Hulk adalah salah satu karakter ikonik dari Marvel Comics. Diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby, Hulk pertama kali muncul dalam komik The Incredible Hulk yang rilis tahun 1962. Sejak itulah dia muncul di lebih banyak komik, dan berjuang bersama Avengers dalam mengalahkan villain yang datang ke Bumi. Setelah sukses di komik, Marvel pun mengadaptasi karakternya ke dalam film dan series. Menariknya, ada beberapa aktor yang berkesempatan memerankan karakter tersebut. Siapa saja? Simak berikut ini Geeks!

Lou Ferrigno

Mungkin Lou Ferrigno adalah aktor pertama yang pernah memerankan Hulk. Karakter Hulk yang Ferrigno perankan pertama kali muncul dalam series The Incredible Hulk yang rilis dari tahun 1977 hingga 1982. Kemudian karakternya muncul kembali dalam film The Incredible Hulk Returns (1988), The Trial of the Incredible Hulk (1989), dan The Death of the Incredible Hulk (1990). Ferrigno menjadi satu-satunya aktor yang menampilkan Hulk dengan tampilan fisiknya sendiri, tanpa bantuan CGI. Tubuh Ferrigno diselimuti riasan hijau, dan memberikan kesan realisme pada karakternya. Dia pun beradu akting dengan aktor Bill Bixby yang memerankan David Banner (bukan Bruce Banner). Yap, karakter Hulk dan David Banner diperankan oleh aktor berbeda.

Eric Bana

Film Hulk yang dirilis pada tahun 2003 memang gagal memenuhi harapan penggemar. Film tersebut berakhir dengan review negatif. Ang Lee yang menjadi sutradara dari film tersebut mencoba sesuatu yang berbeda dari tipikal film superhero lainnya. Namun apa yang dilakukan oleh Ang Lee berujung dengan petaka karena filmnya memiliki CGI yang sangat buruk. Dalam film tersebut, Eric Bana mendapat kesempatan memerankan Hulk alias Bruce Banner. Meski CGI-nya dianggap gagal, tetapi Bana melakukan pekerjaannya dengan cukup baik dalam memerankan Hulk. Dia berhasil menyentuh sisi emosional Hulk. Namun setelah kegagalan film ini, Eric Bana tidak lagi ditunjuk sebagai pemeran Hulk.

Mark Ruffalo

Tentu saja Mark Ruffalo menjadi pemeran Hulk yang paling kita ingat. Hingga saat ini, Mark Ruffalo masih memerankan Hulk sejak tahun 2012. Dia melakukan debutnya sebagai Hulk dalam film The Avengers. Hulk versi Ruffalo telah memberikan banyak kontribusi di Avengers, mulai dari menghajar Loki, hingga mengalahkan Thanos di Avengers: Endgame. Penampilan terakhir Hulk versi Ruffalo terjadi dalam series She-Hulk: Attorney at Law. Dan sejak itulah dia belum tampil kembali di MCU. Menariknya nih Geeks, Ruffalo saat ini memerankan Smart Hulk, yang notabene jauh lebih bisa mengontrol emosi dan lebih pintar, berbeda dari Hulk lainnya yang pernah kita lihat.

Edward Norton

Iterasi Hulk pertama di MCU diperankan oleh Edward Norton. Yap, Norton melakukan debut di MCU dalam film The Incredible Hulk pada tahun 2008. Dalam film tersebut, Norton beradu akting dengan Tim Roth yang memerankan villain The Abomination. Tentu saja penampilan Edward Norton sebagai Hulk jauh lebih baik ketimbang Hulk yang diperankan oleh Eric Bana. Jika diadu dengan Mark Ruffalo sebagai pemeran Hulk, keduanya sama-sama baiknya. Tetapi sepertinya Norton tidak akan cocok memerankan Smart Hulk atau memerankan Hulk yang mengenakan Hulkbuster. Tetapi untuk pengenalan Hulk ke MCU, Norton sangat sempurna. Edward Norton sendiri hengkang sebagai pemeran Hulk karena adanya perbedaan kreatif dengan Marvel Studios.

Tatiana Maslany

Hulk baru-baru ini muncul dalam sebuah series berjudul She-Hulk: Attorney at Law. Namun Hulk yang ditampilkan sedikit berbeda, karena ia adalah perempuan dan bernama She-Hulk alias Jennifer Walters. Karakternya sendiri diperankan oleh Tatiana Maslany. Tentu saja kemunculan She-Hulk membawa perubahan yang menyegarkan di MCU, dan seriesnya menampilkan kemampuan She-Hulk yang tidak dimiliki Hulk lainnya yaitu Fourth-Wall Breaking. Namun series ini berujung dengan kegagalan karena memiliki cerita yang dianggap aneh, dan CGI yang sangat buruk. Pada akhirnya, She-Hulk: Attorney at Law dianggap series terburuk MCU.

Fred Tatasciore

Fred Tatasciore juga pernah mendapat kesempatan memerankan Hulk, tepatnya dalam film animasi Ultimate Avengers dan Ultimate Avengers 2. Kedua film tersebut menceritakan sebuah kisah yang mirip dengan The Avengers yang rilis tahun 2012, hanya saja dengan alur cerita yang berbeda untuk Hulk. Untuk melawan Chitauri yang menginvasi Bumi, Bruce Banner berubah menjadi Hulk dengan bantuan dari Rebirth Chamber, yang memungkinkannya mempertahankan pikirannya saat menjadi Hulk. Ketika dia kehilangan kendali dan Hulk mengambil alih, dia mengalihkan perhatiannya pada Avengers agar mereka dapat mengembalikan Hulk menjadi Banner.

Rick D. Wasserman

Pada tahun 2010, sebuah film animasi berjudul Planet Hulk dirilis. Film tersebut menampilkan Hulk yang cerdas sebagai fokus utama cerita. Karakter Hulk sendiri diperankan oleh Rick D. Wasserman. Menariknya dalam Planet Hulk, tidak ada Avengers yang dimunculkan. Dan Smart Hulk versi animasi yang ditampilkan, maka kita tidak melihat penampilan Bruce Banner. Karena terlalu berbahaya bagi Bumi, Hulk mendarat di Saakar, sebuah planet yang diperintah oleh Red King (Mark Hidreth), dan Hulk dipaksa untuk bertarung sebagai seorang gladiator. Animasi yang ditampilkan sangat baik, juga bagaimana peran Wasserman sebagai Hulk yang sangat baik.

Itulah dia Geeks beberapa aktor yang beruntung karena mendapat kesempatan memerankan Hulk. Di antara para aktor tersebut, mana yang menurut kalian yang terbaik ketika memerankan Hulk?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/