Sudah bukan hal aneh jika industri anime terinspirasi dari industri perfilman barat yang mana jadi alasan mengapa ada beberapa judul anime yang terinspirasi dari Star Wars. Franchise Star Wars merupakan salah satu franchise paling sukses, populer, dan sangat besar di dunia. Sudah ada banyak judul film, spinoff, buku, dan berbagai judul lain yang dihasilkan oleh franchise ini.

Yang menarik adalah George Lucas pernah mengatakan bahwa deretan judul film Star Wars yang dia produksi terinspirasi oleh gaya pembuatan film dari Akira Kurosawa, sutradara legendaris Jepang. Dan sebaliknya, Star Wars kini justru memberikan pengaruh atau memberikan inspirasi bagi banyak film-film produksi Jepang bahkan industri anime. Berikut adalah berbagai judul anime yang terinspirasi dari Star Wars.

Cowboy Bebop

Anime yang terinspirasi oleh Star Wars yang pertama adalah Cowboy Bebop. Diketahui jika anime ini secara khusus terinspirasi dari film Star Wars: Episode I – The Phantom Menace. Film The Phantom Menace dianggap sebagai salah satu film terburuk dari franchise Star Wars. Namun, sepertinya hal itu tidak menghentikan Shinichiro Watanabe untuk kemudian terinspirasi membuat series anime dari film tersebut.

Watanabe sendiri diminta oleh pihak Namco Bandai untuk menghadirkan sebuah series anime, karena anime dianggap sebagai lahan peluang bisnis yang besar. Apalagi untuk urusan pernak-pernik terutama mainan. Mereka ingin menjual mainan kapal luar angkasa dan meminta Watanabe untuk membuatkan series anime bertema luar angkasa. Cowboy Bebop sendiri benar-benar menghadirkan nuansa Star Wars dalam filmnya. Bahkan, bisa dibilang ini merupakan The Mandalorian atau The Book of Boba Fett dalam versi animasi.

Legend Of The Galactic Heroes

Legend of the Galactic Heroes dianggap sangat mirip dengan franchise Star Wars. Animenya sendiri tayang mulai dari 1988 sampai 1997, sedangkan versi novelnya rilis mulai dari 1982 sampai 1987. Salah satu bukti kesamaan dari keduanya adalah sama-sama menghadirkan pertempuran antara pemberontak luar angkasa menghadapi kerajaan penguasa di luar angkasa (galactic empire).

Ada juga sentuhan drama keluarga, politik, dan sebagainya. Bahkan, bisa dibilang unsur politik yang dihadirkan dalam cerita Legend of the Galactic Heroes jauh lebih kental daripada Star Wars. Animenya juga tentu menghadirkan elemen epik lainnya seperti pertempuran di luar angkasa dengan memanfaatkan berbagai kapal-kapal luar angkasa canggih. Buat Geeks penggemar series Andor atau Mobile Suit Gundam rasanya cocok untuk menyaksikan animenya.

Mobile Suit Gundam

Jika diperhatikan sekilas, Geeks mungkin heran mengapa Mobile Suit Gundam dianggap mirip dengan Star Wars. Namun, jika Geeks sadari bahwa ada elemen-elemen unik dari Star Wars yang muncul dalam cerita Mobile Suit Gundam. Contohnya pedang yang dihadirkan mirip dengan lightsaber. Selain itu, ada juga cerita pertempuran antara pemberontak dan penguasa galaksi.

Tidak lupa juga unsur politik dimasukan dalam ceritanya. Selain pedang laser yang dihadirkan mirip lightsaber, kita juga bisa melihat kapal White Base yang merupakan versi lebih besar dari Millenium Falcon. Amuro Ray dianggap memiliki kemiripan dengan sosok Luke Skywalker. Dan kesamaan yang juga paling jelas adalah kedua franchise ini sama-sama dianggap sebagai sebuah franchise yang sukses, baik secara cerita maupun finansial.

