Tidak bisa kita mungkiri bahwa sebagian besar karakter yang ada di versi live action Marvel Cinematic Universe adalah mereka yang telah lebih dahulu melakukan debutnya di Marvel Comics. Mengadaptasi karakter yang asal-usulnya sudah jelas dan juga sudah sangat dikenal oleh banyak penggemar mungkin memang merupakan cara termudah untuk menghadirkan kisah live action tentang superhero Amerika. Walaupun begitu, bagi MCU sendiri terkadang mereka juga mengambil jalur yang lebih kreatif dengan memperkenalkan karakter original yang sebelumnya tidak pernah ada di komik. Seperti tujuh karakter ikonis berikut ini yang debutnya justru cukup berdampak bagi MCU secara keseluruhan.

Phil Coulson

Jika kalian penggemar MCU sejak Fase pertama mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan karakter Phil Coulson dari aktor Clark Gregg. Sebagai seorang agen SHIELD yang hanya ada MCU, Phil sering digambarkan sebagai karakter original yang sangat dipercaya oleh Nick Fury. Selain pernah menyaksikan langsung kedatangan pertama Thor di Bumi, kematiannya oleh Loki di film The Avengers juga terbilang cukup berdampak bagi MCU. Karena secara tidak langsung dia telah membuat para superhero, seperti Iron Man, Thor, Hawkeye, Captain America, Black Widow, dan Hulk, bersatu untuk melawan Loki dan pasukan Chitauri yang menyerang Kota New York.

Trevor Slattery

Trevor Slattery adalah karakter original MCU selanjutnya yang melakukan debutnya sebagai pemimpin teroris Ten Rings bernama Mandarin di film Iron Man 3. Lucunya, ternyata dia hanyalah seorang aktor jenaka yang disewa oleh Aldrich Killian untuk menakut-nakuti Tony Stark dan pemerintah Amerika secara keseluruhan. Perbuatannya tersebut lantas membuat pemimpin Ten Rings yang sesungguhnya, yaitu Wenwu, menculiknya dan mengurungnya. Kembali di film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, karakter yang diperankan oleh Ben Kingsley ini seperti mendapatkan penebusan dosa dengan menjadi sekutu Shang-Chi. Menariknya, Trevor dipastikan akan kembali menghibur di serial Wonder Man mendatang.

Darcy Lewis

Ketika kita melihat penampilan Darcy Lewis dari aktris Kat Dennings di film Thor mungkin tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya dia adalah karakter original yang hanya ada di MCU. Digambarkan sebagai seorang wanita cerdas yang pernah bekerja pada ilmuwan Eric Selvig dan Jane Foster, Darcy telah berhasil membuktikan kehebatannya sebagai karakter mandiri yang berani terlibat dalam investigasi Wanda Maximoff di serial WandaVision. Perkembangan karakternya yang cukup dinamis pada akhirnya membuatnya mempunyai banyak penggemar, yang berharap suatu hari nanti dia akan kembali muncul pada masa depan MCU.

Sylvie

Debut di serial Loki season 1, Sylvie Laufeydottir adalah varian wanita Loki yang awalnya sempat menjadi buronan Time Variance Authority. Seiring dengan berjalannya waktu akhirnya terungkap bahwa villain yang sesungguhnya bukanlah Sylvie melainkan pemimpin TVA yang tidak lain adalah varian Kang bernama He Who Remains. Di ending, karakter original MCU yang diperankan oleh aktis Sophia Di Martino ini diceritakan berhasil  mebalaskan dendamnya kepada He Who Remains yang sebelumnya telah menghapus timelinenya. Kematian He Who Remains oleh Sylvie sendiri secara tidak langsung telah membebaskan multiverse yang sekarang menjadi tema paling panas di MCU.

Katy

Karakter original MCU selanjutnya yang tidak pernah diceritakan sebelumnya di Marvel Comics adalah Katy Chen yang diperankan oleh aktis sekaligus komedian Nora Lum alias Awkwafina. Debut di film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, Katy sendiri adalah sahabat Shang-Chi yang sangat pengertian. Dalam prosesnya dia ikut terlibat dalam petualangan Shang-Chi yang harus berurusan dengan Wenwun dan organisasi Ten Rings. Katy bahkan sampai turut serta dalam pertarungan final yang melibatkan banyak makhluk mitologi Ta-Lo, termasuk naga kegelapan Dweller In Darkness. Di ending dia bahkan ikut menemani Shang-Chi saat dipanggil oleh Wong untuk menghadap para sueprhero veteran.

Xu Xialing

Masih dari film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, karakter original lainnya yang khusus diciptakan untuk MCU adalah adik Shang-Chi yang bernama Xu Xialing. Karakter dari aktris Meng’er Zhang ini digambarkan sebagai seorang ahli bela diri yang mungkin bisa menandingi Shang-Chi sebelum kakaknya tersebut mendapatkan kekuatan Ten Rings di akhir film. Saking hebatnya Xu Xialing, di credit scene Shang-Chi dia diperlihatkan menjadi pemimpin baru organisasi Ten Rings yang berusaha melebur unsur bela diri tradisional dengan teknologi canggih. Adegan terakhirnya tersebut telah mengindikasikan bahwa Xu Xialing berpotensi untuk kembali pada masa depan MCU, sama seperti Katy dan Shang-Chi.

Layla El-Faouly

Satu lagi wanita tangguh yang melakukan debutnya sebagai karakter original MCU di serial Moon Knight adalah Layla El-Faouly yang diperankan oleh aktris May Calamawy. Kemunculan pertamanya digambarkan sebagai istri dari alter ego pertama Moon Knight, yaitu Marc Spector. Peran aktifnya yang selalu mendukung Marc ketika harus berurusan dengan villain Arthur Harrow pada akhirnya mengantarkan dia untuk bertemu dengan sejumah dewa dari mitologi Mesir kuno. Di akhir serialnya dia bahkan diperlihatkan bersedia menjadi avatar dari Dewi Taweret dan menjadi superheroin MCU bernama Scarlet Scarab demi membantu Moon Knight dan alter ego lainnya.

Itulah tujuh karakter original yang berdampak cukup besar terhadap keseluruhan cerita MCU. Meskipun mereka tidak mempunyai asal-usul dari Marvel Comics, bukan berarti para karakter ini tidak menarik. Faktanya kemunculan mereka justru pada akhirnya banyak diminati oleh para penggemar, yang mungkin menjadikan karakter menarik seperti Katy, Scarlet Scarab, Sylvie, bahkan Trevor sebagai favorit baru di kalangan penggemar. Ke depannya banyak di antara para karakter ini yang dipastikan akan kembali berperan penting di MCU. So kita nantikan saja comeback mereka ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.