Meskipun buah iblis Nika jadi salah satu buah iblis terkuat, dalam cerita One Piece terdapat beberapa buah iblis lainnya yang memiliki potensi luar biasa yang sanggup jadi tandingan buah iblis Nika. Rasanya memang sudah tidak asing lagi jika buah iblis merupakan salah satu sumber kekuatan dahsyat dalam cerita karya Eiichiro Oda ini. Seperti yang dijelaskan oleh Vegapunk, buah iblis adalah bentuk perwujudan mimpi dari manusia.

Sejauh ini, diketahui jika ada buah iblis yang dianggap sebagai yang terkuat yaitu Hito Hito no Mi, Model: Nika. Buah iblis ini diketahui merupakan buah iblis milik Monkey D. Luffy yang awalnya diketahui sebagai Gomu Gomu no Mi. Kedahsyatan dari buah iblis Nika bisa kita lihat saat Luffy berhadapan dengan Rob Lucci kemarin atau bahkan ketika Luffy menghadapi Kaido. Namun, ada juga buah iblis yang memiliki potensi besar dan bisa tandingan Nika. Apa saja?

Fuwa Fuwa No Mi

Shiki the Golden Lion merupakan salah satu bajak laut legendaris dalam cerita One Piece. Diketahui jika dia adalah seseorang yang level kekuatannya berada di taraf yang sama dengan Gol D. Roger. Shiki mampu bertarung dengan bajak laut kuat mana pun dan menang, kecuali beberapa bajak laut seperti Whitebeard dan Roger. Berkat kemampuan buah iblis miliknya, yaitu Fuwa Fuwa no Mi, dia memiliki kemampuan untuk membuat apa pun melayang.

Kemampuan tersebut yang kemudian dianggap mampu untuk menandingi kedahsyatan dari Nika, di mana jika Shiki mau dia bisa saja membuat lokasi atau tempat pertarungannya melayang. Bahkan, hal ini juga yang dia lakukan terhadap sebuah pulau yang dia jadikan sebagai kapalnya. Dalam ceritanya sendiri sudah terbukti bahwa tidak mudah untuk mengalahkan Shiki berkat buah iblis ini.

Soru Soru No Mi

Rasanya semua Geeks sudah tahu dan familiar dengan kekuatan buah iblis Soru Soru milik Big Mom ini. Soru Soru buah iblis Paramecia di mana penggunanya bisa mengendalikan dan memanipulasi sebuah jiwa seseorang. Sebelum menjadi milik Big Mom, buah iblis ini sempat menjadi milik Mother Caramel. Tetapi, Big Mom adalah sosok yang berhasil memaksimalkan kekuatan dari buah iblis ini.

Contoh nyata dari kedahsyatan buah iblis ini adalah Big Mom mampu menciptakan berbagai Homies, baik yang ada di Whole Cake Island atau saat berada di Wano. Dan yang paling epik tentunya adalah bagaimana dia bisa meningkatkan level kekuatan yang dia miliki dengan cara memanfaatkan jiwa atau nyawa orang lain bahkan dirinya sendiri. Hal ini bisa kita lihat saat Big Mom bertarung menghadapi Law dan Kid.

Inu Inu no Mi, Model: Okuchi No Makami

Buah iblis Mythical Zoan milik Yamato ini digadang-gadang merupakan perwujudan dari sosok “dewa pelindung” dari Wano. Hal ini bahkan diakui oleh Kaido sendiri yang menyebutkan jika buah iblis tersebut ada kaitannya dengan sosok dewa penjaga Wano. Dan dalam mitologi Jepang sendiri, Ookuchi no Makami memang merupakan hewan penjaga yang melindungi rumah penduduk.

Berkat kemampuan dari buah iblis tersebut Yamato memiliki kemampuan untuk menggunakan elemen es. Elemen es ini menjadi cara bagi Yamato untuk mencegah agar Wano dan juga Onigashima tidak meledak akibat Kazenbo. Bukti kedahsyatan dari buah iblis ini juga adalah bagaimana Yamato mampu untuk bertahan dari serangan Kaido, meskipun dia harus terluka parah.