Code Geass

Berbicara mengenai pertempuran antara pihak pemberontak dan juga penguasa galaksi, selain Mobile Suit Gundam ada juga series anime lainnya yaitu Code Geass. Series anime ini dianggap menggambarkan seluruh inti cerita dari seluruh film orisinal Star Wars atau dari prekuelnya. Dibandingkan Mobile Suit Gundam, cerita yang dihadirkan dalam Code Geass dianggap jauh lebih kompleks.

Unsur politiknya jauh lebih kompleks di mana bukan hanya pertempuran antara pihak pemberontak dan pihak penguasa galaksi, ada juga unsur kolonialisme dan juga berbagai hal-hal unik lainnya. Pertarungan antara Lelouch vs Suzaku dianggap mirip seperti Anakin Skywalker vs Obi-Wan. Namun, Code Geass menghadirkan sesuatu yang lebih ekstrem seperti yang diperlihatkan oleh Lelouch.

Space Dandy

Untuk sebuah series anime yang memparodikan berbagai judul fiksi ilmiah dan juga cerita luar angkasa, Space Dandy cukup banyak memperlihatkan pengaruhnya dari karya-karya George Lucas. Space Dandy menghadirkan cerita di mana protagonisnya, Dandy, adalah pemburu alien dan dia pun menjadi sebuah peradaban baru. Fokus ceritanya memang tidak terlalu banyak menghadirkan elemen Star Wars seperti beberapa judul di atas. Namun, animenya masih menghadirkan hal-hal menarik seperti skema memburu penjahat. Yang juga disayangkan adalah Space Dandy adalah salah satu series yang underrated.

My Hero Academia

Tidak semua series anime yang terinspirasi dari Star Wars bertema tentang luar angkasa. Ada juga series anime yang mengangkat tema tentang pahlawan super seperti My Hero Academia. Sudah banyak diketahui jika Kohei Horikoshi, kreator My Hero Academia, memang begitu terpengaruh oleh berbagai media dan film-film barat terutama film fiksi ilmiah. Beberapa bukti kemiripan MHA dan Star Wars adalah kemiripan nama dan juga peran.

Misalnya masalah keluarga yang kemudian berujung pada perubahan karakter, seperti yang terjadi kepada Dabi dan Shigaraki. Deku dan Tomura dianggap sebagai cerminan dari Luke dan Vader atau Rey dan Kylo Ren. Dari sisi cerita, ada juga beberapa elemen yang sama. Misalnya bagaimana All Might yang mirip seperti Obi-Wan.

Neon Genesis Evangelion

Buat Geeks yang mencari ceri anime yang menghadirkan “sisi gelap” dari cerita Star Wars, maka Neon Genesis Evangelion adalah jawabannya. Seriesnya sendiri bercerita tentang Shinji Ikari, seorang pemuda yang harus menjadi pilot bagi sebuah robot humanoid berteknologi tinggi alias Evangelion. Tujuannya adalah menyelamatkan dunianya, yaitu Tokyo-3 dari serangan makhluk luar angkasa.

Neon Genesis Evangelion dianggap menghadirkan banyak sekali tema-tema dalam seriesnya yang mirip dengan universe Star Wars. Misalnya persenjataan yang canggih dang modern, teknologi yang luar biasa, pertempuran luar angkasa yang mengundang decak kagum, dan sebagainya. Satu hal penting lainnya adalah kompleksitas cerita dari Neon Genesis Evangelion menjadi cerita yang paling berpengaruh di industri anime Jepang.

Sebagai pionir film fiksi ilmiah luar angkasa, franchise Star Wars memang berhasil memberikan pengaruh besar di industri perfilman Hollywood bahkan dunia. Dan buktinya adalah ada beberapa judul dari series anime yang terinspirasi dari franchise yang dibangun oleh George Lucas tersebut. Inspirasi yang dihadirkan sendiri beragam. Ada yang melalui cerita, karakter, atau berbagai elemen lainnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.