Eiichiro Oda perkenalkan satu senjata epik anti buah iblis yang akan mampu menetralkan semua kekuatan buah iblis seperti yang diperlihatkan salah satu chapter kemarin. Sosok ilmuwan paling cerdas di dunia One Piece, Vegapunk, memang dikenal mampu menciptakan berbagai teknologi canggih. Seluruh teknologi yang ada di pulau Egghead adalah bukti nyata dari hal tersebut.

Selain berbagai teknologi canggih seperti alat untuk mengatur suhu cuaca, Vegapunk juga diketahui membuat senjata yang dahsyat dan mengerikan. Senjata tersebut bahkan bisa memberikan dampak signifikan dalam sebuah pertempuran atau pertarungan. Salah satu senjata yang dimaksud adalah Bubble Gun. Ini merupakan senjata yang sempurna untuk menghadapi mereka para pengguna buah iblis.

Senjata Anti Buah Iblis

Lalu, apa itu Bubble Gun? Mengapa kemudian ini jadi senjata sempurna untuk menghadapi para pengguna buah iblis? Dalam chapter 1077 kemarin, kita melihat kelanjutan cerita dari berbagi kelompok kecil yang memiliki misi mencari keberadaan Vegapunk asli. Salah satu kelompok tersebut berisi Lillith, Usopp, dan Franky. Mereka juga jadi salah satu korban yang diserang oleh Seraphim.

Kelompok Usopp tersebut diperlihatkan harus menghadapi S-Snake, Seraphim yang mirip dengan sosok Boa Hancock. Di chapter sebelumnya, mereka nampak kewalahan menghadapi S-Snake. Namun, di chapter 1077, Lillith kemudian menggunakan sebuah senjata canggih buatan Vegapunk untuk menghadapi Seraphim tersebut yaitu Bubble Gun.

Bubble Gun sendiri memiliki bentuk yang unik di mana bentuk senjata ini lebih mirip sebuah tongkat dengan ujung yang mirip seperti terompet. Bubble Gun tidak menembakan peluru, melainkan menembakan gelembung berukuran besar. Meskipun nampak seperti gelembung biasa, namun ternyata ada yang spesial dari gelembung yang dikeluarkan dari Bubble Gun.

Gelembung berukuran besar tersebut memiliki “energi laut” atau dengan kata lain terdapat energi batu laut di gelembung tersebut. Seperti yang diketahui, energi laut atau energi batu laut mampu untuk menetralkan kekuatan buah iblis. Ini juga yang terjadi ketika Lillith dan yang lain menggunakannya untuk menetralkan kekuatan Seraphim S-Snake. Dengan gelembung tersebut Seraphim itu nampak sama sekali tidak berdaya.

Yang menarik adalah penggunanya hanya perlu menyentuhkan gelembung raksasa tersebut dengan targetnya, yaitu pengguna buah iblis. Dan efeknya, kekuatan buah iblis mereka akan netral meskipun untuk sementara. Semakin gelembung tersebut ditekan ke tubuh target atau pengguna buah iblis, maka kekuatannya akan semakin melemah seperti yang diperlihatkan oleh S-Snake yang tidak bisa bergerak ketika gelembungnya ditekan dengan kuat ke tubuh S-Snake.

Inilah alasan mengapa kemudian Bubble Gun menjadi senjata anti buah iblis yang sangat dahsyat dan luar biasa ketika digunakan dalam sebuah pertarungan. Bahkan, senjata ini juga mampu memberikan dampak signifikan dalam pertarungan tersebut seperti yang diperlihatkn saat menghadapi S-Snake. Teknologi batu laut sendiri sebelumnya dikembangkan oleh Vegapunk untuk digunakan sebagai borgol untuk membuat tawanan angkatan laut tidak bisa menggunakan kekuatannya.

Hal ini bisa dilihat ketika angkatan laut hendak mengeksekusi sosok Portgas D. Ace, di mana dia tidak mampu menggunakan kekuatannya sampai borgol tersebut lepas. Marco juga akhirnya harus terluka, ketika Aokiji menggunakan borgol batu laut tersebut ke tangan Marco yang membuatnya bisa dilukai. Bubble Gun menggunakan teknologi yang sama, namun dengan cara penggunaan yang berbeda. Mereka yang tidak memiliki kekuatan buah iblis bisa menggunakan senjata ini sebagai andalan mereka menghadapi berbagai ancaman tersebut.

Alasan Diincar World Government

Seperti yang diperlihatkan di chapter 1078, ada dua hal yang menjadi alasan mengapa kemudian pihak World Government mengerahkan kekuatan besar untuk menghancurkan pulau Egghead. Serta, mereka melakukan hal tersebut untuk menghabisi nyawa dari Vegapunk. Pertama, Vegapunk berhasil mengetahui rahasia besar yang disembunyikan oleh World Government.

Vegapunk diketahui bahkan berhasil mengungkap atau mengetahui rahasia masa lalu jauh lebih banyak dari apa yang ditemukan oleh para cendikiawan Ohara. Kedua, sistem pertahanan di pulau Egghead cukup masif yang mana membuat World Government tidak ingin gegabah dan lebih memilih mengerahkan kekuatan dalam jumlah besar. Berkaitan dengan Bubble Gun, ini sepertinya jadi salah satu bukti kedahsyatan teknologi masa lalu yang diaplikasikan oleh Vegapunk.

Seperti yang terungkap di chapter sebelumnya, seluruh teknologi canggih yang ada di pulau Egghead sebenarnya bukan berasal dari masa depan. Semua teknologi tersebut Vegapunk tirukan dari masa lalu, tepatnya pada 900 tahun yang lalu. Berdasarkan semua informasi yang dia baca dan ingat, Vegapunk kemudian coba untuk menggunakan teknologi tersebut dan membangkitkannya kembali.

Sejauh ini, Vegapunk bisa dibilang berhasil untuk mengembangkan teknologi tersebut yang terbukti dari berbagai fasilitas dan hal-hal menarik di pulau Egghead. Bubble Gun juga bisa dianggap sebagai salah satu bukti epik teknologi yang Vegapunk gunakan dari masa lalu. Dan di sisi lain, penggunaan teknologi di Bubble Gun ini juga kemungkinan jadi alasan mengapa Vegapunk jadi incaran World Government. Kita nantikan saja ya Geeks seperti apa nasib dari Bubble Gun ini dalam cerita selanjutnya. Tentunya akan sangat disayangkan jika kemudian kemunculan dari Bubble Gun ini hanya sekilas saja.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.