Pihak World Government dikenal sebagai pihak yang berkuasa dalam cerita One Piece di mana mereka selalu menyembunyikan dan menghapus fakta sejarah yang ada. Tanpa banyak orang sadari ada banyak rahasia besar yang World Government sembunyikan selama ini dari semua orang. Mereka sengaja menyembunyikan rahasia besar tersebut karena berbagai alasan.

Salah satu kemungkinan alasannya adalah demi menjaga kekuasaan dan juga pengaruh mereka di dunia. Dan terbukti, selama ini cara tersebut ampuh untuk membuat mereka tetap menjadi penguasa dunia. Mereka juga sering menghapus berbagai fakta sejarah yang ada. Sejauh ini diketahui ada beberapa fakta sejarah dunia yang dihapus oleh pihak World Government. Apa saja?

Kehancuran Pulau God Valley

God Valley merupakan tempat yang menjadi saksi bisu pertempuran antara angkatan laut yang beraliansi dengan Roger melawan kelompok bajak laut Rocks. Peristiwanya sendiri dikenal sebagai insiden God Valley. Menurut penuturan dari Sengoku, pulau God Valley ini duah menghilang dari peta. Bahkan, fakta sejarah tentang peristiwa ini pun dihapuskan sehingga tidak banyak orang yang tahu.

Berdasarkan informasinya, hanya mereka yang berasal dari angkatan laut lama yang tahu tentang fakta peristiwa yang terjadi 38 tahun lalu ini. Banyak para angkatan laut muda yang justru tidak pernah tahu tentang peristiwa tersebut atau bahkan fakta lainnya, seperti tentang sosok Rocks dan bagaimana beberapa nama Yonko ternyata pernah jadi bagian dari kru Rocks.

Fakta Buah Iblis Nika

Geeks tentunya tahu tentang fakta sejarah yang disembunyikan oleh World Government ini, mengingat Oda Sensei memang baru mengungkapkannya di arc Wano. Pada awalnya, kita diperkenalkan dengan buah iblis yang dimiliki oleh Luffy tersebut dengan nama Gomu Gomu. Buah iblis ini juga masuk dalam jenis Paramecia. Namun, ternyata World Government sengaja menyembunyikan fakta sebenarnya terkait hal ini. Nama asli dari buah iblis tersebut adalah Hito Hito no Mi, Model: Nika.

Buah iblis ini juga sebenarnya berjenis Mythical Zoan dan bukan Paramecia. Kekuatannya sendiri tetap sama yaitu merubah penggunanya menjadi seseorang yang elastis, seperti yang sering Luffy perlihatkan di sepanjang serinya. Apa yang kemudian jadi alasan pihak World Government menyembunyikan fakta sejarah buah iblis Nika memang masih jadi pertanyaan. Namun, besar kemungkinan jika hal ini ada kaitannya dengan kekuatan sebenarnya dari buah iblis tersebut yang dianggap memiliki kekuatan paling dahsyat di dunia. Bahkan, mereka sendiri sudah mengincarnya sejak 800 tahun yang lalu.

Harta Karun Terbesar

Donquixote Doflamingo merupakan salah satu karakter yang memiliki pengaruh besar, terutama bagi World Government. Dia adalah salah satu mantan kaum naga langit, sebelum kemudian kembali mendapatkan posisinya. Karena menjadi kaum naga langit, dia pun tahu banyak rahasia World Government. Termasuk tentang “harta karun dunia” yang ada di Mary Geoise.

Untuk saat ini, memang masih menjadi misteri apa yang mereka sembunyikan di istana Pangaea. Banyak yang berspekulasi jika topi jerami raksasa yang sempat diperlihatkan memiliki sejarah panjang dan koneksi mendalam dengan World Government dan masa lalu. Ada juga spekulasi yang menyebutkan jika topi jerami tersebut merupakan milik sosok Joy Boy. Yang pasti, World Government benar-benar menghapus fakta sejarah tentang topi jerami itu.

Teknologi Masa Lalu

Salah satu hal yang coba dihapuskan oleh World Government dalam cerita terbaru kali ini adalah faktas tentang teknologi masa lalu. Di arc Egghead sekarang diketahui bahwa berbagai teknologi canggih yang ada di pulau tersebut bukan berasal dari masa depan. Justru, berbagai teknologi tersebut berasal dari masa lalu meskipun tidak diketahui kapan pastinya.

Dalam artikel sebelumnya sempat ada pembahasan mengenai teori jika teknologi canggih ini juga yang mungkin jadi penyebab penyerangan 20 kerajaan ke Kerajaan Kuno. Hal ini karena mungkin mereka menganggap hal itu sebagai ancaman besar. World Government sendiri saat ini berusaha untuk menutupi fakta sejarah tersebut dengan berencana menghancurkan seluruh isi pulau Egghead dan juga menghabisi Vegapunk.

Sejarah Dunia

Ini adalah fakta sejarah terbesar yang selalu coba untuk ditutupi oleh World Government selama ratusan tahun. Seperti yang kita ketahui, World Government selalu berusaha untuk menutupi fakta sejarah tentang apa yang terjadi pada abad yang lalu, apa yang menjadi penyebab abad kekosongan, bagaimana kemudian mereka bisa mengalahkan Kerajaan Kuno, dan sebagainya.

Sebenarnya, fakta sejarah ini tertulis di berbagai Poneglyph yang ada dan tersebar di beberapa tempat. Namun, mereka yang coba-coba untuk mempelajari atau mencari tahu hal tersebut akan langsung dihabisi. World Government melarang siapa pun untuk melakukan penelitian atau mencari tahu tentang apa yang terjadi pada masa lalu. Penduduk Ohara menjadi bukti nyata kekejaman World Government yang coba menutupi fakta sejarah ini.

Sebagai kekuatan terbesar di dunia One Piece, World Government memang berkuasa atas banyak hal termasuk tentang apa saja hal-hal yang bisa dan boleh orang ketahui atau konsumsi. Karena itulah, mereka pun memiliki banyak banyak sekali fakta sejarah yang dihapus atau disembunyikan oleh World Government. Hal ini kemungkinan karena mereka tidak ingin rahasia besar tersebut terbongkar.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.