Apa alasan York ingin menjadi bagian dari kaum naga langit memang masih menjadi misteri besar. Kejutan besar diperlihatkan dalam chapter terbaru manga One Piece, di mana salah satunya adalah bagaimana York ingin menjadi bagian dari kaum naga langit. Hal ini benar-benar di luar dugaan para fans. Chapter 1078 dari manga One Piece akhirnya ungkap siapa York sebenarnya.

Di chapter tersebut akhirnya terungkap jika York adalah sosok pengkhianat di kubu Vegapunk. Dialah yang menghabisi nyawa Shaka dan juga yang menghancurkan tubuh Edison serta Phytagoras. Yang menarik adalah di akhir chapternya terungkap jika motivasi York melakukan hal tersebut salah satunya adalah ingin menjadi bagian dari naga langit. Mengapa kemudian York ingin jadi kaum naga langit?

Perwujudan Hasrat Terbesar

Di chapter 1078 ini York akhirnya bertemu dengan Stella atau Vegapunk yang asli. Dalam percakapan yang terjadi inilah kita akhirnya tahu jika York sengaja melakukan hal mengerikan yang terjadi di Egghead karena salah satu alasannya adalah dia ingin jadi bagian dari kaum naga langit. Vegapunk sendiri sempat bertanya mengapa dia ingin menjadi naga langit.

Vegapunk kemudian menjelaskan bahwa mereka bukanlah orang-orang yang baik. Kaum naga langit adalah orang-orang yang mengerikan dan jahat. Pernyataan ini muncul setelah Vegapunk beserta satelitnya yang lain pergi ke Mary Geoise dan bertemu dengan mereka. Ada kemungkinan kunjungan ini juga yang memunculkan keinginan dari York untuk menjadi kaum naga langit.

Seperti yang Geeks ketahui, York merupakan perwakilan dari salah satu sifat, yaitu “Hasrat” atau “Desire.” Kunjungan tersebut kemungkinan yang menjadi pemicu dari York untuk memunculkan hasrat terdalamnya menjadi kaum naga langit. York mungkin melihat bagaimana mereka hidup mewah, berada dalam penjagaan, tinggal di sebuah wilayah eksklusif, dan tentunya mereka memiliki kekuasaan.

Sebagai perwujudan dari sifat hasrat, rasanya masuk akal jika kemudian York memiliki keinginan untuk bisa hidup setara atau sama dengan mereka. Karena itulah, York pun berusaha dengan segala cara agar bisa mewujudkan keinginannya. Dia bahkan tidak peduli dengan ucapan dan stigma negatif dari orang-orang terkait kaum naga langit. Karena, hal tersebut sudah muncul di dalam dirinya.

York Ingin Menguasai Dunia

Berkaitan dengan York yang merupakan perwujudan dari sifat hasrat, bisa jadi juga dia memiliki agenda atau tujuan yang belum kita ketahui. Dalam artikel sebelumnya dijelaskan jika salah satu petunjuk York sebagai pengkhianat muncul di chapter 1061. Dalam chapter tersebut Lillith mengatakan jika hasrat makhluk hidup sulit dikendalikan. Ini juga yang kemungkinan terjadi kepada York, apalagi York adalah perwujudan dari sifat hasrat.

Di sisi lain, petunjuk lainnya bisa kita lihat juga dalam percakapan antara York dan Vegapunk asli di chapter 1078. Selain memiliki keinginan untuk menjadi kaum naga langit, York juga memiliki keinginan untuk menjadi satu-satunya Vegapunk yang ada di dunia One Piece. Hasrat inilah yang membuat York akhirnya tega untuk menyingkirkan seluruh satelit Vegapunk satu persatu dan juga menghabisi Vegapunk yang asli.

Menurutnya, dunia tidak membutuhkan banyak Vegapunk. Dunia hanya membutuhkan satu Vegapunk. Dari berbagai petunjuk tersebut, bisa kita tarik spekulasi jika York memiliki agendanya tersendiri. Apa kira-kira agenda atau tujuan dari York? Melihat petunjuknya, kemungkinan tujuan York tidak lain berkaitan dengan dominasi dunia. Dalam hal ini, York mungkin ingin menguasai dunia.

Seperti yang disebutkan di atas, keinginan besar dari York ini memang cukup masuk akal. Hasrat untuk berkuasa atau menjadi yang terkuat, seperti yang diperlihatkan oleh York, merupakan perwujudan dari hasrat manusia pada umumnya. Namun, bisa jadi juga York memiliki keinginan atau tujuan lain yang mungkin akan terungkap dalam chapter yang akan datang.

Didukung Gorosei

Meskipun belum ada konfirmasi terkait hal ini, tetapi bisa jadi keinginan York untuk jadi kaum naga langit didukung oleh Gorosei. Apa maksudnya? Bagaimana hal tersebut terjadi? Di chapter 1078 diketahui jika ada sosok misterius yang menghubungi Gorosei tentang Vegapunk yang melakukan penelitian tentang Abad Kekosongan. Inilah yang jadi alasan mengapa mereka mengincar nyawa Vegapunk.

Meskipun tidak diketahui siapa sosok misterius tersebut, tetapi dari apa yang diungkapkan di chapter 1078 bisa ditarik kesimpulan jika York yang mungkin menghubungi Gorosei. Lalu, apa hubungannya dengan keinginan York? Bisa jadi, ada kesepakatan yang muncul antara York dan juga pihak Gorosei. Dalam hal ini, York membeberkan informasi apa yang dilakukan oleh Vegapunk.

Sebagai gantinya, York kemudian diterima untuk jadi bagian dari kaum naga langit. Keinginan atau kesepakatan tersebut kemungkinan diterima oleh Gorosei, di mana sebelumnya Vegapunk perlu disingkirkan terlebih dahulu. Baru setelah itu, York akan menerima “imbalan” atas apa yang dia lakukan. Bahkan, bukan hal mustahil jika kemudian Gorosei menjanjikan sesuatu yang luar biasa lainnya kepada York yang membuat dia mau mengkhianati semuanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.