Tony Stark kemungkinan adalah sosok yang bertanggung jawab alias jadi sosok yang ciptakan Kang the Conqueror di Marvel Cinematic Universe. Hal ini berdasarkan dari adanya beberapa elemen kesamaan yang muncul dari kedua karakter tersebut. Nama Kang the Conqueror saat ini sedang menjadi pembahasan hangat di kalangan fans MCU. Kang merupakan karakter villain baru yang diperkenalkan di MCU.

Kang dikabarkan akan jadi villain utama untuk cerita Multiverse Saga yang berlangsung di Phase 5 dan 6. Karakternya sendiri sudah diperkenalkan di film Ant-Man and the Wasp: Quantumania dan kabarnya akan kembali muncul di film Avengers: The Kang Dynasty. Yang menarik adalah terdapat sebuah teori yang menyebutkan jika Tony Stark adalah sosok ciptakan Kang di MCU.

Berbagai Villain Ciptaan Tony Stark

Dalam Marvel Cinematic Universe sosok Tony Stark memang adalah karakter yang sangat luar biasa. Dengan kecerdasan yang dia miliki, Tony mampu menghadirkan dan menciptakan apa pun. Yang paling nyata tentunya adalah dia mampu menciptakan berbagai teknologi canggih yang dia aplikasikan ke armor Iron Man miliknya. Namun, di sisi lain, kecerdasan Tony juga memiliki dampak buruk.

Salah satu dampak buruk yang kemudian muncul adalah terciptanya berbagai villain yang dihadirkan di MCU. Contohnya Obadiah Stane, sosok villain pertama yang dihadirkan di MCU. Dia menjadi ancaman bagi Tony dan Stark Tech karena iri dengan kecerdasan dan teknologi yang Tony hadirkan. Kemudian, contoh lainnya adalah Ivan Vanko alias Whiplash yang muncul di film Iron Man 2.

Atau karakter villain yang jauh lebih mengerikan yang membuat seluruh dunia hampir hancur, Ultron. Ini adalah sebuah makhluk buatan hasil kerja sama Tony dan Bruce Banner, yang mana pada awalnya Tony berharap Ultron akan jadi senjata untuk melindungi bumi dari serangan alien. Faktanya, yang terjadi justru Ulton malah berbalik menyerang mereka dan menjadi ancaman besar.

Pada intinya, seperti yang disebutkan di atas, Tony memang adalah sosok yang cerdas di mana dia mampu melakukan hampir apa pun. Tetapi, kecerdasan yang dia miliki dan juga rasa takut alias paranoid dalam dirinya justru sering kali menghadirkan ancaman besar bagi dunia. Ada berbagai karakter villain yang justru lahir akibat dari kecerdasan sosok Tony Stark.

Kang Adalah “Ciptaan” Tony

Berdasarkan penjelasan di atas, muncul sebuah teori yang menarik yang berkembang di kalangan fans. Teorinya sendiri menyebutkan jika ada kemungkinan sosok Kang the Conqueror juga merupakan “ciptaan” dari sosok Tony Stark seperti halnya nama-nama di atas. Terdapat berbagai hal yang muncul di filmnya yang dianggap sebagai petunjuk besar dari teorinya. Contohnya adalah teknologi yang digunakan Kang.

Dalam teori ini, dijelaskan jika teknologi yang Kang gunakan kemungkinan berasal atau terinspirasi dari teknologi milik Tony Stark atau Stark Tech. Hal ini muncul berdasarkan adanya kesamaan dari teknologi yang Kang gunakan dengan teknologi yang Tony ciptakan. Misalnya, teknologi kostum yang digunakan oleh Kang. Jika Geeks perhatikan, teknologi kostum dari Kang mirip dengan teknologi nano yang diaplikasikan atau dikembangkan oleh Tony yang digunakan di armor Iron Man miliknya.

Hal ini bisa kita lihat di film Avengers: Infinity War dan juga Endgame. Selain kostum, teknologi nano ini juga digunakan oleh Kang di helm yang dia kenakan. Kang juga diperlihatkan mampu mencipakan pasukan robot dalam jumlah yang sangat banyak yang bahkan mampu menguasai Dunia Quantum. Teknologi tersebut mirip dengan teknologi robot yang Tony gunakan untuk membangun Iron Legion.

Bahkan, teknologi itu juga mirip dengan yang digunakan oleh Tony untuk menciptakan Ultron. Di film Endgame, Tony diperlihatkan berhasil menciptakan sebuah mesin waktu untuk kemudian digunakan para Avengers mengalahkan Thanos. Mesin waktu ini juga yang kemudian diyakini menjadi “cetak biru” atau teknologi yang ditirukan oleh Kang untuk menciptakan mesin waktu miiknya sendiri.

Jadi, pada intinya, semua teknologi yang Kang gunakan dan ciptakan pada masa depan kemungkinan terinspirasi dari apa yang Tony Stark ciptakan pada “masa lalu.” Sehingga, rasanya tidak berlebihan jika kemudian muncul teori yang menyebutkan jika Tony Stark adalah pencipta dari sosok Kang. Karena, Kang sendiri memang bisa jadi memanfaatkan teknologi Tony untuk mewujudkan tujuannya.

Tony Pernah Bertemu Kang

Selain teknologi Tony Stark, ada juga teori lain yang mungkin jadi penyebab mengapa kemudian Kang bisa muncul dan terinspirasi dari teknologi Tony. Teori ini menyebutkan jika mungkin pada suatu timeline, Kang pernah bertemu dengan varian dari Tony. Sosok Kang atau varian dari Kang tersebut bertemu dengan Tony dan kemudian bertarung menghadapi karakternya. Dan dia mungkin berhasil mengalahkan serta menghabisi nyawanya.

Di film Quantumania sendiri Kang menyebutkan jika dia sudah sering mengalahkan para Avengers, bahkan menghabisi nyawa mereka. Artinya, memang masuk akal jika kemudian teorinya menyebutkan jika Kang pernah bertemu dengan Tony di sebuah timeline. Teori ini juga bahkan didukung dengan apa yang terjadi di film Endgame, di mana Tony berhasil menemukan teknologi mesin waktu.

Meskipun di film Endgame sama sekali tidak ada referensi tentang sosok Kang, mungkin ketika Tony berada di aliran waktu dia pernah bertemu dengan Kang dan bertarung. Dengan Kang yang mampu memanipulasi waktu, tentunya dia akan sadar dengan sosok Tony Stark yang dianggap sebagai sosok lainnya yang mampu menciptakan teknologi yang mampu memanipulasi waktu.

Kang bisa jadi menganggap Tony adalah ancaman besar, seperti halnya ketika Thanos mengetahui jika Tony adalah sosok cerdas dan bisa jadi ancaman baginya. Karena itulah, mungkin Kang kemudian bertarung dan menghadapi Tony di aliran waktu saat berada di mesin waktu. Jika kemudian berbagai teori ini terbukti, maka MCU sudah berhasil menghadirkan interaksi yang dinamis dan menarik dari kedua karakter. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.