Setelah dispekulasikan para fans akhirnya Eustass Kid berhasil membangkitkan kekuatan buah iblisnya alias awakening dan ada sederet potensi yang bisa dimanfaatkan. Peningkatan kekuatan diperlihatkan oleh beberapa karakter dalam arc Wano Country kemarin. Contohnya adalah trio monster Topi Jerami, Trafalgar Law, dan juga Eutass Kid. Peningkatan yang dihadirkan adalah bagaimana mereka berhasil awakening buah iblis.

Ketiga kapten Worst Generation diperlihatkan berhasil awakening atau membangkitkan seluruh potensi dari kekuatan buah iblisnya. Hal ini bisa dilihat bagaimana Luffy berhasil mengalahkan Kaido dengan buah iblis Nika. Kid dan Law sendiri berhasil mengalahkan Big Mom berkat gabungan kekuatan dahsyat keduanya. Namun, ada sederet potensi kekuatan dahsyat yang bisa dihadirkan oleh awakening Kid. Apa saja?

Menjadi Medan Magnet Terkuat

Salah satu potensi terbesar dari awakening buah iblis Jiki Jiki no Mi milik Kid adalah menjadikan tubuhnya sebagai medan magnet paling kuat dan paling besar. Hal ini sempat diperlihatkan sedikit di arc Wano, namun puncaknya sendiri bisa dilihat dalam pertarungan melawan Big Mom. Dengan menggunakan teknik Punk Gibson, dia berhasil mengumpulkan berbagai benda dengan material besi di tangannya.

Semua material tersebut berkumpul yang kemudian berubah menjadi sebuah tangan raksasa. Berkat teknik ini, Kid mampu untuk mengalahkan Big Mom karena pukulannya benar-benar mampu melumpuhkan sang mantan Yonko. Meskipun begitu, potensi dari awakening ini sepertinya masih belum maksimal. Kid bisa saja menjadi medan magnet yang jauh lebih kuat dari yang dihadirkan sekarang.

Melayang

Potensi awakening unik dari buah iblis Kid adalah membuatnya bisa melayang. Dalam dunia nyata agar bisa melayang di udara seseorang perlu elektromagnet. Namun, hal ini tentunya bukan masalah bagi Kid yang memang buah iblisnya berkaitan dengan magnet. Yang kemudian dia perlukan adalah listrik. Dengan kombinasi tersebut, maka Kid akan mampu untuk melayang di udara.

Ada beberapa keuntungan ketika kemudian Kid mampu untuk memanfaatkan potensi awakening ini. Selain membuat dia bisa melayang, Kid juga bisa bergerak dengan sangat cepat. Konsepnya mirip seperti kereta cepat Shinkansen. Dalam pertarungan, Kid bisa mengangkat musuh-musuhnya ke udara dan kemudian menjebak mereka di sana. Atau mungkin dia bisa langsung menjatuhkan musuhnya.

Menghadirkan Badai Listrik

Badai listrik merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi karena adanya sebuah proses fisika yang terjadi di awan. Ketika proses tersebut terjadi, biasanya awan akan berubah menjadi seperti sebuah baterai yang besar menghadirkan medan magnet. Dan bumi/tanah mengeluarkan medan magnet yang berlainan sehingga menghasilkan sebuah badai listrik.

Badai listrik ini tentunya bisa jadi sebuah keuntungan bagi Kid, terutama dalam sebuah pertempuran besar seperti yang akan terjadi dalam waktu dekat di mana dia bertarung menghadapi Shanks. Badai listrik ini bisa Kid arahkan ke arah musuh, yang kemudian membuat mereka akhirnya terkena sengatan listrik atau tersambar petir. Dengan begini, Kid akan mampu mengalahkan musuh dalam jumlah besar. Atau bisa juga Kid melapisi serangannya dengan listrik.

Menciptakan Medan Magnet Pelindung

Kid juga mampu menciptakan sebuah medan magnet (magnetic field) dari awakening buah iblisnya. Konsepnya mirip seperti Bari Bari no Mi milik Bartolomeo, namun tentunya dengan pendekatan magnet. Kid bisa memanfaatkan prinsip dua kutub yang saling berlawanan untuk menjauhkan musuh atau menghempaskan musuh. Atau mungkin Kid bisa menghadirkan semacam pelindung dari medan magnet tersebut.

Dengan begitu, ketika musuh berada dalam jarak yang dekat maka serangannya bisa ditahan atau terhempas karena efek magnet terebut. Memanfaatkan potensi ini jelas membuat Kid akan sulit untuk diserang dari jarak dekat. Kekuatan Haki atau bahkan Ryuo tentunya tidak akan mampu untuk menyerang Kid, berkat adanya medan magnet pelindung di tubuhnya.

Menghancurkan Tubuh Musuh dari Dalam

Selain menghempaskan musuh, medan magnet yang dihadirkan oleh Kid bisa juga digunakan untuk hal sebaliknya yaitu menarik musuh. Kekuatan mirip seperti salah satu teknik dari Yami Yami no Mi milik Blackbeard di mana dengan kekuatan gravitasi dia bisa menarik apa pun, bahkan makhluk hidup. Namun, bukan memanfaatkan gravitasi, Kid bisa memanfaatkan kekuatan magnet untuk melakukannya.

Hal ini bisa jadi cara bagi Kid untuk “mengganti” posisi Haki. Kid diketahui adalah salah satu karakter yang tidak memiliki Haki. Karena itu, dia bisa memanfaatkan potensi awakening ini untuk mengganti kemampuan Haki. Meskipun efeknya memang tidak akan terlalu signifikan, namun setidaknya Kid mampu menyerang lawan tanpa perlu menyentuhnya. Bahkan, mungkin ini juga bisa menjadi lawan bagi kekuatan Haki Shanks.

Dalam dunia One Piece dengan membangkitkan kekuatan buah iblis, penggunanya akan mampu memanfaatkan seluruh potensi dari buah iblisnya. Dan hal ini juga yang kemudian bisa dirasakan oleh Kid setelah berhasil membangkitkan kekuatan buah iblisnya. Beberapa poin di atas adalah contoh dari potensi yang bisa dimanfaatkan oleh Kid untuk memaksimalkan kekuatan buah iblis Jiki Jiki miliknya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.