Hanya tinggal menghitungan hari, Billy Batson bersama keluarga supernya akan segera kembali beraksi di Shazam: Fury of the Gods. Di film kedua Shazam ini, mereka nantinya harus berjuang untuk melindungi Bumi dari kemarahan para dewi Yunani yang dikenal sebagai Daughters of Atlas. Mengingat filmnya yang kembali berfokus pada versi live action Shazam Family di DC Universe, kali ini kita akan membahas lima varian keluarga super Shazam yang eksis di cerita komiknya. Mulai dari keluarga super di semesta alternatif, sampai versi unik di peristiwa Flashpoint, mari langsung saja simak daftarnya di bawah ini.

Marvel Family

Keluarga super Shazam yang paling pertama melakukan debutnya di DC Universe adalah Marvel Family. Pertama kali diceritakan di komik Captain Marvel Adventures #18 (1942), Marvel Family dipimpin oleh superhero klasik bernama Captain Marvel, cikal bakal Shazam di DC Universe. Meskipun awalnya hanya terdiri dari Captain Marvel Jr. dan Mary Marvel, seiring berjalannya waktu keluarga super ini makin bertambah kuat dengan bergabungnya Fat Marvel, Tall Marvel, Uncle Marvel, Freckles Marvel, dan Captain Marvel Bunny atau Tawky Tawny. Eksis sebagai keluarga superhero di Earth-S, mereka sering diceritakan berusaha melindungi Bumi dari villain tangguh, seperti Doctor Sivana dan Captain Nazi.

Black Marvel

Selain Captain Marvel, musuh bebuyutannya yang dikenal sebagai Black Adam juga pernah diceritakan mempunyai keluarga super sendiri, bahkan sebelum sang superhero mengganti namanya menjadi Shazam. Keluarga super Black Adam ini disebut Black Marvel Family, di mana mereka pertama kali diceritakan di komik 52 #12 (2006). Sebagai pelindung negara Khandaq, Black Adam dan anggota Black Marvel Family yang terdiri dari Isis dan Osiris ini bertindak layaknya superhero yang membantu para warga sekaligus menjamin negaranya tidak kekeringan. Sayangnya, kedamaian mereka dirusak oleh Four Horsemen of Apokolips yang akhirnya membuat Black Adam kembali menjadi villain yang brutal di DC Universe.

S.H.A.Z.A.M.

Saat DC menghadirkan kisah Flashpoint untuk mereset semesta komik mereka, keluarga super Shazam pernah diceritakan dengan konsep yang lebih unik, di mana mereka digambarkan sebagai sekelompok anak muda (dan juga seekor harimau) yang mempunyai kemampuan untuk berubah menjadi superhero dewasa ketika mengucapkan kata sakti ‘Shazam!’. Alih-alih menjadi banyak superhero, mereka justru diperlihatkan menjadi superhero tunggal bernama Captain Thunder yang mempunyai bekas luka besar di wajahnya. Ketika Billy tewas, anggota yang tersisa seperti Eugene, Pedro, Darla, Freddy, Mary, dan Tawky Tawny, diceritakan tidak bisa lagi menjadi Captain Thunder.

Army of Shazam

Sesuai dengan namanya Army of Shazam adalah keluarga super yang bertindak layaknya pasukan superhero di kisah alternatif Injustice: Gods Among Us (2013). Kemunculan mereka bermula perubahan Justice League yang menjadi jahat karena terpapar virus dari luar angkasa, di mana hal tersebut lantas memaksa Shazam dan keluarganya untuk menggantikan posisi Justice League sakaligus melawan mereka sebagai tim superhero yang harus melindungi Bumi. Kekalahan dari Justice League sendiri pada akhirnya mengukuhkan posisi Army of Shazam sebagai satu-satunya kelompok yang bertanggung jawab untuk menjaga kedamaian di muka Bumi.

Shazam Family

Tidak lama setelah DC memperkenalkan ulang Captain Marvel sebagai Shazam sekitar tahun 1970-an, nama keluarga super sang superhero juga ikut berganti menjadi Shazam Family. Di mana semua anggotanya digambarkan sebagai keluarga angkat Billy Batson alias Shazam, yang sama-sama akan berubah menjadi superhero dewasa ketika mengucapkan kata ‘Shazam!’. Adapun yang menjadi anggota dari Shazam Family adalah Billy, Darla, Eugene, Mary, Pedro, dan Freddy yang masing-masing mempunyai kostum dengan warna berbeda. Merekalah yang akhirnya diboyong ke versi live action DC Universe dan akan kembali beraksi di film Shazam Fury of the Gods nanti.

Itulah lima varian keluarga super Shazam yang telah diperkenalkan DC di semesta komiknya. Saat ini status Shazam Family sendiri tengah diambang ketidakpastian karena DC Studios akan segera mereboot jagat sinema live action DC Universe. Seandainya kisah mereka tidak diteruskan, semoga saja suatu hari nanti kita bisa melihat debut dari varian keluarga super lainnya pada masa depan DC Universe. Jika disuruh memilih dari kelima varian keluarga super berkekuatan petir ini, siapa yang favorit kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.