Dalam sejarah Marvel yang sudah terbentang selama puluhan tahun, Nathaniel Richards alias Kang the Conqueror dan para variannya sering kali digambarkan sebagai musuh bebuyutan Avengers. Sebagai big bad villain yang terkenal licik, berbagai upaya pernah Kang lakukan baik off-screen maupun on-screen, agar ambisinya untuk menaklukkan realitas bisa terealisasi. Menariknya dalam satu satu kisah Marvel yang dirilis pada tahun 2021, seorang varian Kang pernah mendatangkan Evil Avengers untuk mengalahkan Avengers asli. Seperti apa tim Avengers baru ciptaan Kang ini? Mari kita bahas, Geeks.

Tim Ciptaan Kang untuk Counter Mech Strike

Evil Avengers ciptaan Kang ini pertama kali diceritakan oleh Jed MacKay, Carlos Magno, Guru-eFX, dan VC’s Cory Petit melalui kisah Avengers Mech Strike yang berlangsung di semesta alternatif. Kisah Marvel yang masih bisa dibilang baru ini awalnya bercerita tentang upaya Kang yang ingin menaklukkan semesta dengan meluncurkan sejumlah monster raksasa biomechanoid di Bumi. Hal ini lantas membuat Iron Man berinisiatif menciptakan mecha khusus Avengers untuk melawannya. Namun, siapa sangka ternyata selain biomechanoid, Kang masih punya Evil Avengers untuk membalas Mech Strike.

Debut di komik edisi terakhir Avengers Mech Strike #5, menurut Kang, Evil Avengers ini merupakan varian dari berbagai timeline yang memang sengaja didatangkan untuk menghabisi Avengers asli. Secara penampilan, para Evil Avengers lebih mirip monster daripada manusia, membuat mereka layak disebut tim supervillain paling mengerikan sepajang sejarah Marvel. Sebagai seorang apex predator, masing-masing anggota Evil Avengers ini mengklaim bahwa sebelum dibentuk oleh Kang, mereka telah lebih dahulu membantai para superhero di semestanya.

Di sisi lain, Avengers asli yang telah kelelahan karena sebelumnya bertarung melawan pasukan biomechanoid ciptaan Kang, tampak sangat kewalahan menghadapi kebrutalan Evil Avengers. Bahkan saat Iron Man memanggil para mecha Avengers untuk membalik arah pertempuran, hal tersebut masih belum cukup untuk mengalahkan Kang dan juga Evil Avengers yang makin mengamuk. Sehingga dalam prosesnya para Avengers asli hanya bisa terus bertarung sampai titik darah penghabisan. Mirisnya sejak awal para Evil Avengers memang mengincar darah mereka.

Avengers Buruk Rupa dari Berbagai Timeline

Seperti yang sudah disinggung di atas, Evil Avengers ciptaan Kang ini terdiri dari varian anggota Avengers yang telah membunuh tim Avengers-nya sendiri di timeline masing-masing. Berdasarkan hal tersebut, meskipun pada dasarnya mereka mempunyai tipe serangan dan pertahan yang sama, tetapi Evil Avengers sudah terbukti lebih hebat dan lebih kejam dari versi utamanya. Hal tersebut tergambar dengan sangat jelas dari penampilan buruk rupa ketujuh anggotanya yang terdiri dari:

  • Evil Hulk: Penampilannya mirip seperti centaur berkaki empat dengan banyak wajah mengerikan yang tersebar di sekujur tubuhnya. Berbeda dari Hulk utama, dia juga mempunyai kapak sebagai senjata andalannya.
  • Evil Spider-Man: Alih-alih muncul sebagai manusia laba-laba, tampilannya lebih mirip seperti monster laba-laba humanoid dengan empat kaki tambahan di punggunnya.
  • Evil Black Widow: Mungkin karena di semesta utama black widow adalah sebutan untuk salah satu jenis laba-laba, versi monsternya terlihat tampak seperti alien serangga yang semua kukunya sangat panjang dan tajam.
  • Evil Thor: Berbeda dari versi utama, versi jahat God of Thunder ini terlihat seperti monster banteng Minotaur dengan Mjolnir yang menempel pada tangannya.
  • Evil Captain Marvel: Melihat penampilannya yang mempunya sayap kelelawar, kemungkinan versi buruk rupa dari Captain Marvel ini adalah seorang skrull yang sebelumnya mencuri kekuatan super kosmik pejuang Kree.
  • Evil Iron Man: Meskipun sekilas tampak seperti android yang tubuhnya terbuat dari mesin, tetapi jika diperhatikan dengan seksama ternyata versi jahatnya ini masih memiliki kepala manusia lengkap dengan otak yang tersembunyi dengan buruk dibalik topengnya.
  • Evil Captain America: Penampilannya terlihat sangat abstrak dengan tangan kanan tambahan yang masing-masing memegang pedang. Sedangan perisai andalannya terliaht mempunyai duri tajam di sekelilingnya yang dapat dipakai juga untuk menyerang.

Melihat penampilan para Evil Avengers yang sangat menakutkan ini cukup masuk akal jika mereka memang telah membunuh para Avengers dan superhero di semesta asalnya. Karena jika mereka masih menjadi superhero, mungkin para manusia yang melihatnya akan langsung kabur karena menganggap mereka sebagai villain yang sesungguhnya.

Hanya Bisa Dikalahkan dengan Kekuatan Kosmik

Meskipun awalnya Avengers sempat kewalahan dengan Evil Avengers ciptaan Kang, tetapi menjelang ending Avengers Mech Strike, Black Panther diceritakan tiba-tiba muncul sebagai juru selamat yang baru saja mendapatkan kekuatan kosmik dari Eternity. Hasilnya, Black Panther bisa menghapus Kang dari keberadaan dan langsung melenyapkan Evil Avengers yang dibentuknya. Melalui ending yang cukup mengejutkan dan mendadak ini bisa kita simpulkan bahwa hanya kekuatan kosmik yang bisa mengalahkan Evil Avengers. Jika saja Black Panther tidak datang, mungkin Avengers asli akan terbunuh oleh mereka.

Itulah pembahasan tentang tim Evil Avengers ciptaan Kang the Conqueror yang terbukti mampu menandingi Avengers asli dan mecha khususnya. Selain kehebatan dan kengerian Evil Avengers yang sudah terbukti, di sisi lain kisah Avengers Mech Strike ini juga telah membuktikan bahwa Kang dan para variannya sebenarnya mempunyai kapabilitas untuk membentuk tim Avengers sendiri. Hal yang sama bukan tidak mungkin akan terulang kembali dengan kisah dan tingkat ancaman yang jauh lebih besar dari sebelumnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.