Terdapat beberapa kekuatan terkuat yang dimiliki oleh Kawaki yang membuatnya kini menjadi salah satu ancaman besar dalam cerita Boruto: Naruto Next Generation. Kawaki merupakan salah satu karakter utama selain Uzumaki Boruto di seriesnya. Pada awalnya, Kawaki diperkenalkan sebagai villain sebelum kemudian dia berubah menjadi sosok yang lebih kompleks pasca pertemuannya dengan Naruto.

Seperti halnya Boruto, Kawaki merupakan wadah bagi seorang Otsutsuki. Jika Boruto adalah wadah bagi Momoshiki Otsutsuki, maka Kawaki adalah wadah bagi Isshiki Otsutsuki. Kawaki sendiri akhirnya berhasil menyingkirkan sang Otsutsuki. Meskipun begitu, kekuatan Karma dalam tubuhnya ternyata masih tertinggal dan jadi sumber kekuatan utama dari Kawaki. Efeknya, Kawaki pun memiliki berbagai kekuatan terkuat yang membuatnya jadi ancaman besar. Apa saja kekuatan tersebut?

Penyerapan Chakra/Ninjutsu

Salah satu kekuatan terkuat yang dimiliki Kawaki adalah mampu menyerap chakra atau teknik ninja yang berdasarkan chakra alias Ninjutsu. Kemampuan milik Isshiki ini membuat penggunanya bisa menyerap dan menahan serangan siapa pun dengan cara menyerap serangan tersebut. Bahkan, jika mau, Kawaki bisa mengembalikan kekuatan tersebut dengan jauh lebih kuat.

Namun, ada beberapa pengecualian yang tidak bisa diserap oleh teknik ini. Misalnya teknik atau Jutsu yang memang dibuat atau berasal dari elemen asli. Contohnya adalah saat pertarungan melawan Isshiki, Kashin Koji sempat mengeluarkan kemampuan api miliknya. Namun, kemampuan tersebut terbukti ampuh menghadapi Isshiki karena api yang dikeluarkan berasal dari api asli dan bukan jutsu. Kawaki juga bisa menyerap chakra lawan dengan menempelkan telapak tangannya ke tubuh lawan.

Black Rods

Black Rods ataua Chakra Receivers atau Tongkat Chakra merupakan salah satu kekuatan terkuat lainnya yang dimiliki oleh Kawaki saat ini. Dengan menggunakan tongkat chakra tersebut, Kawaki mampu untuk melumpuhkan lawannya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menyerang titik chakra tertentu dari tubuh lawan, sehingga aliran chakra mereka terhenti dan membuat mereka tidak bisa bergerak atau mengeluarkan Jutsu.

Di sisi lain, menggunakan tongkat ini juga membuat lawannya bisa terluka sangat parah. Contoh nyatanya adalah ketika Isshiki berhasil melumpuhkan Naruto dan Sasuke. Kawaki juga hampir berhasil melukai Code dan bahkan Boruto dalam pertarungan mereka sebelumnya. Dengan teknik ini, wajar jika kemudian Kawaki jadi ancaman besar bagi lawannya.

Fire Release

Fire Release atau Teknik Pelepasan Api merupakan salah satu teknik yang cukup populer dan dahsyat di franchise Naruto. Meskipun begitu, teknik pelepasan ini masih belum terlalu dikuasai oleh Kawaki. Kawaki diketahui mampu untuk menggunakan teknik pelepasan api ini seperti yang diperlihatkan saat pertarungan melawan Momoshiki yang bangkit di tubuh Boruto. Namun, teknik ini memang jarang Kawaki gunakan.

Meskipun jarang digunakan bukan berarti kekuatan ini bisa diremehkan. Dipadukan dengan kekuatan Karma, bukan mustahil jika kemudian Fire Release atau teknik pelepasan api milik Kawaki akan jadi sangat berbahaya. Dan inilah alasan mengapa kemudian Fire Release jadi salah satu teknik terkuat yang dimiliki oleh Kawaki.

Ninjutsu Ruang Dan Waktu

Kekuatan dahsyat lainnya yang dimiliki oleh Kawaki adalah dia bisa melakukan semacam ninjutsu ruang dan waktu dan mampu melewati apa pun. Jigen sendiri memiliki akses untuk bisa pergi ke berbagai dimensi ketika dia menjadi wadah bagi Isshiki Otsutsuki. Boruto sendiri dalam chapter sebelumnya berhasil mempraktikan hal ini dengan membuka sebuah portal yang membawa Isshiki menjauh dari Konoha.

Dan ternyata Kawaki juga sudah mampu melakukannya, bahkan tanpa bantuan dari Boruto. Hal ini bisa kita lihat di chapter 77 kemarin, di mana Kawaki menculik Hinata dan juga Naruto di sebuah dimensi. Dalam dimensi tersebut, waktu benar-benar berhenti membuat keduanya tidak akan bertambah tua atau membutuhkan apa pun. Menarik tentunya untuk melihat penggunaan lain dari teknik ini kedepannya oleh Kawaki.

