Dalam spoiler One Piece chapter 1078 lengkap akhirnya terungkap berbagai hal menarik dan juga fakta-fakta besar yang terjadi di pulau Egghead. Sebelumnya, para fans dibuat penasaran dengan siapa sosok yang sudah berkhianat dan membuat kekacauan di pulau tersebut. Mereka juga dibuat panik dan bingung setelah pihak angkatan laut berencana untuk datang ke pulau tersebut.

Pihak angkatan laut sendiri berencana untuk menghabisi Vegapunk. Tetapi, yang menarik adalah ada peran dari Gorosei dalam rencana penyerbuan ke pulau Egghead tersebut. Hal ini pun memunculkan sebuah tanda tanya apa yang sebenarnya mereka rencanakan? Mengapa kemudian ada peran serta dari Gorosei dalam penyerbuan ini? Dan jawabannya akhirnya terungkap dalam spoiler lengkap One Piece 1078.

Rencana Angkatan Laut

Chapter 1078 dibuka dengan terungkapnya rencana besar angkatan laut. Hal ini berkat komunikasi pribadi antara Stussy dan juga Sentomaru. Stussy menjelaskan bahwa ada dua alasan utama mengapa angkatan laut melakukan serangan dalam skala besar. Pertama, Vegapunk berhasil menemukan apa yang tidak ditemukan oleh cendikiawan Ohara. Kedua, Egghead memiliki pertahanan yang sangat kuat.

Alasan pertama yang diungkapkan oleh Stussy tersebut menarik, karena artinya Vegapunk tahu banyak tentang apa yang terjadi pada masa lalu. Apakah artinya seluruh penemuan dan teknologi tersebut adalah hasil penelitian Abad Kekosongan? Jawabannya adalah ya, karena Vegapunk dan Shaka sendiri yang mengatakannya. Meskipun begitu, kita masih belum tahu sampai sejauh mana Vegapunk tahu tentang sejarah dan informasi masa lalu.

Situasi di Berbagai Tempat

Situasi kacau juga terjadi di berbagai tempat di pulau Egghead. Seperti yang diketahui sebelumnya, kru Topi Jerami akhirnya memutuskan untuk berpencar demi mencari keberadaan Vegapunk dan Bonney. Namun, mereka semua mengalami nasib buruk di mana Seraphim justru datang menyerang. Efeknya, misi mereka jadi terhambat dan yang parahnya banyak dari mereka jadi korban.

Contohnya, Phytagoras yang hampir tewas akibat diserang Seraphim. Bahkan, di chapter 1078 dia akhirnya harus hancur setelah S-Snake menghancurkan kepalanya. Franky sendiri dalam keadaan tidak berdaya setelah separuh tubuhnya berubah menjadi batu. Usopp dan Lillith bahkan seluruh tubuhnya terkena efek dari Mero Mero no Mi dari S-Snake. Hal ini tentunya tidak baik bagi kru Topi Jerami.

Seraphim Terlalu Kuat

Roronoa Zoro di chapter sebelumnya sempat memberikan informasi kepada Luffy, Lucci, dan Kaku tentang Seraphim yang mirip bangsa Lunarian. Dia tahu jika bangsa Lunarian memiliki kelemahan di bagian punggungnya yaitu ketika api di punggung mereka padam. Namun, di chapter ini diperlihatkan bagaimana api tersebut tidak pernah padam. Hal ini pun membuat mereka kesulitan menghadapi kedua Seraphim.

Momen tersebut pun memunculkan pertanyaan lain, apakah artinya Vegapunk sudah mengetahui kelemahan tersebut? Jika ya, mungkin Vegapunk sudah melakukan modifikasi terhadap kelemahannya. Sehingga, kelemahan Seraphim bukan terletak di api yang ada di belakang punggung mereka. Bisa jadi, Seraphim memiliki kelemahan lain di bagian tubuhnya atau ada hal tertentu yang membuat mereka lemah.

Insiden Egghead

Salah satu hal menarik yang muncul di chapter 1078 adalah pembahasan tentang Insiden Egghead. Menurut sang narator, insiden Egghead tersebut terjadi pada tiga bulan lalu. Pada saat itu, pihak World Government mendapatkan kabar jika Vegapunk sudah melakukan pengkhianatan. Dia melakukan penelitian tentang Abad Kekosongan, yang mana hasilnya jauh melebihi para cendikiawan Ohara.

Hal ini membuat World Government memutuskan untuk melakukan serangan besar-besaran ke pulau Egghead. Pihak angkatan laut bahkan mengerahkan armada yang sangat besar, di mana skalanya penyerangannya jauh melebihi insiden Ohara. Namun, yang menarik adalah ketika rencana mereka hendak berjalan situasi tidak terduga muncul di mana Luffy berlabuh di pulau Egghead. Menarik tentunya untuk melihat apa tindakan mereka selanjutnya dan rencana apa yang disiapkan untuk menghadapi Luffy.

Sosok Pengkhianat

Setelah beberapa chapter kita diperlihatkan bahwa ada sosok pengkhianat yang berkeliaran di pulau Egghead, kita akhirnya tahu siapa sosok pengkhianat tersebut. Di akhir chapternya, diperlihatkan ternyata salah satu satelit Vegapunk, yaitu York, yang merupakan pengkhianatnya selama ini. Yang menarik adalah ada dua alasan mengapa York memutuskan untuk berkhianat.

Pertama, dia ingin menjadi bagian dari kaum naga langit. Kedua, York ternyata tidak ingin ada Vegapunk lain di dunia ini. Dia ingin jadi satu-satunya Vegapunk. Karena itulah, dia menghabisi seluruh Vegapunk yang ada. Yang menarik adalah narasi terakhirnya menyebutkan jika “hasrat terbesarnya akhirnya terungkap.” Artinya menjadi menjadi satu-satunya Vegapunk bisa jadi merupakan keinginan terbesar York.

Berdasarkan spoiler lengkap One Piece chapter 1078 kita akhirnya mengetahui berbagai hal menarik dan juga fakta-fakta luar biasa. Misalnya tentang pengetahuan Vegapunk tentang masa lalu dan juga keinginan atau hasrat terbesar York. Masih harus kita tunggu apa yang akan terjadi selanjutnya di pulau Egghead ini. Dan menarik juga untuk melihat apa yang akan dilakukan oleh pihak World Government dan angkatan laut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.