Ternyata sosok Saitama dalam cerita One-Punch Man memiliki kelemahan terbesar yang tidak terduga yang mungkin jadi alasan mengapa dia masih belum terkalahkan hingga sekarang. Sosok Saitama tidak diragukan lagi adalah karakter paling kuat dalam dunia anime. Hal ini berkat kekuatan fisik dan juga kekuatan lainnya yang sangat luar biasa yang dimiliki oleh Saitama yang membuat dia tidak bisa dilukai.

Meskipun begitu, para fans sendiri sudah sering berdiskusi mengenai level kekuatan Saitama ini. Di sisi lain, para fans juga banyak berdiskusi mengenai sejauh mana kekuatan Saitama dan apakah dia benar-benar tidak memiliki kelemahan. Namun, dalam salah satu chapter kemarin Yusuke Murata memperlihatkan bahwa Saitama bisa jadi memiliki kelemahan dan kelemahan Saitama tersebut ada di salah satu bagian tubuhnya.

Kelemahan Terbesar Saitama

Kemungkinan besar kelemahan terbesar dari Saitama ada di bagian belakang tubuhnya, tepatnya pada bagian bokong. Hal ini berdasarkan dari apa yang muncul di chapter 177 kemarin. Dalam chapter tersebut diperlihatkan bagaimana Tatsumaki bertarung menghadapi Apollo, yang merupakan salah satu anggota dari organisasi misterius Tsukuyomi yang mengincar sosok Psykos.

Pertarungan mereka benar-benar membuat seluruh kompleks bergetar, bahkan banyak bangunan yang hancur. Apollo pun kemudian membuka akses menuju ruang bawah tanah di mana tempat para monster dikurung. Dan di chapter sebelumnya, diperlihatkan bagaimana Saitama harus terjebak di ruangan para monster tersebut setelah Tatsumaki melemparkannya ke sana.

Momen menarik pun kemudian muncul, di mana semua orang di sana dikejutkan oleh banyaknya tubuh monster yang berhamburan. Selain itu, mereka juga dikejutkan dengan kemunculan sosok Saitama. Dalam momen tersebut, terdapat sebuah panel yang memperlihatkan Saitama terjatuh dan kemudian dia memperlihatkan ekspresi kesakitan ketika terjatuh di lantai dengan menggunakan bokongnya.

Jika diperhatikan sekilas mungkin tidak ada yang aneh dari momen ini. Namun, jika Geeks mengingat siapa sosok Saitama hal ini pun memunculkan spekulasi di kalangan fans jika ternyata Saitama bisa merasakan sakit. Selama ini, Saitama selalu diperlihatkan tidak pernah merasakan sakit seberapa hebat atau seberapa dahsyatnya sebuah serangan. Hal ini bisa kita lihat dalam pertarungan melawan Garou sebelumnya.

Di akhir arc Monster Association, kita melihat bagaimana Saitama mampu mengalahkan form terkuat dari Garou untuk saat ini yaitu Cosmic Fear Garou, yang serangannya setara dengan serangan nuklir. Jika memang demikian, mengapa kemudian Saitama merasakan sakit ketika dia terjatuh? Apakah itu merupakan kelemahan terbesar dari Saitama? Bisa jadi.

Kelemahan Yang Sengaja Disembunyikan

Spekulasi jika bagian belakang atau bagian bokong dari Saitama adalah kelemahan terbesarnya berdasarkan dari apa yang dihadirkan di chapter 177 kemarin sebenarnya cukup masuk akal. Pasalnya, bisa jadi itu adalah petunjuk yang dihadirkan oleh Yusuke Murata dan juga ONE. Seperti yang Geeks ketahui, Saitama merupakan perwujudan satir dari karakter dalam cerita anime atau manga.

Selain dari level kekuatannya, kemungkinan ONE juga menghadirkan elemen satir lainnya dari karakter Saitama yaitu kelemahannya. Jika banyak karakter protagonis memiliki kelemahan yang umum, maka ONE bisa jadi sengaja menghadirkan kelemahan yang tidak biasa yaitu pada bagian belakang atau bokongnya. Hal ini berkaca pada tujuan dibuatnya karakter Saitama.

ONE bisa jadi sengaja menyembunyikan kelemahan Saitama ini demi alasan tertentu. Meskipun Saitama adalah karakter paling kuat dalam cerita anime dan manga, rasanya mustahil jika Saitama memang benar-benar tidak memiliki kelemahan sama sekali. Yang paling masuk akal adalah kelemahan Saitama bukan merupakan kelemahan yang umumnya dimiliki oleh para karakter protagonis dalam cerita shonen. Dan kelemahan tersebut ada di bagian bokong.

Unsur Komedi

Meskipun ada kemungkinan momen di chapter 177 tersebut memperlihatkan kelemahan Saitama, tetapi di sisi lain bisa jadi itu hanya sekedar unsur komedi yang dihadirkan oleh ONE dan Yusuke Murata. Humor jelas jadi salah satu elemen yang muncul dalam cerita One-Punch Man dan ada beberapa momen di mana sang kreator menghadirkan unsur humor dalam seriesnya.

Selain momen di chapter 177, di chapter sebelumnya Saitama juga pernah memperlihatkan ekspresi kesakitan ketika seekor kucing mencakar wajahnya. Di bagian awal seriesnya, Saitama bahkan diperlihatkan tidak mampu untuk membunuh seekor lalat atau nyamuk. Hal tersebut sempat membuat Saitama frustasi. Berbagai momen tersebut memang menjadi ekspresi dari ONE dan Yusuke Murata terhadap elemen komedi yang muncul di ceritanya. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah itu memang merupakan komedi belaka atau petunjuk kelemahan dari Saitama?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.