Dalam franchise Dragon Ball sosok Son Goku ternyata tidak selalu berhasil meraih kemenangan karena ada beberapa karakter yang berhasil kalahkan Goku. Son Goku sendiri merupakan protagonis utama dalam cerita Dragon Ball. Berkat cerita tersebut kepopuleran Goku terus meningkat. Bukan hanya di kalangan para pecinta Dragon Ball, tapi juga diluar itu.

Sosok Son Goku sering kali diperlihatkan menang oleh Akira Toriyama dalam sebuah pertarungan. Tapi, sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya benar. Dalam beberapa kesempatan Goku tidak selalu memenangkan pertarungan yang dia jalani. Bahkan, dalam alur cerita Dragon Ball Super diperlihatkan bagaimana Goku sering mengalami kekalahan. Berikut adalah para karakter yang berhasil kalahkan Goku.

Jackie Chun

Karakter dalam cerita Dragon Ball yang berhasil kalahkan Goku untuk pertama kali adalah Jackie Chun. Sebenarnya sosok Jackie Chun adalah identitas rahasia dari Master Roshi. Setelah menyadari seberapa pesat perkembangan kekuatan dari Goku dan Krillin, Master Roshi akhirnya memutuskan untuk berpartisipasi dalam turnamen bela diri Tenkaichi Budokai ke 21. Tujuannya adalah dia ingin memberikan pelajaran kepada murid-muridnya tentang rasa malu, dan juga merasakan bagaimana rasanya kalah.

Saat mengalahkan Goku di ronde final, Master Roshi mengajarkan sebuah nilai berharga kepada Goku tentang bagaimana jika dia menghadapi musuh yang lebih kuat darinya. Satu hal yang disadari oleh Goku adalah akan selalu ada orang atau karakter yang lebih kuat dari dirinya. Nilai lain yang coba diajarkan adalah bagaimana Goku harus mencintai bela diri, bukan hanya sekedar menang.

Tien Shinhan

Goku harus menghadapai Tien Shinhan dalam turnamen bela diri Tenkaichi Budokai ke 22. Namun, Goku kali ini sudah belajar banyak hal dari Master Roshi untuk terus meningkatkan kemampuan dirinya dan tidak hanya mengincar kemenangan. Sayangnya, hal tersebut sangat berbeda dengan Tien Shinhan yang memang masih diliputi oleh keinginan untuk menguasai dunia. Saat bertarung melawan Goku, sebenarnya dia berhasil menang.

Tetapi, Tien Shinhan kemudian juga menyadari tentang bela diri yang sesungguhnya dan bagaimana bela diri tidak hanya sekedar tentang kemenangan. Karena Goku kalah secara teknis dalam pertarungan tersebut, Tien Shinhan kemudian menolak kemenangannya melawan Goku sebagai sebuah kemenangan yang sah. Dia sempat memberikan kemenangannya kepada Goku, namun ditolak oleh Goku. Akhirnya, Goku memaafkan Tien Shinhan setelah dia sengaja kalah dalam pertarungan lainnya.

Tao Pai Pai

Tao Pai Pai pernah membunuh Bora, karakter dalam cerita Dragon Ball pertama yang diperlihatkan tewas, bahkan di depan mata Goku. Tao Pai Pai hampir berhasil menghabisi nyawa dari Goku. Tao Pai Pai sendiri merupakan supervillain pertama yang dihadirkan dalam cerita Dragon Ball. Dia mengajarkan sesuatu hal yang penting kepada Goku, yaitu manusia pasti akan mati.

Dalam turnamen bela diri, Tao Pai Pai memang berhasil menang menghadapi Goku. Bahkan, dia hampir menghabisi nyawa Goku jika saja tubuhnya tidak terlindungi salah satu bola naga. Setelah kemenangan Tao Pai Pai tersebut, tone dari cerita Dragon Ball kemudian berubah. Sejak saat itu kita diperlihatkan jika Goku akan selalu berada dalam bahaya. Akan selalu ada karakter yang lebih kuat yang siap menghabisi Goku, kapan pun dan di mana pun.

Raditz

Raditz merupakan kakak dari Goku yang sengaja datang ke bumi untuk menghancurkan planet ini. Meskipun begitu, beruntung kemudian Goku muncul dan jadi sosok pelindung yang menghadapi mereka. Sampai kemudian keduanya terkejut jika mereka adalah saudara. Terlepas dari status keluarga keduanya, pertarungan Goku dan Raditz tetap tidak terhindarkan. Dan dalam pertarungan ini, Goku akhirnya harus kalah.

Yang bahkan lebih mengerikan adalah bisa dibilang pertarungan melawan Raditz menjadi momen kematian pertama dari Goku di franchise Dragon Ball. Goku saat itu sadar jika dia sudah kalah, namun dia kemudian memanfaatkan momen untuk memegang ekor milik Raditz. Dia kemudian berpikir harus mengorbankan dirinya sehingga Piccolo bisa menghabisi kakaknya tersebut.

Cell

Cell adalah salah satu karakter villain yang ikonik di franchise ini. Dan dalam ceritanya, Goku pernah berhasil dikalahkan oleh makhluk ciptaan Dr. Gero ini. Rasanya sulit untuk dibayangkan seorang Goku menyerah dan mengakui kekalahannya. Namun, hal ini terjadi saat Goku melawan Cell. Goku bahkan tidak mampu untuk memenangkan pertarungan melawan Cell Junior.

