Klan Kozuki bisa jadi adalah pihak yang hukum Zunesha dalam alur cerita One Piece. Namun, mengapa kemudian klan Kozuki yang bertanggung jawab atas hukuman tersebut? Kemunculan karakter Zunesha memang menjadi sebuah hal yang luar biasa dalam cerita One Piece, meskipun di satu sisi juga karakternya masih menyimpan sebuah teka-teki yang besar.

Misalnya, siapa sebenarnya Zunesha dan yang juga jadi pertanyaan adalah mengapa kemudian dia harus dihukum. Sayangnya, sampai saat ini Oda Sensei masih belum memberikan informasi detail terkait hal tersebut. Meskipun begitu, banyak spekulasi yang beredar di kalangan fans terkait sosok Zunesha. Salah satu yang menarik adalah bagaimana adanya kemungkinan jika klan Kozuki yang hukum Zunesha selama ini.

Zunesha Sang Gajah Legendaris

Menurut informasi yang dihadirkan sejauh ini oleh Oda Sensei, Zunesha merupakan seekor gajah raksasa kuno yang sudah berjalan mengelilingi Grand Line tanpa henti dan tanpa tujuan selama kurang lebih 1.000 tahun. Saking besarnya sosok Zunesha, kakinya bahkan mampu menyentuh dasar lautan yang dalam. Sejauh ini, di sepanjang seriesnya Zunesha merupakan satu-satunya binatang dari spesiesnya.

Zunesha juga diketahui memiliki penglihatan yang luar biasa, yang membuatnya bisa melihat objek dan tempat yang berada sangat jauh posisinya dengan sangat jelas. Meskipun begitu, ukuran mata dari Zunesha sendiri sangat kecil dan memiliki bola mata yang unik yang bisa dibilang sangat mirip dengan Mihawk dan Im. Dan karena usianya yang sudah tua, kulit di tubuhnya sudah mulai mengeriput dan rapuh.

Diketahui tinggi dari tubuh Zunesha mencapai 35 kilometer, yang membuatnya menjadi karakter paling tinggi dalam cerita One Piece. Yang menarik adalah di bagian atas punggungnya Zunesha membawa sebuah wilayah dan peradaban dari suku Minks. Pulau tersebut kemudian diberi nama Zou. Meskipun Zunesha sudah membawa pulau Zou selama berabad-abad, tidak pernah ada komunikasi yang terjadi antara suku Minks dan Zunesha.

Meskipun begitu, suku Minks sepertinya sangat memahami sosok Zunesha dan juga kebiasaanya, seperti membersihkan dirinya sendiri. Efek dari hal tersebut adalah banjir sementara di wilayah Zou. Meskipun suku Minks tidak berkomunikasi dengan Zunesha, mereka sangat peduli terhadap sosok gajah tersebut, dan mereka juga sadar bahwa Zunesha adalah sosok yang spesial.

Bukti dari hal ini adalah bagaimana suku Minks kemudian membantu Zunesha dengan merawat luka-luka yang dia derita saat Jack menyerangnya. Hal yang paling menarik tentang Zunesha adalah fakta bahwa dia sudah mengelilingi Grand Line selama kurang lebih 1.000 tahun, tanpa berhenti sekali pun. Menurut Nekomamushi, salah satu pemimpin suku Minks, pada zaman dahulu, Zunesha dihukum untuk berjalan melintasi Grand Line karena kesalahan yang dia lakukan.

Kejahatan Zunesha

Lalu, apa kejahatan dari Zunesha yang membuat dia harus dihukum untuk mengelilingi Grand Line dalam jangka waktu yang lama? Sampai sejauh ini sama sekali tidak ada informasi mengenai kejahatan apa yang sudah dilakukan oleh Zunesha sehingga dia harus dihukum sedemikian berat. Para fans sendiri berasumsi bahwa kejahatan berat yang dilakukan oleh Zunesha kemungkinan ada kaitannya dengan abad yang hilang, Kerajaan Kuno, dan perang melawan pihak Wirld Government.

