Sosok Reed Richards dari tim Fantastic Four ternyata pernah menciptakan sebuah amor khusus untuk mengalahkan Namor the Sub-Mariner yang biasa dikenal sebagai “Namorbuster.” Geeks mungkin sudah tidak asing dengan armor luar biasa ciptaan Tony Stark. Selain menciptakan armor yang dia gunakan sebagai Iron Man, Tony juga membangun berbagai armor lainnya.

Misalnya, dia membangun armor khusus istrinya, Pepper Potts, yaitu armor Rescue. Atau armor untuk sahabatnya, Rhodes, yaitu War Machine. Namun, Tony juga sering membuat armor khusus untuk mengalahkan beberapa musuh kuat. Misalnya, Hulkbuster untuk mengalahkan Hulk dan Thorbuster untuk mengalahkan Thor. Tetapi, mungkin tidak banyak yang tahu jika Reed Richards pernah juga membuat armor seperti itu bernama “Namorbuster.”

Ciptaan Reed Richards

Armor “Namorbuster” tersebut, seperti yang disebutkan di atas, merupakan hasil karya dari sosok jenius Reed Richards. Berbeda dengan Tony Stark yang menciptakan berbagai armor yang dia miliki berdasakan paranoid atau rasa ketakutan akan ancaman yang ada, Reed Richards sendiri membangun atau membuat armor khusus untuk mengalahkan Namor ini di waktu senggangnya.

Selain itu, armor ini juga baru dibuat oleh Reed Richards ketika Namor menjadi ancaman besar bagi dunia. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Armor “Namorbuster” ciptaan dari Reed Richards merupakan salah satu armor paling dahsyat di Marvel Comics. Armor dahsyat ini pertama kali muncul di komik Ultimate Fantastic Four #26 karya Mark Millar dan Greg Land.

Pertarungan antara tim Fantastic Four dan juga Namor ini terjadi di Ultimate Universe, yang merupakan salah satu realita alternatif Marvel. Dalam realita ini, Namor bukanlah sosok penguasa Atlantis seperti yang kita kenal melainkan seorang kriminal berbahaya yang berasal dari Atlantis. Dia menyebarkan teror ke dunia, termasuk kota New York. Ketika Namor berhasil mengalahkan Invisible Woman, inilah momen Reed Richards menggunakan Fantastic Oh-Five – robot raksasa yang memiliki kekuatan super dan biasa disebut sebagai “Namorbuster.

Lebih Hebat Dari Ciptaan Tony Stark

Fantastic Oh-Five atau Namorbuster memiliki kekuatan super yang sangat dahsyat, yang mana seluruh kekuatan supernya tersebut merupakan gabungan dari kekuatan tim Fantastic Four. Contohnya, armor ini memiliki daya elastisitas yang sangat luar biasa yang menjadi perwujudan dari kekuatan super Reed Richards. Kemudian, armor ini bisa menghadirkan sebuah medan kekuatan yang merupakan kekuatan super dari Invisible Woman.

Armor ini juga memiliki kekuatan api dari Human Torch dan daya tahan dari kekuatan The Thing. Selain memiliki kekuatan super gabungan dari kekuatan tim Fantastic Four, yang luar biasa dari armor ini juga dilengkapi oleh berbagai senjata dan teknologi canggih. Contohnya adalah Reed Richards menanamkan sebuah hologram di armornya, yang mampu membuat Namor terpedaya.

Di bawah alam sadarnya, semua yang dia lihat tersebut seolah nyata yang mana sebenarnya semuanya hanyalah proyeksi imajinasi dari Reed Richards. Dalam ceritanya, Namor memang pada akhirnya mampu untuk merusak armor tersebut. Namun, dia juga harus mengalami luka yang parah karena terkena serangan dari armor ini. Serangan dari Fantastic Oh-Five ini pada akhirnya membuat Namor kabur.

Bukti Kejeniusan Reed Richards

Namorbuster atau Fantastic Oh-Five banyak dianggap sebagai salah satu bukti kejeniusan dari Reed Richards. Bahkan, ini juga menjadi bukti jika Reed Richards jauh lebih superior dibandingkan Tony Stark meskipun Tony adalah seorang inventor dan sosok yang jenius. Tetapi, dalam berbagai kesempatan Marvel sudah sering memperlihatkan jika Reed Richards memang lebih jenius dari Tony dan armor Fantastic Oh-Five bisa jadi salah satu buktinya.

Di sisi lain, penciptaan dari armor Fantastic Oh-Five ini juga menjadi bukti nyata jika Reed Richards tidak memerlukan kekuatan super yang dia miliki sekarang. Dia bisa memanfaatkan kecerdasan yang dia miliki untuk melakukan berbagai hal, seperti menciptakan alat atau benda seperti armor Fantastic Oh-Five. Bahkan, dengan adanya armor ini Reed Richards tidak memerlukan rekan-rekannya di tim Fantastic Four.

Reed Richards bisa saja membasmi kejahatan atau ancaman yang muncul di bumi dengan memanfaatkan kecerdasan yang dia miliki dan juga armor Fantastic Oh-Five. Namun, sepertinya hal ini tidak akan diwujudkan oleh Marvel Comics mengingat “ciri khas” tersebut sudah menjadi milik Tony Stark. Tentunya akan sangat menarik jika Reed Richards juga menghadirkan atau menciptakan armor yang sama di MCU nantinya untuk menghadapi Namor.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.