Justice Society adalah tim superhero veteran di semesta komik DC Universe yang debut pada tahun 1940-an, sekitar dua dekade lebih awal dari Justice League. Pertama kali diceritakan di All Star Comics pada saat itu bisa dibilang Justice Society sangatlah populer. Tahun lalu, kemunculan versi live action-nya di film Black Adam sendiri telah berhasil kembali mengingatkan penggemar terhadap eksistensi mereka.

Yang lebih menariknya lagi, sekarang melalui film Shazam Fury of the Gods, mereka bahkan telah kedatangan anggota baru. Meskipun jagat sinema DC Universe dipastikan segera di-reboot, tidak menutup kemungkinan DC Studios justru akan memboyong Justice Society sebagai tim superhero baru andalan mereka. Mulai dari yang sudah diperkenalkan, sampai superhero potensial di proyek mendatang, mari kita bahas siapa saja roster Justice Society pada masa depan DC Universe!

Anggota Inti di Film Black Adam

Di film Black Adam yang tayang pada tahun 2022 lalu, untuk pertama kalinya kita melihat versi live action Justice Society yang mungkin dimaksudkan untuk menggeser posisi Justice League di DC Universe. Diceritakan bahwa Justice Society yang muncul di filmnya adalah versi kedua setelah tim lama dibubarkan. Semuanya bermula setelah para superhero veteran melihat gambaran masa depan tentang kemunculan sosok powerful yang berpotensi membawa kehancuran bagi dunia.

Adapun anggota dari tim Justice Society baru di antaranya adalah:

  • Hawkman: Superhero veteran bernama Carter Hall yang super kaya dan mempunyai armor serta senjata dari Nth Metal. Kemampuan utamanya adalah terbang serta kekuatan fisik super.
  • Doctor Fate: Sahabat Hawkman dari tim Justice Society pertama yang mempunyai kemampuan sihir tingkat tinggi. Karakter yang bernama asli Kent Nelson ini telah hidup untuk waktu yang sangat lama sebagai titisan Nabu the Wise sekaligus penggunakan helm mistis yang berasal dari dimensi lain.
  • Cyclone: Anggota baru Justice Society bernama Quintessa Swindell yang mampu memanipulasi angin karena pernah terlibat eksperimen teknologi nano saat masih kecil. Sebagai cucu dari superhero Red Tornado, Cyclone memutuskan untuk meneruskan warisan keluarganya sebagai superheroin.
  • Atom Smasher: Keponakan dari superhero veteran Atom yang menjadi anggota muda Justice Society karena rekomendasi pamannya. Karakter benama Albert Rothstein ini mempunyai kemampuan super untuk mengendalikan struktur molekul tubuhnya sehingga bisa memanipulasi ukuran dan kekuatannya.
  • Black Adam: Sempat menjadi lawan pertama Justice Society baru, tetapi akhirnya menjadi anggota sementara karena mempunyai musuh bersama yang dikenal sebagai Sabbac. Kekuatan utamanya berasal dari enam dewa Mesir kuno yang memungkinkannya untuk terbang, mempunyai kekuatan fisik super, dan juga bisa memanggil petir.

Khusus untuk Doctor Fate, di akhir filmnya dia diceritakan tewas saat berusaha menahan Sabbac sambil meloloskan Black Adam dari penjara Task Force X Black Site. Meskipun jasadnya menghilang, tetapi di komiknya dia dikenal abadi dan akan terus menemukan jalan untuk bangkit kembali saat waktunya tepat. Saat ini Justice Society sendiri diceritakan berafiliasi dengan pemimpin Task Force X di DC Universe, yaitu Amanda Waller.

Anggota Baru di Film Fury of the Gods

Tayang perdana di Indonesia sejak tanggal 15 Maret kemarin, film sekuel Shazam yang berjudul Fury of the Gods kembali menceritakan petualangan Shazam Family yang kali ini harus bertempur melawan Daughters of Atlas alias anak-anak Dewa Titan Atlas yang terdiri dari Hespera, Kalypso, dan Anthea. Singkat cerita, sama seperti film superhero pada umumnya, Shazam akhirnya berhasil menghentikan amarah dari para dewi Yunani tersebut. Menariknya pada salah satu credit scene-nya, Shazam diisyaratkan akan segera bergabung dengan Justice Society di DC Universe sebagai anggota baru.

