Advertisements

Tayang perdana pada tahun 2014, waralaba film aksi klasik John Wick yang sebentar lagi merilis film keempatnya ternyata sudah hampir berusia satu dekade. Di film John Wick: Chapter 4Keanu Reeves dipastikan akan kembali mengulang perannya sebagai karakter utama. Saat ini sulit untuk membayangkan bagaimana jadinya jika karakter John tidak diperankan Reeves, karena dia tampaknya memang terlahir untuk peran ikonis tersebut. Menariknya tidak banyak orang yang tahu bahwa ternyata ada sejumlah aktor yang hampir dapatkan peran John Wick sebelum Reeves. Siapa saja? Simak di bawah ini, Geeks!

Advertisements

Clint Eastwood

Siapa sangka ternyata dahulu saat produser Basil Iwanyk membaca naskah awal film pertama John Wick yang hampir berjudul ‘Scorn’, dia sempat mengungkapkan (via Entertainment Weekly) bahwa aktor Clint Eastwood cocok untuk peran utamanya. Berdasarkan trivia yang tertulis di buku They Should Have Killed His Dog: The Complete Uncensored Oral History of John Wick, Gun Fu, and the New Age of Action, karakter John Wick memang tadinya berusia 75 tahun, “dia adalah seorang pria tua yang telah pensiun dari pekerjaan assassin sekitar 25 tahun sebelumnya.” Itulah mengapa bintang veteran seperti Eastwood sempat dipertimbangkan, sebelum akhirnya naskah John Wick diubah.

Advertisements

Harrison Ford

Selain Eastwood, bintang veteran Hollywood lainnya yang sempat dipertimbangkan untuk memerankan karakter John Wick berdasarkan naskah awal adalah Harrison Ford. Pada saat itu Iwanyk bersikeras bahwa jika bukan Eastwood, aktor lain yang harus membintangi film pertama John Wick adalah Ford, yang terkenal sebagai pemeran Dr. Henry Walton Jones di Indiana Jones dan Han Solo di Star Wars. Namun semuanya berubah, saat agen Keanu Reeves menghubungi dan mendorong Iwanyk untuk memberikan perannya kepada Reeves. Pada titik inilah keterlibatan Reeves akhirnya mengubah desktripsi karakter John dari yang semula berusia 75 tahun menjadi jauh lebih muda.

Johnny Depp

Sebelum Reeves benar-benar memerankan karakternya di film pertama John Wick, sebenarnya produser, penulis skenario, sekaligus pencipta karakternya, yaitu Derek Kolstad sempat mempunyai preferensi sendiri terkait aktor yang cocok untuk memerankan sang Baba Yaga. Dilansir dari trivia John Wick di IMDB, Kolstad awalnya sempat menginginkan Johnny Depp untuk menjadi John Wick, tetapi bintang Pirates of the Caribbean tersebut menolaknya, sampai akhirnya Reeves mendapatkan perannya. Sekarang Kolstad justru tampak sangat bangga Reeves bisa memerankan karakter ciptaannya dengan sangat baik.

Advertisements

Aktor Potensial Lainnya

Masih dari trivia waralaba John Wick di IMDB, kabarnya banyak aktor laga lain yang sempat hampir mendapatkan peran John sebelum Reeves. Termasuk Sylvester Stallone, Dolph Lundgren, Jean-Claude Van Damme, Bruce Willis, Kurt Russell, Nicolas Cage, Kevin Costner, dan Jason Statham. Sayangnya tidak ada informasi pendukung yang menyebutkan sejauh mana mereka terlibat dalam proses casting atau bagaimana mereka gagal mendapatkan perannya. Yang jelas, bisa kita bayangkan jika saja salah satu dari para aktor laga ini benar-benar memerankan karakter John Wick, mungkin waralabanya akan jauh berbeda dengan apa yang kita tahu sekarang.

Advertisements

Itulah para aktor yang gagal tayang sebagai John Wick karena akhirnya Reeves berhasil mengamankan perannya. Terlepas dari alasannya yang cukup beragam, tanpa bermaksud mengurangi rasa hormat kepada para aktor ini, kita mungkin bersyukur naskah film pertamanya bisa berubah sampai akhirnya Reeves menjadi John Wick. Karena sepertinya waralaba John Wick sendiri mungkin tidak akan pernah berhasil tanpa Reeves, yang emosinya sangat menggambarkan seorang pensiunan assassin. Jangan lewatkan aksi Reeves selanjutnya di film John Wick: Chapter 4 pada tanggal 24 Maret besok.

Advertisements