Tori Tori No Mi, Model: Phoenix

Marco memiliki kekuatan buah iblis yang sangat berpotensi untuk menandingi buah iblis Nika. Buah iblis tersebut adalah Tori Tori no Mi Model: Phoenix. Marco diketahui memiliki kedahsyatan sekaligus juga keunikan berkat buah iblisnya. Salah satu kedahsyatannya adalah mampu untuk menyembuhkan berbagai luka, baik yang dia derita atau pun diderita oleh orang lain.

Marco juga bisa berubah menjadi sosok burung phoenix. Dengan mengandalkan berbagai kemampuan tersebut, bisa dibilang Marco adalah sosok yang abadi. Dia bisa sembuh dari luka mana pun secara cepat dan mandiri selamat tidak ada gangguan dari batu laut. Bahkan, Marco sendiri hampir tidak bisa dilukai bahkan terluka. Hal ini bisa dilihat saat perang besar di Marineford atau bahkan ketika pertempuran di Onigashima.

Nikyu Nikyu No Mi

Buah iblis Nikyu Nikyu no Mi mungkin lebih banyak dikenal sebagai buah iblis yang mampu membuat seseorang pergi ke suatu tempat. Dengan kekuatan ini juga penggunanya bisa “mengirim” orang kemana pun yang dia inginkan. Hal ini pernah dipraktikan kepada kru Topi Jerami sebelum timeskip di mana Kuma menerbangkan mereka ke berbagai tempat dengan tujuan untuk berlatih.

Namun, fakta terbaru diungkapkan oleh Oda Sensei dalam arc Egghead yang berjalan sekarang. Diketahui jika buah iblis ini memiliki potensi yang luar biasa, di mana Kuma bisa membuat sesuatu yang tadinya tidak berwujud menjadi nyata. Contohnya adalah kenangan atau rasa sakit. Dan ini juga yang terjadi kepada Kuma, di mana dia mengeluarkan seluruh kenangannya untuk disimpan di Egghead.

Buah Iblis Jewelry Bonney

Sampai saat ini, masih belum diketahui apa nama buah iblis yang dikonsumsi oleh Jewelry Bonney, salah satu bajak laut Worst Generation. Yang pasti, buah iblis ini bertipe Paramecia di mana dia bisa memanipulasi usia dari musuh atau orang lain. Dia bisa mengubah seseorang jadi anak kecil atau jadi orang tua dalam waktu yang sekejap. Hal ini bisa kita lihat di arc Sabaody bahkan di arc Egghead.

Dalam arc Egghead, bahkan kita diperlihatkan kekuatan dahsyat lainnya dari buah iblis ini. Ternyata, Bonney mampu untuk merubah usia manusia – dalam hal ini milik Vegapunk – menjadi sebuah permata atau berlian. Ketika hal ini terjadi, maka korbannya akan berubah menjadi sosok anak kecil. Melihat hal ini, rasanya memang masuk akal jika kemudian buah iblis Bonney tersebut memiliki potensi dahsyat yang mampu jadi buah iblis tandingan Nika Nika.

Ope Ope No Mi

Ada banyak sekali misteri yang terkait dengan buah iblis Ope Ope no Mi yang membuat para fans penasaran. Buah iblis yang dimiliki oleh Trafalgar Law ini diketahui mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, bahkan mampu melakukan hal yang mustahil. Misalnya menukar kepribadian dan sebagainya. Sering kali Law menyembuhkan orang-orang dengan buah iblis melalui metode operasi.

Namun, diyakini bahwa ada misteri lainnya yang terkait dengan buah iblis ini. Salah satunya adalah mengapa kemudian Doflamingo mengatakan jika Ope Ope no Mi adalah harta karun Mary Geoise. Di sisi lain, bukti nyata kedahsyatan buah iblis ini adalah bagaimana World Government memberikan nilai sangat besar, yaitu 5 miliar Belly, bagi siapa pun yang memberikannya kepada mereka.