Di mid-credit Fury of the Gods kita diperlihatkan pada dua sosok familier dari Task Force X, yaitu agen Emilia Harcourt dan John Economos. Setelah mendapatkan perintah langsung dari Amanda Waller untuk merekrut anggota baru Justice Society, di sebuah tempat rahasia Emilia dan John akhirnya bertemu dengan Shazam. Bagi yang belum tahu, di komiknya sendiri Shazam memang merupakan bagian dari Justice Society. Dengan kemampuan supernya yang meliputi kekuatan super, bisa terbang, serta memanggil petir, Shazam adalah aset yang sangat berharga bagi tim.

Anggota Potensial di DC Universe

Beberapa waktu yang lalu, co-CEO DC Studios James Gunn sempat menyebutkan bahwa dia akan memboyong Task Force X alias Suicide Squad ke jagat sinema baru DC Universe. Amanda Waller bahkan sudah dipastikan akan mendapatkan serial solonya sendiri di reboot DC Universe yang berjudul Waller. Nah mengingat Justice Society sering berafiliasi dengan Task Force X di DC Universe, bukan tidak mungkin mereka juga akan mendapatkan penanganan yang sama di jagat sinema barunya nanti, mungkin sebagai tim superhero andalan yang dimaksudkan untuk mengganti Justice League yang dianggap mainstream.

Jika benar seperti itu kasusnya artinya kemungkinan para superhero yang debut di DC Universe baru berpotensi juga untuk menjadi bagian dari tim Justice Society selanjutnya. Berikut ini para superhero potensial yang bisa bergabung dengan Hawkman, Shazam, dan kawan-kawan:

  • New Superman: Versi muda Clark Kent dipastikan akan memulai jagat sinema baru DC Universe dengan film solonya yang berjudul Superman: Legacy. Di komiknya sendiri Superman versi Earth-2 merupakan anggota Justice Society, jadi bukan tidak mungkin hal yang sama juga akan terjadi di jagat sinemanya.
  • New Batman & Robin: Dipastikan akan kembali dengan aktor baru di film The Brave and the Bold, Bruce Wayne dan anaknya Damian Wayne berpotensi menjadi anggota Justice Society. Hal tersebut bisa terjadi karena di DC Comics, Batman adalah pendiri Justice Society. Ditambah Robin versi Dick Grayson pernah jadi anggota sementara juga, untuk versi live action-nya Damian bisa mengisi posisi Dick.
  • New Wonder Woman: Kisah prekuel Wonder Woman yang berjudul Paradise Lost dipastikan akan digarap sebagai serial baru di DC Universe. Jika Wonder Woman muda muncul mungkin dia akan jadi tambahan yang menarik bagi Justice Society, apalagi di komik Wonder Woman versi Hypolyta dan Diana Prince memang pernah menadi bagian dari tim
  • Supergirl: Di DC Comics, varian Supergirl yang bernama Power Girl dikenal sebagai salah satu anggota terkuat Justice Society. Bukan tidak mungkin versi live action-nya yang debut di film Supergirl: Woman of Tomorrow mendatang akan mempunyai nasib yang sama seperti di komik.
  • Judomaster: Walaupun sedikit terdengar aneh, tetapi faktanya Judomaster versi Sonia Sato memang merupakan anggota tambahan bagi Justice Society di komik. Mengingat versi jenakanya sudah melakukan debutnya di serial Peacemaker, yang akan mendapatkan season kedua di reboot DC Universe, sepertinya menarik jika dia jadi bagian Justice Society versi live action.
  • Green Lantern: Alan Scott adalah Green Lantern pertama yang akhirnya diceritakan mendirikan Justice Society bersama superhero veteran lainnya di DC Comics. Meskipun untuk sekarang masih belum diketahui apakah Alan Scott akan muncul di DC Universe, tetapi setidaknya DC Studios sudah mengumumkan proyek serial Lanterns dengan Hal Jordan dan Jon Stewart sebagai bintangnya. Mungkin ke depannya mereka bisa menjadi pengganti Alan di tim Justice Society baru.
  • Booster Gold: Terakhir, meskipun lebih sering diceritakan sebagai anggota Justice League di komik, tetapi Booster Gold juga pernah bergabung dengan Justice Society International. Karena dia dipastikan akan jadi salah satu bintang utama di jagat sinema baru, Booster Gold bisa saja menjadi anggota penting bagi Justice Society versi live action.

Itulah para anggota potensial dari tim Justice Society di jagat sinema DC Universe. Jika benar para superhero ini akan bergabung dalam sebuah tim sekelas Justice Society, bisa dibayangkan betapa senangnya kita semua ketika hal tersebut bisa terwujud di layar lebar suatu hari nanti. Bagaimana menurut kalian? Semoga saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.