Kagebunshin/Shadow Clone

Sebenarnya, pada awalnya Kawaki tidak mampu untuk menggunakan Ninjutsu ini. Namun, berkat sosok Uzumaki Naruto yang kemudian menjadi mentornya pada akhirnya Kawaki pun mampu untuk menggunakan Jutsu ini. Memang, untuk saat ini, level kemampuan Kawaki sangat jauh di bawah Naruto. Diperlihatkan bagaimana Kawaki hanya mampu untuk menciptakan satu bayangan saja.

Meskipun begitu, bagaimana timing dan juga momen penggunaan teknik yang dilakukan oleh Kawaki bisa dibilang sangat cerdas. Contohnya adalah ketika dia berhasil mengelabui Isshiki, yang membuatnya bisa menghabisi nyawa Otsutsuki tersebut. Kemudian, dia bahkan berhasil menipu para shinobi Konoha dengan menciptakan kloningnya dan sosoknya yang asli “menghilang” dengan cara menghapus chakra uniknya.

Sukunahikona

Isshiki adalah karakter paling kuat di franchise Naruto dan merupakan Otsutsuki yang terkuat yang diperkenalkan sejauh ini, bahkan melebihi Kaguya. Dia memiliki Doujutsu misterius yang belum diketahui sampai saat ini. Yang pasti, Doujutsu tersebut mampu menghadirkan berbagai teknik yang mengerikan dan sangat kuat. Salah satunya adalah Sukunahikona.

Secara teknis, Doujutsu ini membuat Isshiki mampu mengecilkan benda tidak hidup apa pun menjadi seukuran mikroskopik. Benda-benda yang dikecilkan oleh teknik ini kemudian akan disimpan di sebuah dimensi, di mana penggunanya kapan pun bisa kembali menggunakannya. Meskipun tidak bisa diaplikasikan ke tubuh manusia lainnya, namun teknik ini bisa diaplikasikan ke tubuhnya sendiri. Kawaki sendiri beberapa kali menggunakan kekuatan ini. Misalnya, ketika dia berusaha untuk menghabisi Amado dan yang paling baru adalah ketika dia mengecil untuk kabur dan menculik Naruto serta Hinata.

Daikokuten

Daikokuten pada dasarnya adalah kebalikan dari Sukunahikona, di mana Daikokuten mampu membuat ukuran benda yang dikecilkan oleh Sukunahikona kembali ke ukuran semula. Bahkan, penggunanya bisa memperbesar ukuran dari benda apa pun yang mereka inginkan. Misalnya ketika Isshiki memperbesar kotak-kotak yang muncul saat pertarungan melawan Kashin Koji atau Naruto, Sasuke, dan Boruto.

Daikokuten juga pernah digunakan oleh Kawaki ketika dia bertarung melawan Code dan Boruto yang dikendalikan oleh Momoshiki. Saat itu, Kawaki hampir saja berhasil mengenai keduanya setelah menggunakan teknik ini untuk memperbesar kotak-kotak yang dia hadirkan. Namun, keduanya kemudian mampu untuk menghindari serangan tersebut. Teknik milik Isshiki ini sekarang menjadi salah satu teknik terkuat yang dimiliki oleh Kawaki.

Transformasi Karma/Peningkatan Kekuatan

Dari semua poin di atas, kekuatan terkuat yang dimiliki oleh Kawaki saat ini berkat Karma dari Isshiki adalah Transformasi Karma atau peningkatan kekuatan. Ketika segel tersebut aktif, maka kemampuan bertarung dan hal lainnya akan langsung meningkat. Hal ini karena Karma menyimpan data-data yang dimiliki oleh sang Otsutsuki, seperti pengalaman dan kemampuan bertarung.

Segel Karma tersebut, ketika potensinya berhasil secara penuh terlepas, akan menghadirkan bentuk yang sangat mirip seperti seorang Otsutsuki. Terdapat tanduk dan bahkan Doujutsu yang bisa digunakan. Hal ini bisa dilihat ketika Kawaki atau pun Boruto mengaktifkan kekuatan Karma milik mereka. Dan kemudian bisa terlihat bagaimana penampilan keduanya mengalami perubahan drastis, di mana terdapat pola Karma di bagian tubuh dan wajah serta tanduk.

Berkat kekuatan Karma Isshiki yang kembali dibangkitkan oleh Amado, sekarang Kawaki berubah menjadi salah satu karakter yang kuat di series Boruto. Namun, di sisi lain, dengan kekuatan terkuat dari Karma tersebut membuat Kawaki jadi berbahaya dan bahkan menjadi salah satu ancaman besar yang harus dihadapi oleh Konoha bahkan dunia shinobi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.