Dalam alur cerita One Piece terdapat beberapa insiden paling dahsyat yang mampu menghebohkan suatu wilayah bahkan seluruh dunia. Eiichiro Oda berhasil membangun sebuah dunia yang sangat besar dalam cerita One Piece. Hal ini bisa kita lihat selama lebih dari dua dekade perjalanan seriesnya. Yang luar biasanya adalah bagaimana Oda Sensei bukan hanya menghadirkan dunia yang besar.

Oda juga sering menghadirkan berbagai insiden penting yang terhjadi di dunia tersebut. Berbagai insiden penting tersebut terjadi dalam kurun waktu yang berbeda-beda. Dan insiden dahsyat dan penting tersebut sering kali mengguncang sebuah wilayah bahkan seluruh dunia. Berikut adalah berbagai insiden paling dahsyat yang terjadi di cerita One Piece.

Insiden Mountain God

Insiden paling dahsyat yang pertama adalah insiden Mountain God. Insiden ini terjadi di wilayah Wano dan terjadi pada 41 tahun yang lalu. Pada awalnya, sosok Kurokuma berusaha untuk untuk menghancurkan keluarga Hyogoro. Dia kemudian membuat sayembara di mana siapa pun yang menemukan seekor babi hutan putih akan mendapatkan imbalan koin.

Tiga orang penjelajah di Wano kemudian menemukan babi putih tersebut, yang mana informasinya mereka ungkapkan kepada Tsuru. Kinemon pun mencuri dengan informasi tersebut. Dia kemudian menyerbu ketiganya di suatu tempat dan mencuri babi hutan putih tersebut dan membawanya ke ibu kota Bunga. Namun, tanpa dia sadari bahwa babi hutan putih tersebut merupakan anak dari Mountain God atau Dewa Gunung. Babi hutan berukuran raksasa tersebut sempat berhasil menghancurkan sebagian wilayah ibu kota bunga. Beruntung, Kozuki Oden berhasil mengalahkan sang Mountain God.

Insiden God Valley

Insiden paling dahsyat yang selanjutnya adalah insiden God Valley. Insiden paling dahsyat ini terjadi pada 38 tahun yang lalu di sebuah wilayah bernama God Valley. Insiden tersebut diketahui melibatkan sosok bajak laut legendaris Rocks D. Xebec dan juga angkatan laut serta bajak laut Gol D. Roger. Bajak laut Rocks merupakan kru yang legendaris dan dianggap sebagai kru bajak laut paling berbahaya dan paling kuat saat itu.

Untuk melindungi kaum naga langit di sana, akhirnya Garp dan Roger membentuk aliansi demi bisa mengalahkan Rocks. Akhirnya, dalam pertarungan tersebut aliansi angatan laut dan bajak laut Roger berhasil mengalahkan kelompok Rocks. Dan kelompok bajak laut Rocks pun dibubarkan. Yang menarik adalah insiden dahsyat ini tidak banyak diketahui oleh orang-orang. Bahkan, hanya beberapa pihak tertentu di angkatan laut yang tahu masalah ini.

Insiden Ohara

Rasanya Geeks sudah tahu tentang insiden paling dahsyat ini. Insiden Ohara terjadi pada 22 tahun yang lalu di mana pihak angkatan laut muncul untuk menghancurkan pulau tersebut. Pulau Ohara sendiri adalah salah satu pulau di dunia One Piece yang menjadi tempat tinggal bagi banyak ilmuwan atau cendikiawan terkemuka. Mereka melakukan penelitian secara sembunyi-sembunyi mengenai sejarah sebenarnya dunia One Piece.

Para ilmuwan ini mencoba untuk memecahkan teka-teki apa yang sebenarnya terjadi saat abad yang hilang sekitar 800 tahun yang lalu. Mereka melakukan hal tersebut dengan mencoba untuk memecahkan apa yang ada di Poneglyph. Sayangnya, World Government mengetahui apa yang mereka lakukan. Akibatnya, mereka marah dan memutuskan untuk menghancurkan pulau tersebut dengan mengaktifkan Buster Call. Hampir seluruh penduduk pulau tersebut tewas, kecuali Nico Robin dan Jaguar D. Saul.

Insiden Rocky Port

Insiden Rocky Port merupakan salah satu insiden paling dahsyat yang baru terjadi di cerita One Piece. Diketahui jika insiden ini terjadi pada dua tahun yang lalu. Sayangnya, sangat sedikit informasi yang diketahui dari insiden ini. Hal tersebut wajar karena memang Oda Sensei sendiri kurang begitu menyoroti peristiwa ini. Menurut informasi yang ada, dalam kejadian ini Law adalah dalang dari semuanya.

Apa yang sebenarnya terjadi pada saat itu masih belum diketahui sampai sekarang. Namun, selain informasi jika Law adalah dalangnya terdapat beberapa informasi penting lain dalam insiden Rocky Port. Pertama, dalam peristiwa ini Koby menjadi sosok penting dalam melindungi para penduduk. Kedua, apa yang Koby lakukan ternyata membantu Blackbeard untuk mengalahkan Ochoku dan mengambil alih pulau Beehive.

Insiden Egghead

Insiden Egghead merupakan insiden paling dahsyat yang paling baru, di mana kejadiannya masih akan berlangsung. Meskipun begitu, di chapter 1078 ini terungkap jika insiden Egghead sudah dimulai sejak 3 bulan lalu. Dalam chapternya dijelaskan jika ada sosok misterius yang menghubungi Mary Geoise sekitar 3 bulan lalu. Sosok misterius tersebut melaporkan bahwa Vegapunk melakukan hal yang terlarang yaitu meneliti tentang Abad Yang Hilang (Void Century).

Menurut Stussy, ada dua alasan mengapa insiden Egghead ini bahkan skalanya jauh lebih besar dan dahsyat dari insiden Ohara. Pertama, apa yang diteliti atau isi dari penelitian Abad Kekosongan yang dilakukan oleh Vegapunk ternyata sudah jauh melampaui apa yang diketahui dan diteliti dari para cendikiawan Ohara. Kedua, pulau Egghead memiliki sistem pertahanannya sendiri. Hal inilah yang membuat Gorosei lebih berhati-hati dan memutuskan untuk menyerang dalam skala yang besar.

Berbagai insiden paling dahsyat sempat terjadi di dunia One Piece yang membuat alur ceritanya menarik dan beragam. Meskipun begitu, ada juga memang insiden yang baru akan terjadi dan bahkan ada insiden yang masih menjadi misteri hingga sekarang. Kita nantikan saja ya Geeks informasi tentang insiden tersebut pada chapter selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.