Tidak bisa kita mungkiri bahwa Bruce Wayne alias Batman merupakan salah satu karakter komik sekaligus superhero DC yang paling populer di dunia. Eksistensi dari superhero Gotham yang melakukan debutnya pada tahun 1939 ini secara tidak langsung telah menginspirasi banyak penulis sekaligus ilustrator, termasuk mungkin para komikus Marvel, yang kemudian menghadirkan karakter serupa dengan harapan dapat mempunyai popularitas yang sama sepertinya. Mulai dari penampilannya yang kelam, sampai asal-usulnya yang tragis, berikut ini lima karakter Marvel yang sangat mirip dengan Batman!

Nighthawk

Pertama kali diperkenalkan oleh Marvel sebagai bagian dari tim super Squadron Supreme, Kyle Richmond alias Nighthawk mempunyai banyak sekali kemiripan dengan Batman dari DC Universe. Mulai dari kostum kelam lengkap dengan topeng setengah wajah dan jubah yang besar, sampai senjata yang sangat mirip dengan Batarang, sejak awal Nighthawk memang dimaksudkan untuk menjadi parodi Batman di Marvel Universe. Faktanya tim Squadron Supreme sendiri didasarkan pada Justice League, yang anggotanya terdiri dari Hyperion (Superman), Power Princess (Wonder Woman), Doctor Spectrum (Green Lantern), Whizzer (Flash), Amphibian (Aquaman), dan masih banyak lagi.

Hawk-Owl

Karena tidak terlalu terkenal, mungkin saat ini tidak banyak penggemar yang tahu bahwa di Marvel Universe sebenarnya ada superhero bernama Hawk-Owl yang sepak terjangnya mirip seperti Batman. Karakter bernama asli Jack Danner ini diceritakan sebagai orang kaya yang menghabiskan waktunya berkeliling dunia untuk mempelajari berbagai ilmu bela diri, sebelum akhirnya kembali ke Chicago untuk menjadi superhero bertopeng. Selain kemampuannya yang mirip dengan Batman, Hawk-Owl juga mempunyai Robin-nya sendiri yang bernama Woody, di mana mereka berdua saling bekerja sama untuk mengalahkan banyak kelompok penjahat di semesta alternatif yang sering disebut Ultimate Universe.

Dark Claw

Seperti yang bisa kalian lihat pada gambar di atas, Dark Claw mempunyai kostum yang kurang lebih mirip seperti milik Batman, perbedaannya hanya terletak pada cakar tajam yang keluar dari kepalan tangannya. Menariknya Dark Claw sendiri pada kenyataannya adalah karakter dari Amalgam Universe, kolaborasi DC dan Marvel yang menggabungkan karakter Batman dengan mutant Wolverine. Itulah mengapa penampilannya terlihat seperti menggambarkan kedua karakter yang sama-sama populer di dunia komik superhero. kemisteriusan Batman yang digabung dengan sifat liar Wolverin, pada akhirnya justru malah melahirkan superhero paling mengintimidasi sepanjang sejarah.

The Shroud

Shroud adalah karakter Marvel berikutnya yang punya banyak sekali kemiripan dengan Batman. Saat dirinya masih kecil, karakter yang bernama Maximillian Coleridge ini harus menyaksikan kedua orang tuanya dibunuh dengna sadis. Ketika dewasa, dia lantas memutuskan untuk mempelajari berbagai ilmu bela diri dari Cult of Kali. Setelah merasa mempunyai semua yang dibutuhkan untuk membalaskan dendam orang tuanya, dia kemudian menjadi seorang vigilante misterius bernama Shroud. Meskipun Shroud digambarkan mempunyai kekuatan dari Darkforce Dimension, tetapi selebihnya dia hanyalah seorang varian Batman yang eksis di Marvel Universe.

Moon Knight

Ketika berbicara tentang siapa superhero Marvel yang setara dengan Batman, banyak penggemar yang akan langsung ingat dengan Moon Knight. Secara karakter keduanya memang tidak bisa disamakan, khususnya karena Moon Knight punya kepribadian ganda, seperti Marc Spector, Steven Grant, dan Jake Lockley. Namun secara kekuatan dan sepak terjang, Moon Knight dikenal sebagai superhero berjubah yang sering beraksi ketika malam hari layaknya Batman. Ditambah lagi dia juga sering terlihat bertarung menggunakan berbagai gadget serta kendaraan canggih, seperti senjata lempar Crescent Dart yang mirip Batarang dan Mooncopter yang kurang lebih sama seperti Batwing.

Itulah lima karakter Marvel yang punya banyak sekali kemiripan dengan Batman dari DC Universe. Marvel Comics sendiri memang tidak pernah menjelaskan secara gamblang bahwa kelima karakter ini terinspirasi dari Batman, tetapi banyak penggemar yang telah membaca kisah mereka justru merasa yakin dengan hal tersebut. Di mana asal-usul, sepak terjang, kekuatan, dan penampilan mereka, membuat kelimanya cukup masuk akal untuk disebut sebagai varian Batman dari Marvel Universe. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Kira-kira dari semua karakter ini siapa yang paling mirip dengan sang Caped Crusader DC?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.