merasa ditinggalkan. Setelah tubuh sebagai seorang villain, dia lantas menjadi versi Kang yang bukan Nathaniel di semestanya. Dengan kemampuan time travel dan ekstraksi arwah, Ahura hampir berhasil memusnahkan bangsa Inhuman sesuai rencana Kang yang asli, sebelum akhirnya Black Bolt terpaksa membunuhnya karena tidak punya pilihan lain.

Ultimate Kang

Sama seperti kasus Ahura, Sue Storm alias Invisible Woman dari Fantastic Four juga diceritakan menjadi varian Kang the Conqueror yang bukan Nathaniel di semestanya. Semuanya bermula setelah Invisible Woman di Ultimate Universe ini menyaksikan kematian dari banyak superhero, termasuk para anggota Fantastic Four yang sangat disayanginya. Dengan ambisi yang sama seperti Kang, yaitu mengubah masa lalu, dia lantas menjadi Ultimate Kang yang justru rela menghabisi siapa pun yang menghalanginya bahkan dirinya sendiri yang eksis pada masa lalu. Sejak saat itulah dia dikenal sebagai villain paling berbahaya di semestanya sendiri.

Scion

Satu lagi anggota Fantastic Four yang diceritakan sempat ‘menyamar’ sebagai varian Kang yang bukan Nathaniel Richards. Identitas asli Scion sebenarnya adalah Reed Richards alias Mister Fantastic yang berusaha menyusup ke tempat perkumpulan varian Kang untuk mengetahui rencana besar mereka. Karena dia dan Nathaniel mempunyai garis keturunan yang sama, di mana ayah Reed adalah kakek buyut Kang dari nenek yang berbeda, pada akhirnya tidak ada satu pun varian Kang yang menyadari penyamarannya. Yang lebih menariknya lagi, sampai kisahnya berakhir, Immortus, Scarlet Centurion dan Kang sendiri masih menganggap Scion adalah bagian dari kelompok mereka.

Itulah lima varian Kang the Conqueror di multiverse Marvel, yang ternyata bukan Nathaniel Richards. Dengan ksistensi dari kelima karakter ini Marvel seakan-akan ingin menegaskan bahwa tidak semua varian Kang adalah Nathaniel Richards. Karena bisa saja mereka sebenarnya adalah orang yang dilatih langsung oleh Kang atau yang mencoba menjadi Kang di semestanya sendiri dan akhirnya diakui langsung sebagai bagian dari kelompok variannya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.