Advertisements

Menjelang reboot DC Universe, Warner Bros. baru saja merilis film superhero menarik yang merupakan sekuel langsung dari Shazam, yaitu Shazam Fury of the GodsDi film ini Billy Batson dan keluarga superhero yang disebut Shazam Family harus berhadapan dengan murka Daughters of Atlas. Terlepas dari plot utama yang sudah pasti penuh dengan intrik dan adegan aksi memukau, salah satu credit scene filmnya telah menceritakan bahwa Shazam direkrut ke sebuah tim superhero lain. Bukan Justice League seperti impiannya, melainkan Justice Society yang belum lama ini debut. Apa yang sebenarnya terjadi?

Advertisements

Penjelasan Mid-Credit Fury of the Gods

Pertama-tama sebelum mencarai tahu alasan mengapa Shazam direkrut tim superhero Justice Society, mari kita bahas sedikit seperti apa adegan mid-credit di film Fury of the Gods. Adegannya sendiri bermula dari kemunculan dua wajah familier dari agen Emilia Harcourt dan John Economos yang baru saja mendapatkan perintah langsung dari pemimpin Task Force X, Amanda Waller.

Advertisements

Misi penting sekaligus rahasia yang harus dijalankan oleh Emilia dan John adalah datang ke sebuah tempat yang sudah ditentukan untuk merekrut calon anggota baru Justice Society. Sesuai dugaan para penonton, ternyata sejak awal mereka memang dimaksudkan untuk bertemu dengan Billy Batson alias Shazam, dan menawarkannya bergabung dengan tim superhero Justice Society. Yang jadi pertanyaan sekarang adalah mengapa Task Force X tampak seperti memegang kendali penuh terhadap perekrutan tim Justice Society, dan apa alasan mereka memilih Shazam?

Alasan Shazam Diajak Gabung Justice Society?

Berdasarkan adegan mid-credit yang singkat tetapi cukup berdampak bagi keseluruhan DC Universe, cukup jelas bahwa semuanya atas kehendak dari Amanda Waller. Sebagai pengingat Amanda sendiri memang sempat berurusan dengan Justice Society, di film Black Adam yang tayang perdana pada tahun lalu. Pada saat itu terlepas dari ramalan Doctor Fate tentang sosok kuat yang berpotensi hancurkan dunia, Amanda hanya ingin Justice Society segera meringkus dan membawa Black Adam ke penjara Task Force X, Black Site.

Mungkin dari kisah Black Adam, pada akhirnya Amanda menyimpulkan bahwa sosok seperti Black Adam sebenarnya sangatlah berharga bagi tim Justice Society, tetapi karena Adam lebih memilih untuk bekerja sendiri, Amanda akhirnya lebih memilih merekrut Shazam yang kemungkinan besar sama kuatnya dan tentunya lebih mudah untuk dikendalikan.

Advertisements

Di DC Comics sendiri Shazam dan Black Adam adalah dua karakter berlawanan yang nyaris sebanding, bedanya Shazam hanya kurang dari segi pengalaman karena sejatinya dia masih anak muda. Secara kekuatan sendiri Shazam sama-sama bisa memanggil petir dahsyat, mempunyai kekuatan fisik dewa, dan juga bisa terbang. Berdasarkan hal tersebut tidak aneh jika di jagat sinema DC Universe Amanda lebih memilih merekrut Shazam sebagai anggota baru Justice Society, di mana sang superhero kemungkinan besar pasti akan menerimanya karena sejak awal dia memang ingin gabung dengan tim superhero.

Masa Depan Shazam dan Justice Society

Dengan bergabungnya Shazam ke tim Justice Society, hal tersebut setidaknya telah menjawab harapan Billy Batson sekaligus para penggemar yang ingin dia bisa bergabung dengan superhero tangguh lainnya di DC Universe. Namun di sisi lain pengungkapan ini juga secara tidak langsung telah menegaskan bahwa sekarang Justice Society telah dipegang oleh Amanda Waller dari Task Force X, sampai dia berani melangkahi Hawkman untuk perekrutan anggota barunya.

Advertisements

Advertisements

Pada titik ini mungkin di antara kalian masih ada yang bertanya-tanya mengapa Shazam direkrut tim Justice Society, bukan Justice League. Selain karena memang Warner Bros ingin terlepas dari visi sutradara Zack Snyder dan Justice League-nya, dari sudut pandang Amanda sepertinya dia ingin punya kendali lebih banyak juga terhadap tim superhero, tidak hanya tim Suicide Squad saja.

Itulah pembahasan tentang alasan Shazam direkrut tim Justice Society melalui campur tangan Amanda Waller dan Task Force X-nya. Kabar baiknya, mengingat DC Studios berencana untuk memboyong Suicide Squad ke reboot DC Universe, bukan tidak mungkin hubungan Justice Society dengan Amanda Waller ini akhirnya membuka jalan juga bagi mereka untuk turut hijrah ke jagat sinema baru pada masa mendatang. Jika benar seperti itu kasusnya artinya Fury of the Gods bukanlah kisah terakhir dari superhero Shazam.

Advertisements