Sebelumnya DC Studios telah mengumumkan sejumlah tayangan menarik yang akan menjadi bagian dari Chapter 1: Gods and Monster di jagat sinema utama DC Universe. Termasuk series Creature Commandos, Waller, Lanterns, Paradise Lost, Booster Gold, dan Peacemaker season 2. Bersamaan dengan pengumuman tersebut studio juga telah mengonfirmasi berbagai tayangan mendatang di luar DC Universe yang termasuk dalam DC Elseworlds. Kali ini kita akan membahas secara khusus series DC apa saja yang diakui sebagai bagian dari DC Elseworlds. So, check this out!

Teen Titans Go!

Series pertama yang sudah dikonfirmasi sebagai bagian dari DC Elseworlds adalah Teen Titans GO yang rilis perdana pada tahun 2013 silam. Berita tentang status Elseworlds dari series animasi ini pertama kali dilaporkan oleh Variety tidak lama setelah bos DC Studios James Gunn dan Peter Safran menyampaikan pengumuman besarnya. Bagi yang belum tahu, Teen Titan GO sendiri bercerita tentang petualangan seru sekaligus jenaka dari para superhero muda, termasuk Robin, Beast Boy, Cyborg, Starfire, dan Raven, sebagai pelindung Jump City. Saat ini series sendiri tengah menayangkan season kedelapannya dengan dua episode terakhir yang akan dirilis tanggal 13 dan 20 Maret secara berurutan.

Harley Quinn

Pada akhir Januari lalu, sebelum DC Studios membagikan pengumuman besarnya terkait masa depan DC Universe, ComicBook.com sempat melaporkan bahwa series animasi favorit penggemar, yaitu Harley Quinn, akan tetap berlanjut di bawah pengawasan studio. Itu artinya series animasi yang telah merilis tiga season dan satu tayangan spesial ini akan menjadi bagian dari DC Elseworlds. Premis utama dari seriesnya sendiri berfokus pada kisah Quinn yang berusaha menjalani kehidupan barunya pasca putus dengan Joker. Pada pertengahan tahun lalu, Warner Bros. telah memberikan greenlit untuk season keempat Harley Quinn yang kabarnya saat ini tengah dikembangkan.

Superman & Lois

Dari animasi sekarang kita beralih ke series live action Superman & Lois, yang menurut laporan The Hollywood Reporter diakui sebagai bagian dari DC Elseworlds. Tayang perdana pada tahun 2021, Superman & Lois sendiri bercerita tentang kisah Clark Kent alias Kal-El yang telah menikah dengan Lois Lane, di mana dia memutuskan untuk kembali ke Smallville bersama istri serta kedua anaknya Jonathan dan Jordan Kent. Sejak tanggal 14 Maret kemarin, Superman & Lois baru saja memulai season ketiga yang rencananya akan mempunyai total lima belas episode seperti dua season sebelumnya. Sebagai informasi tambahan, WB sendiri telah menyatakan bahwa serial ini terpisah dari CW’ Arrowverse.

The Penguin

Karena dalam pengumuman sebelumnya DC Studios sudah mengakui warlaba The Batman dari sutradara Matt Reeves sebagai bagian dari DC Elseworlds, artinya hal tersebut juga berlaku pada sejumlah series spin-off termasuk The Penguin. Sejak tanggal 1 Maret kemarin, series The Penguin sendiri telah resmi memulai syutingnya di Kota New York bersama aktor Colin Farrell yang akan mengulang perannya sebagai Oswald Cobblepot alias Penguin. Di series yang berlangsung sekitar satu minggu pasca peristiwa The Batman ini, Penguin akan diceritakan berusaha menguasai underworld Gotham, di mana dia harus berseteru dengan anak mendiang mafia terkuat Carmine Falcone yang bernama Sofia.

Arkham Asylum

Series spin-off The Batman lainnya yang akan menjadi bagian dari DC Elseworlds adalah seriea tentang Arkham Asylum yang masih belum diberi judul. Tahun lalu sutradara Matt Reeves telah mengungkapkan bahwa series ini akan bercerita tentang Arkham State Hospital dan sejumlah karakter tidak waras alias villain yang ditahan di dalamnya. Dia bahkan menggambarkan series tentang Arkham Asylum ini sebagai rumah hantu. Sejauh ini masih belum diketahui akan seperti apa plot series dan siapa saja jajaran pemerannya, yang jelas Antonio Campos telah ditunjuk untuk menjadi sutradara, penulis, showrunner, sekaligus eksekutif produsernya.

Gotham City Police Department

Terakhir, series spin-off The Batman yang secara otomatis menjadi bagian dari DC Elseworlds adalah series yang berfokus pada kisah internal Gotham City Police Departement (GCPD). Menurut Matt Reeves series ini akan menjadi prekuel The Batman yang berfokus pada korupsi di Kota Gotham dan internal GCPD, di mana karakter utamanya adalah seorang penegak hukum jahat. Meskipun sama-sama belum mempunyai tanggal rilis seperti semua spin-off The Batman, tetapi akhir tahun lalu Reeves telah menegaskan bahwa pengembangan serial tentang GCPD ini masih tetap berjalan seperti rencana awal.

Itulah berbagai series animasi dan live action yang diakui sebagai bagian dari DC Elseworlds. Selain yang sudah disebutkan di atas, sejauh ini masih belum ada series DC lain yang statusnya diakui oleh Warner Bros. dan DC Studios. Berdasarkan apa yang sudah terungkap sampai artikel ini dirilis, ada kemungkinan tayangan yang termasuk DC Elseworlds adalah film atau series di luar DC Universe yang diproduksi langsung oleh Warner Bros. Jika benar seperti itu, artinya bukan tidak mungkin ke depannya akan ada tayangan lain yang menjadi keluarga DC Elseworlds. Kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.