Kita semua mungkin pernah membayangkan bagaimana jadinya jika sebuah film populer dimainkan oleh aktor lain. Misalnya bagaimana jika Tom Cruise berperan sebagai Tony Stark di MCU, atau seperti apa jadinya film Pirates of the Caribbean seandainya pemeran Jack Sparrow diganti. Tahukah kalian, Geeks, bahwa di Hollywood sendiri sebenarnya memang ada sejumlah film yang benar-benar ganti aktor di tengah syuting, ada yang karena sineasnya merasa kurag sreg atau bahkan karena pemerannya meninggal dunia. Berikut ini tujuh film populer yang mengganti aktornya saat produksi tengah berlangsung!

Back to the Future (1985)

Back to the Future adalah salah satu waralaba film sci-fi pada tahun 1980-an yang sekarang sudah dianggap sebagai bagian dari pop culture dunia. Bagi penggemar setia film dari sutradara Robert Zemeckis ini mungkin sudah tidak asing dengan Michael J. Fox yang berperan sebagai anak muda penjelajah waktu bernama Marty McFly. Ternyata pada saat filmnya pertama kali diproduksi, tadinya pemeran Marty adalah Eric Stolz. Namun karena Zemeckis merasa kurang sreg, pada akhirnya dia memutuskan untuk ganti aktor dengan Fox, padahal Stolz sudah sempat mengikuti syutingnya selama kurang lebih lima minggu.

Predator (1987)

Satu lagi film sci-fi populer pada tahun 1980-an yang ganti aktor di tengah syuting. Predator adalah film yang bercerita tentang pertarungan hidup dan mati antara sekelompok tentara manusia melawan alien pemburu yang disebut Yautja. Di film ini tadinya karakter utama dari Arnold Schwarzenegger akan berhadapan dengan Yautja yang diperankan oleh bintang Hollywood lainnya, yaitu Jean-Claude Van Damme. Sayangnya di tengah jalan, Van Damme memutuskan untuk meninggalkan produksi filmnya karena sering kelelahan bahkan pingsan saat mengenakan kostum Yautja. Peran Yautja untuk sisa produksinya akhirnya diganti oleh aktor Kevin Peter Hall.

Shrek (2001)

Semua penggemar film animasi Hollywood mungkin tahu siapa Shrek. Ogre hijau yang baik hati ini berhasil disuarakan dengan baik oleh aktor sekaligus komedian Mike Myers. Namun siapa sangka ternyata awalnya Myers sendiri bukanlah pilihan pertama untuk mengisi suara karakter Shrek. Pada saat itu aktor Chris Farley sudah lebih dahulu mengisi suara Shrek sekitar 80-90%, tetapi karena dia lebih dahulu meninggal sebelum produksinya rampung akhirnya DreamWorks Pictures terpaksa ganti aktor atau pengisi suara Shrek dengan Myers. Di mana Myers terus mengulang perannya sampai film keempatnya yang berjudul Shrek Forever After.

The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring (2001)

Dari semua yang di daftar ini mungkin The Lord of the Rings: The Fellowship of the RingĀ adalah film yang paling dikenal penggemar pernah ganti aktor saat produksinya berlangsung. Karakter utama manusia di filmnya yang bernama Aragorn tadinya sempat diperankan oleh aktor Stuart Towsend. Namun setelah syuting berlangsung selama satu bulan, sutradara Peter Jackson menyadari bahwa Towsend yang pada saat itu masih berusia 27 tahun terlihat terlalu muda untuk karakternya. Akhirnya Towsend diganti oleh aktor berusia 41 tahun, yaitu Viggo Mortensen, yang membintangi trilogi The Lord of the Rings selesai.

V For Vendetta (2005)

Sama kasusnya seperti Predator, film V For Vendetta juga ternyata sempat ganti pemeran karena aktor James Purefoy merasa tidak kuat terus-menerus mengenakan kostum V selama syuting berlangsung. Sebagai pengingat V sendiri digambarkan sebagai teroris anarkis yang berusaha melawan tirani pemerintahan. Sampai filmnya berakhir tidak diketahui seperti apa wajah asli V karena dia tidak pernah melepas topeng Anonymous-nya. Meskipun Purefoy telah menjalani sytuing selama enam minggu, tetapi dia rela perannya diambil alih oleh Hugo Weaving.

The Imaginarium of Doctor Parnassus (2009)

The Imaginarium of Doctor Parnassus adalah film bergenre fantasi yang bercerita tentang Tony yang berusaha menyelamatkan pemimpin pertunjukan Parnassus dan anaknya Valentina dari perjanjiannya dengan iblis. Karakter Tony di film ini tadinya sempat diperankan oleh Heath Ledger, sebelum akhirnya dia meninggal dunia saat produksinya belum rampung. Hal inilah yang akhirnya membuat The Imaginarium of Doctor Parnassus terpaksa ganti aktor dengan Johnny Depp, Jude Law, dan Colin Farrell, yang masing-masing memerankan versinya Tony sendiri. Karena filmnya banyak menghadirkan premis tentang perpindahan dimensi, pergantian pemeran ini terasa cukup halus untuk plotnya.

Furious 7 (2015)

Kalian mungkin pernah mendengar kabar duka terkait aktor Fast & Furious Paul Walker yang meninggal dunia dalam kecelakaan mobil. Terlepas dari kecelakaannya, pada saat itu dia sebenarnya tengah terlibat dalam proses produksi film Furious 7 yang hampir selesai sebagai Brian O’Connor. Karena ada beberapa adegan yang belum diambil, pada akhirnya kru produksi dan sutradara James Wan terpaksa ganti aktor dengan saudara kandung Paul Walker, yaitu Caleb dan Cody Walker. Tim efek visual lantas mengubah wajah dari kedua saudaranya tersebut agar mirip Paul. Hasilnya, banyak penonton yang merasa tersentuh dengan upaya film Furious 7 dalam menghormati Paul Walker dan karakternya.

Itulah tujuh film populer Hollywood yang ternyata pernah ganti aktor walaupun syuting sudah dimulai. Dalam hal ini mungkin alasan karena sutradara kurang sreg, aktor yang merasa kelelahan, atau meninggalnya pemeran dari sebuah film, dapat dimaafkan oleh semua pihak yang terlibat selama tidak ada yang merasa dirugikan. Di sisi lain terlepas dari alasannya, semua pergantian pemeran ini pada akhirnya justru bisa dibilang telah berhasil membawa filmnya lebih populer dan lebih dikenal sampai sekarang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.