Terdapat beberapa teori yang coba menjelaskan kesalahan Zunesha. Pertama, kemungkinan Oda mengadaptasi cerita dewa Atlas untuk kejahatan Zunesha. Dalam cerita mitologinya, Atlas diketahui berperang melawan saudaranya sendiri yaitu Menoitus. Peperangan tersebut disebabkan oleh dewa Zeus. Yang menarik adalah Zeus juga yang kemudian menghancurkan kedua karakter tersebut.

Atlas pun kemudian dihukum oleh Zeus, dan hukumannya sendiri adalah dia harus menyangga bumi. Sebagian orang ada yang berpendapat bahwa bukan bumi, melainkan langit yang ditopang oleh Atlas. Berdasarkan cerita tersebut teorinya menyebutkan bahwa Zunesha pun kemungkinan melakukan hal yang sama seperti Atlas yaitu menghabisi nyawa seseorang.

Selain spekulasi di atas, ada juga spekulasi lain yang berkaitan dengan dosa Zunesha. Fakta bahwa Zunesha dan Joy Boy adalah rekan pada 800 tahun lalu memberikan jalan bahwa mereka mungkin pernah bertarung bersama. Siapa yang mereka hadapi? Tidak lain adalah World Government. Seperti yang kita tahu bahwa Joy Boy pada akhirnya gagal memenuhi janjinya kepada manusia ikan.

Kemungkinan, Joy Boy tewas akibat serangan pihak World Government. Dan Zunesha, kemudian diputuskan untuk dihukum dengan cara mengitari lautan selama berabad-abad. Sampai kemudian Zunesha bertemu kembali dengan Momonosuke dan Luffy, serta merasakan kembali keberadaan sosok Joy Boy di wilayah Wano yang tidak lain adalah sosok Luffy.

Zunesha Dihukum Klan Kozuki

Koneksi antara klan Kozuki dan juga Zunesha yang kemudian jadi dasar teori utamanya yaitu klan Kozuki yang hukum Zunesha. Menurut teorinya, ada beberapa hal yang bisa dianggap jadi petunjuk. Misalnya, bagaimana Momonosuke jadi satu-satunya yang bisa mendengar dan memerintah Zunesha. Gajah ini bahkan meminta izin kepada Momonosuke untuk menyerang balik Jack.

Padahal, sosok Luffy, yang notabene adalah penerus Joy Boy, justru tidak mampu mendengar dan bahkan memberikan perintah kepada Zunesha. Kemudian, Zunesha juga sempat diperlihatkan datang ke Wano untuk membantu klan Kozuki dan juga aliansi Topi Jerami. Dalam ceritanya, diperlihatkan bagaiman Zunesha menghancurkan pasukan angkatan laut dan Cipher Pol yang hendak menuju pulau tersebut.

Zunesha dan Momonosuke sempat berkomunikasi melalui Voice of All Things, di mana dia meminta izin kepada Momonosuke untuk ikut bertarung dan juga meminta agar perbatasan Wano dibuka. Meskipun begitu, di akhir pertempuran Onigashima akhirnya Momonosuke memutuskan untuk tidak membuka perbatasan Wano karena dianggap jika sekarang adalah bukan waktu yang tepat. Zunesha pun kemudian menghilang.

Meskipun sekilas momen tersebut nampak seperti sebuah ketidaksengajaan, namun Oda Sensei dikenal tidak pernah menghadirkan sesuatu atau momen jika tidak memiliki arti atau koneksi dengan alur cerita selanjutnya. Berdasarkan hal tersebut, Zunesha bisa jadi memiliki koneksi yang mendalam dengan klan Kozuki pada masa lalu. Dan ini juga yang jadi alasan mengapa kemungkinan klan Kozuki yang hukum Zunesha selama ribuat tahun.

Terlepas dari hukumannya, Zunesha nampak tidak dendam atau membenci klan Kozuki. Justru, dia seolah menerima hukuman tersebut dan masih terus meminta izin kepada klan Kozuki. Sejak pertama kali diperkenalkan di arc Zou, Zunesha selalu menjadi sebuah plot poin yang mana para fans tahu dan sadari bahwa Oda Sensei pasti akan hadirkan kembali dalam cerita yang akan datang. Mungkin, Zunesha akan kembali muncul di pertempuran puncak seriesnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.