Di antara banyak karakter veteran DC, Batman dikenal sebagai superhero unik yang mampu bersanding dengan Justice League meskipun tidak mempunyai kekuatan super dari lahir. Hal inilah yang kemudian membuat banyak penggemar menyukai Batman dengan semua keterbasannya. Walaupun begitu bukan berarti dia tidak pernah mencapai versi terbaiknya. Karena faktanya dalam sejarah DC, setidaknya ada lima inkarnasi atau versi Batman yang menjadi entitas Mahakuasa dan Mahatahu di DC Universe karena mempunyai kekuatan kosmik. Siapa saja inkarnasi yang dimaksud? Simak di bawah ini, Geeks.

White Lantern Batman

Di peristiwa Blackest Night, Bruce Wayne alias Batman versi New Earth pernah diceritakan menjadi White Lantern untuk sementara waktu. Meskipun awalnya sempat ditolak karena hatinya dianggap terlalu ‘hitam’, pada akhirnya White Lantern Ring tetap kembali kepadanya agar Batman bisa menyelamatkan alam semesta dari ancaman Black Lantern. Sebagai White Lantern yang dianugerahi kekuatan kosmik, Batman sempat menjadi versi terkuatnya yang mempunyai kemampuan penyembuh dan terkoneksi langsung dengan semua kehidupan di alam semesta. Dengan kata lain dia pernah menjadi entitas kosmik yang mengetahui awal dan akhir dari semua kehidupan yang ada dihadapannya.

New God of Knowledge

Batman selanjutnya yang pernah diceritakan mendapatkan kekuatan kosmik adalah Bruce Wayne versi Prime Earth yang diceritakan berhasil merebut Mobius Chair dari seorang New God bernama Metron. Mobius Chair sendiri adalah database pengetahuan ciptaan Anti-Monitor yang mencakup semua informasi dari awal sampai akhir alam semesta secara mendetail. Ketika Batman menduduki kursi kosmik ini, di mana seharusnya tidak ada satupun manusia yang mampu menahan energi dahsyatnya, dia langsung menjadi New God of Knowledge alias Dewa Pengetahuan yang Mahatahu sekaligus bisa secara instan melakukan perjalanan ruang dan waktu ke timeline mana pun yang dia mau.

Final Bruce Wayne

Di DC Universe ada satu karakter yang dikenal tidak mempunyai batasan bernama Doctor Manhattan. Menariknya di Dark Multiverse sendiri ada salah satu versi Bruce Wayne yang diceritakan mempunyai origin seperti Doctor Manhattan, di mana tubuhnya terurai sampai ke tingkat atom karena eksperimen berbahaya yang dilakukannya. Setelah Batman sempat dianggap mati, ternyata dia terlahir kembali sebagai sosok yang mengklaim dirinya sebagai Final Bruce Wayne. Pada titik inilah Bruce mempunyai kekuatan kosmik yang membuatnya mampu mengurai molekul di sekitarnya dengan mudah apa pun itu, serta mengetahui semua yang terjadi sampai ke tingkat multiverse.

Batman World Forger

World Forger alias Alpheus merupakan entitas kosmik yang konon telah menciptakan multiverse bersama ibunya Perpetua dan saudaranya Anti-Monitor. Menariknya DC pernah menceritakan bahwa entitas sekelas World Forger pernah meminta bantuan Bruce Wayne untuk menyelamatkan multiverse. Pada titik inilah Batman mendapatkan akses ke ruang kerja World Forger, di mana dia kemudian menggunakan logam surgawi Element X untuk menciptakan Final Bat-Suit. Dengan armornya yang paling tidak masuk akal ini, Batman diceritakan mempunyai kekuatan kosmik yang memungkinkannya untuk mengubah realitas, mengendalikan pikiran dan mental orang lain, serta mampu mengalahkan semua orang termasuk Justice League.

Darkest Knight

Darkest Knight adalah julukan yang diberikan DC kepada Batman Who Laughs yang telah berhasil mencuri kekuatan kosmik dari Perpetua. Awalnya Batman Who Laughs hanyalah versi jahat Batman dari Dark Multiverse yang di dalam darahnya mengalir Joker Venom. Namun semuanya mulai berubah setelah Perpetua menunjuknya sebagai pelayan pribadi untuk menulis ulang sejarah multiverse DC. Mirisnya, ternyata sejak awal dia memang mengincar kekuatan kosmik Perpetua untuk kepentingannya sendiri. Sebelum para superhero di multiverse mengalahkannya dengan susah payah, sebagai Darkest Knight dia sempat digambarkan mempunyai kekuatan Mahakuasa yang bisa melakukan segalanya.

Itulah lima Batman yang pernah diceritakan mempunyai kekuatan kosmik di DC Universe. Meskipun sebagian besar pembaruan yang dialami oleh para Batman ini tidak ada yang permanen, tetapi semua kisahnya secara tidak langsung telah membuktikan bahwa Batman adalah salah satu karakter DC yang potensinya tidak terbatas. Ada banyak cara yang bisa ditempuhnya untuk menjadi versi terkuat Dark Knight di alam semesta bahkan multiverse DC, di mana hal ini belum tentu dialami oleh karakter lain. Jika semua Batman terkuat ini bertarung, kira-kira siapa yang menurut kalian bisa keluar sebagai pemenang, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.