Kekuatan para Titan memang jadi salah satu kekuatan dahsyat yang muncul dalam cerita Attack on Titan, namun ada juga beberapa kekuatan langka yang tidak semua orang mampu miliki atau kuasai. Attack on Titan dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu anime terbaik sepanjang masa. Ceritanya sendiri berfokus pada umat manusia yang harus tinggal di balik tembok yang sangat tinggi.

Mereka yang coba untuk keluar dari sana berpotensi untuk tewas. Karena, mereka harus berhadapan dengan berbagai jenis Titan mengerikan. Untuk menghadapi para Titan tersebut, banyak senjata dan teknologi diciptakan. Selain senjata, sebenarnya ada juga kekuatan lainnya yang dianggap langka karena tidak semuanya mampu memiliki kekuatan tersebut. Apa saja?

Kecerdasan Taktikal

Kecerdasan taktikan mungkin bukan sebuah kekuatan yang keren atau menonjol. Tetapi, sering kali kekuatan ini dianggap remeh. Berbeda dengan hampir seluruh jenis kekuatan yang ada di sepanjang ceritanya, kecerdasan taktikan ini hanya bisa didapatkan oleh mereka yang memiliki pengalaman bertempur yang panjang. Karena itulah, tidak semua orang memiliki kekuatan dahsyat ini dan dianggap sebagai kekuatan langka.

Salah satu bukti nyata bagaimana kecerdasan taktikan adalah sebuah kekuatan dahsyat dan langka bisadilihat dari sosok Erwin Smith. Karakter tersebut merupakan salah satu karakter favorit para fans, di mana dia merupakan mantan pemimpin dari Survey Corps. Di bawah kepemimpinannya, Survey Corps benar-benar mampu berbicara banyak. Buktinya, Survey Corps mampu membuat Armored Titan, Colossal Titan, dan Beast Titan kewalahan.

Puncak Kekuatan Fisik

Sebelum menjadi bagian dari Survey Corps seluruh calon anggota harus menjalani latihan yang berat dan juga keras. Tujuannya tidak lain untuk membentuk mental dan stamina serta kekuatan mereka ketika harus berhadapan dengan musuh, terutama para Titan. Latihan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan semua orang. Meskipun begitu, tidak semuanya mampu mencapai level puncak dari kekuatan fisik.

Keluarga Ackerman memang dikenal sebagai keluarga yang memiliki kekuatan fisik yang dahsyat. Tetapi, diketahui hanya ada dua manusia yang berhasil dan mampu untuk memiliki puncak kekuatan fisik dari keluarga ini. Mereka adalah Mikasa Ackerman dan Levi Ackerman. Mereka dikenal sebagai “dua manusia/Ackerman paling kuat” yang bahkan penduduk Marley sendiri ketakutan mendengar nama mereka. Keduanya diketahui memiliki stamina, kelincahan, tenaga, dan hal kekuatan fisik lainnya yang berada di atas rata-rata manusia normal. Bahkan, bisa dibilang keluarga Ackerman merupakan “Titan Manusia.”

Membuat/Menciptakan Senjata

Senjata sudah menjadi hal fundamental bagi penduduk Paradis atau pun Marley. Selain sebagai alat tempur untuk saling menghancurkan satu sama lain, senjata juga digunakan untuk menghadapi ancaman para Titan. Diketahui, untuk urusan menciptakan senjata Survey Corps merupakan pihak yang sering menghadirkan berbagai ide baru. Dan bisa dibilang, senjata yang mereka ciptakan benar-benar dahyat dan luar biasa serta efektif.

Contoh nyata dari hal ini adalah Thunderspear, salah satu senjata yang mampu untuk menghancurkan para Titan. Belum lagi, mereka mampu menciptakan ODM Gear, salah satu senjata dahsyat lainnya. Selain Thunderspear, beberapa senjata dahsyat lainnya adalah meriam anti titan dan bahkan cairan tulang belakang Titan yang diciptakan oleh Zeke Yeager. Warhammer Titan juga memiliki kemampuan untuk membentuk senjata apa pun yang terbuat dari tubuhnya. Senjata itu mampu untuk menghancurkan Titan lainnya.

Melihat Masa Depan

Melihat ke masa depan adalah salah satu contoh lain dari kekuatan paling langka dalam cerita Attack on Titan. Dan dalam ceritanya sendiri, hanya ada satu orang yang diketahui mampu untuk melihat ke masa depan atau memiliki kekuatan paling langka ini. Mereka adalah para pemilik/pengguna dari kekuatan Attack Titan. Eren Krueger dan Eren Yeager adalah orang-orang yang memiliki kekuatan langka ini.

Attack Titan diketahui memiliki kekuatan fisik yang sangat dahsyat, yang bahkan mampu meningkat ketika Eren mempelajari teknik untuk memperkeras/memperkuat tubuhnya. Tetapi, kekuatan terbesar dari Attack Titan ternyata bukan terletak di fisiknya. Kekuatan terbesar Attack Titan adalah mampu membaca atau melihat masa depan dan masuk dalam ingatan mereka. Dengan kekuatan ini, penggunanya bisa menyusun rencana yang sempurna. Bahkan, ini juga yang dianggap sebagai salah satu penyebab Eren kemudian memulai momen Rumbling saat ini.

Mengendalikan Seluruh Titan

Dari semua daftar kekuatan yang ada, bisa dibilang kekuatan untuk mengendalikan seluruh Titan adalah kekuatan yang paling langka setelah kekuatan untuk melihat masa depan. Jika melihat masa depan hanya bisa dilakukan oleh pemilik/pengguna Attack Titan, maka mengendalikan seluruh Titan hanya bisa dimiliki/digunakan oleh sosok yang memiliki kekuatan Founding Titan.

Ymir Fritz diketahui adalah orang pertama yang memiliki kekuatan Founding Titan. Sebenarnya, kekuatan dari Founding Titan sudah diwariskan secara turun-temurun di keluarga Fritz atau keluarga kerajaan Eldia. Namun, sejauh ini, mereka tidak sanggup untuk menggunakan potensi penuh dari Founding Titan. Baru sosok Eren Yeager yang diketahui mampu menggunakan kekuatan penuh Founding Titan, apalagi setelah dia meminjam kekuatan dari Ymir Fritz.

Di babak terakhir Attack on Titan ini kita bisa melihat bagaimana Eren berubah menjadi sosok mengerikan. Tubuhnya berkali-kali lipat jauh lebih besar dari ukuran Colossal Titan. Bahkan, tubuhnya mampu menutupi seluruh langit. Dan yang paling epik, dia mampu mengendalikan seluruh jenis titan yang ada. Kekuatan ini yang membuat Eren membangkitkan Wall Titan dan memanggil seluruh Titan lainnya untuk melakukan Rumbling. Ini juga kekuatan yang sangat diincar oleh bangsa Marley untuk menguasai seluruh dunia.

Attack on Titan banyak menghadirkan berbagai kekuatan dahsyat dalam ceritanya. Berbagai kekuatan dahsyat tersebut tentunya menjadi salah satu elemena yang menarik dari seriesnya. Meskipun begitu, dari berbagai contoh di atas bisa kita tarik kesimpulan jika ada kekuatan paling langka dan juga sangat dahsyat yang tidak dimiliki oleh semua orang. Bagaimana menurut kalian tentang hal ini Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.