Meskipun begitu dalam pertarungan ini Goku sadar jika dia akan kalah, ada nilai positif yang coba untuk diperlihatkan kepada para fans. Di tengah-tengah pertarungan, Goku memutuskan untuk berhenti dari pertarungan tersebut. Dia kemudian mengatakan jika anaknya, Gohan, yang akan menggantikan perannya. Banyak fans yang menduga jika Goku sadar Gohanlah orang yang kemudian bisa mengalahkan Cell.

Beerus

Dalam alur cerita yang lebih modern juga Goku pernah mengalami berbagai kekalahan, seperti yang diperlihatkan dalam cerita Dragon Ball Super. Dia harus menghadapi seorang musuh yang tidak biasa yaitu Beerus sang Dewa Kehancuran. Goku dipaksa masuk dalam sebuah pertarungan yang tidak bisa dia menangkan. Beerus pada dasarnya terlalu kuat untuk Goku hadapi.

Saat itu, Goku diberikan waktu untuk berlatih yang kemudian menjadi momen baginya untuk mendapatkan transformasi Super Saiyan God. Sayangnya, meskipun dia sudah menggunakan transformasi tersebut kemampuannya masih sangat jauh dari sosok Beerus. Goku tidak mampu untuk menandingi teknik Hakai dan Ultra Instinct milik Beerus. Beruntung, Beerus memaafkan Goku dan juga tidak jadi menghancurkan bumi.

Fused Zamasu

Zamasu dan Goku Black merupakan sosok yang sangat kuat bagi masing-masing karakter. Tapi, level kekuatan mereka mencapai titik yang berbeda ketika keduanya menyatu menjadi satu sosok yang sangat kuat. Fused Zamasu mampu dengan mudah menghabisi musuh-musuhnya dengan kekuatan yang dia miliki. Dalam hal ini, Vegeta dan Goku pun mampu dia kalahkan dengan mudah.

Dalam pertarungan Fused Zamasu menghadapi Vegeta dan Goku, kedua karakter utama tersebut nampak tidak mampu berbuat banyak. Padahal, mereka sudah menggunakan dua Fusion epik yaitu Gogeta dan Vegito. Namun, mereka justru merasa tidak berdaya menghadapi Fused Zamasu yang pada akhirnya membuat Goku meminta bantuan dewa untuk menghentukan Fused Zamasu.

Granolah

Granolah merupakan karakter yang diperkenalkan dalam arc Granolah the Survivor. Dia merupakan mantan kru dari Moro dan sempat muncul dalam arc Moro. Granolah sendiri memiliki dendam terhadap para Saiyan yang dianggap sudah menghancurkan planet rumahnya, yaitu Cereal. Granolah kemudian mencari dua bola naga planet tersebut dan menyampaikan keinginannya untuk jadi petarung paling kuat di Universe 7.

Toronbo sendiri kemudian mengatakan hal itu tidak mungkin terjadi. Meskipun begitu, Toronbo membuat Granolah jadi sangat kuat dengan mengorbankan usianya. Peningkatan kemampuan dari Granolah kemudian dibuktikan saat dia bertarung melawan Vegeta dan Goku. Mereka berduan nampak tidak mampu berbuat apa pun. Padahal, sebelumnya, mereka berdua sudah sempat kembali berlatih bersama Whis dan Beerus.

Vegeta

Ada sebuah anggapan menarik yang sempat muncul dalam persaingan antara Vegeta dan Goku, yaitu Goku tidak pernah benar-benar menang melawan Vegeta. Bisa dikatakan bahwa Vegeta mungkin berada di peringkat kedua dalam persaingan keduanya. Goku dan Vegeta memang diperlihatkan sebagai rival abadi, meskipun pada awalnya Vegeta adalah lawan yang harus dihadapi oleh Goku demi melindungi bumi.

Vegeta beserta kelompoknya datang ke bumi untuk menghancurkan planet ini. Para Z-Fighters sendiri berusaha untuk menghadapi Vegeta dan pasukannya. Namun, ternyata mereka tidak sanggup menghadapi Vegeta. Goku juga sempat mengalami hal yang sama, di mana kekuatan Saiyan asli di tubuh Vegeta akhirnya mampu untuk menaklukan Goku dengan mudah. Harus diakui jika Vegeta adalah salah satu karakter yang sanggup untuk kalahkan Goku dalam cerita Dragon Ball.

Black Frieza

Black Frieza adalah kejutan baru yang muncul di franchise Dragon Ball di mana dia pertama kali muncul dalam cerita Dragon Ball Super. Tidak ada yang menyangka jika villain ikonik ini akan kembali. Black Frieza sendiri diperkenalkan di akhir arc Granolah, di mana saat itu Goku dan Vegeta nampak kesulitan untuk menghadapi Gas. Sosok yang tidak terduga kemudian muncul.

Justru, sosok tersebut yang kemudian berhasil mengalahkan Gas dengan hanya satu pukulan saja. Dia adalah Black Frieza, yang merupakan hasil transformasi Frieza selama 10 tahun di dalam Hyperbolic Time Chamber. Goku dan Vegeta sendiri sempat berusaha untuk mengalahkan Black Frieza. Sayangnya, kemampuan mereka lagi-lagi tidak berdaya di hadapan musuh kuat seperti Black Frieza.

Goku memang adalah karakter pertarung terkuat di franchise Dragon Ball, bersama dengan Vegeta. Dia adalah pelindung bumi dari berbagai ancaman yang ada. Meskipun begitu, hal tersebut tidak menutup fakta bahwa Goku juga ternyata pernah merasakan kekalahan. Dan kekalahan yang dialami Goku pun cukup sering terjadi, seperti yang disebutkan di atas. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.