Gura Gura No Mi

Rasanya Geeks sudah bisa menebak mengapa kemudian buah iblis ini memiliki potensi untuk bisa saingi buah iblis Nika. Gura Gura no Mi termasuk dalam jenis Paramecia di mana buah iblisnya memiliki kekuatan yang sangat dahsyat di mana penggunannya akan mampu menghasilkan getaran atau menciptakan gempa. Efek dari getaran atau gempa tersebut membuat wilayah sekitarnya atau seluruh pulau berguncang bahkan sampai terbelah.

Dalam pertempuran Marineford kita melihat bagaimana kemampuan Gura Gura no Mi mampu hasilkan tsunami besar di sekitarnya. Kekuatan buah iblis ini sudah diakui oleh pihak angkatan laut sebagai buah iblis paling mengerikan yang bisa saja digunakan untuk menghancurkan dunia. Pada awalnya, Whitebeard yang memiliki buah iblis tersebut, sampai kemudian Blackbeard berhasil mencurinya.

Magu Magu No Mi

Magu Magu no Mi adalah buah iblis berjenis Logia yang dianggap paling berbahaya karena daya hancurnya yang sangat luar biasa. Hal ini terbukti saat pertempuran besar di Marineford. Dalam momen tersebut Sakazuki bukan hanya mampu menghabisi para bajak laut yang merupakan kru dari Whitebeard, tetapi juga dia mampu menghancurkan kapal-kapal mereka. Sakazuki bahkan membuat air laut mendidih akibat kekuatannya.

Hampir tidak ada yang bisa menghentikan kemampuan dari Magu Magu no Mi, karena semua elemen bisa hancur oleh magma. Terbukti di mana tubuh Ace, yang merupakan pengguna buah iblis Mera Mera no Mi, berhasil dihancurkan oleh kekuatan Sakazuki. Dia juga bahkan menghancurkan sebagian wajah dari Whitebeard. Satu-satunya hal yang bisa menghentikan kemampuan buah iblis ini adalah kekuatan Haki yang dahsyat. Oda Sensei sendiri pernah mengatakan jika ini adalah buah iblis yang paling kuat.

Yami Yami No Mi

Meskipun Magu Magu adalah buah iblis paling hebat dan kuat, namun buah iblis Yami Yami juga tidak kalah mengerikan. Bahkan, diketahui jika Yami Yami adalah buah iblis paling kuat di jenis Logia. Marshall D. Teach alias Blackbeard adalah sosok pemilik buah iblis tersebut setelah dia mencuri dari rekannya, Thatch. Buah iblis ini memberikan penggunanya kemampuan untuk bisa mengendalikan atau berubah menjadi sebuah kegelapan.

Selain mampu menyerap apa pun, Yami Yami no Mi juga bisa membuat penggunanya menetralisir kekuatan buah iblis lain. Hal inilah yang terjadi kepada Ace saat bertarung melawan Blackbeard. Bahkan, kekuatan penuhnya sendiri masih misterius. Dengan kekuatannya yang dahsyat, memang rasanya wajar jika kemudian buah iblis ini menjadi salah satu yang terkuat dan menjadi yang paling hebat untuk jenis Logia serta jadi buah iblis yang sanggup jadi tandingan buah iblis Nika.

Buah iblis Nika memang merupakan buah iblis yang memiliki kekuatan sangat dahsyat di dunia One Piece. Pernyataan tersebut keluar dari pihak Gorosei, di mana mereka juga mengatakan jika buah iblis tersebut sudah jadi incaran mereka sejak 800 tahun yang lalu. Meskipun begitu, dengan banyaknya buah iblis yang sudah diperkenalkan dalam cerita ada beberapa yang dianggap memiliki potensi untuk tandingi kekuatan buah iblis Nika.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.