Pohon suci merupakan hal yang sakral bagi para klan Otsutsuki dan ini juga yang jadi tujuan utama mereka dalam menjelajahi berbagai planet di franchise Naruto. Dalam franchise Naruto, kita diperkenalkan oleh sebuah klan yang tidak biasa yaitu Otsutsuki. Sampai sejauh ini, sang kreator, Masashi Kishimoto masih belum memberikan informasi apa pun terkait asal usul dari klan Otsutsuki.

Meskipun begitu, satu hal yang pasti mereka adalah klan yang berasal dari luar planet bumi. Mereka juga diketahui mampu untuk hidup abadi. Klan Otsutsuki sendiri bisa dibilang adalah klan “penjajah” karena seluruh anggota klan ini akan disebar ke berbagai planet. Para klan Otsutsuki memiliki misi untuk menanam sebuah pohon suci di sebuah planet. Namun, mungkin sebagian dari Geeks masih ada yang bingung mengenai apa sebenarnya pohon suci.

Pohon Dengan Kekuatan Dahsyat

Pohon suci atau god tree merupakan sebuah pohon yang berukuran raksasa yang tidak biasa. Pohon ini diketahui memiliki kekuatan yang sangat dahsyat dan butuh cara yang tidak biasa untuk kemudian menanamnya dan kemudian memanennya. Untuk bisa memanen buah chakra di pohon Suci ini dibutuhkan proses yang sangat panjang dan juga lama.

Pohon suci diketahui akan tumbuh dengan cara menyerap energi yang ada di sebuah planet yang kemudian terkumpul dalam jangka waktu ribuan tahun. Pohon suci juga lahir dari monster berekor sepuluh, di mana monster tersebut menjadi bagian penting agar bisa pohon ini tumbuh. Agar pohonnya bisa tumbuh menjadi seperti yang diinginkan, perlu ada persembahan nyawa seorang Otsutsuki kepada monster tersebut.

Semakin kuat dan sehat persembahannya, maka semakin kuat juga buah chakra yang dihasilkan. Inilah alasan mengapa kemudian setiap Otsutsuki yang dikirim untuk memanen pohon suci datang ke sebuah planet secara berpasang-pasangan. Karena, salah satu dari mereka akan dikorbankan untuk menjadi persembahan bagi pohon suci. Dan ini juga yang kemudian jadi alasan mengapa Isshiki memerintahkan Code untuk mengincar nyawa Boruto dan Kawaki.

Mengingat mereka berdua sudah menjadi seorang Otsutsuki, apalagi dengan Karma yang dahsyat, mereka adalah persembahan yang baik bagi pohon suci di bumi. Selain itu, dibutuhkan juga sebuah wadah berupa tubuh seseorang untuk bisa menggantikan tubuh Otsutsuki yang dijadikan persembahan. Mereka melakukan hal tersebut melalui sebuah proses Otsutsukifikasi dalam Karma.

Hal ini bisa kita lihat dalam cerita di series Boruto: Naruto Next Generation yang masih berjalan sampai saat ini. Contoh nyata dari hal ini adalah Momoshiki yang menanamkan Karma miliknya ke tubuh Boruto di awal cerita. Atau bahkan Isshiki yang tidak sengaja membuat Jigen menjadi wadahnya. Inilah cara bagi klan Otsutsuki untuk bisa terus hidup alias abadi.

Buah Chakra Incaran Otsutsuki

Setelah semua proses dan persyaratan untuk memanen pohon suci sudah terpenuhi dalam waktu seribu tahun biasanya pohon ini akan menghasilkan buah yang kemudian disebut sebagai ‘buah chakra.’ Inilah yang kemudian jadi alasan utama mengapa setiap anggota Otsutsuki sering melakukan perjalanan melakukan eksplorasi berbagai planet di dunia Naruto. Tujuannya adalah untuk memanen buah chakra dari Pohon Suci.

Mengapa kemudian para Otsutsuki rela melakukan perjalanan jauh dan menunggu lama untuk buah chakra? Tujuannya adalah tidak lain untuk meningkatkan kekuatan dan kemampuan mereka. Dengan penyerapan energi dari sebuah planet yang terkumpul, buah chakra bisa membuat mereka tetap muda dan hidup lebih lama. Namun, meningkatkan kekuatan mereka adalah prioritas mengapa mereka sangat mengincar buah chakra.

Dalam salah satu chapter kemarin, di mana Isshiki meminta Code untuk memakan buah chakra setelah kematiannya, disebutkan bahwa semakin banyak Code memakan buah chakra maka semakin besar peningkatan kekuatannya. Bahkan, diyakini ketika seorang Otsutsuki sudah memakan cukup atau banyak buah chakra yang membuat kekuatan mereka meningkat drastis maka mereka akan berubah menjadi sosok dewa Otsutsuki.

Shibai Otsutsuki, sosok dewa Otsutsuki yang diperkenalkan Amado di chapter 75 kemarin, diyakini bisa jadi dewa Otsutsuki setelah memakan banyak buah chakra. Namun, hal ini masih butuh pembuktian lebih lanjut. Selain klan Otsutsuki, manusia biasa diketahui tidak bisa mengonsumsi buah chakra seperti yang dijelaskan oleh Orochimaru dalam cerita di animenya.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan tubuh manusia tidak bisa menampung begitu banyak energi atau pun chakra yang dihasilkan dari buah chakra. Tubuh manusia biasa dan Otsutsuki memiliki struktur yang sagat jauh berbeda. Tubuh manusia biasa bisa hancur ketika mencoba untuk mengonsumsi buah chakra tersebut. Bahkan, Isshiki sendiri mengakui jika tubuh Jigen sangat lemah.

Simbolisme Pohon Suci

Bagi klan Otsutsuki, pohon suci adalah sesuatu yang sakral. Karena, ini menjadi jalan bagi mereka untuk mencapai “level tertinggi” alias menjadi sosok dewa. Karena itulah, mereka kemudian melarang manusia untuk memakan atau bahkan menyentuh pohon suci dan buah chakra. Dengan ukurannya yang sangat besar, pohon suci sering kali dianggap sebagai sesuatu yang luar biasa penuh dengan nuansa mistis oleh para manusia.

Bahkan, tidak jarang juga manusia yang justru memuja pohon tersebut. Ada efek negatif yang dihasilkan dari tumbuhnya pohon ini di sebuah planet yaitu hancurnya seluruh kehidupan dan peradaban yang ada di planetnya. Seperti disebutkan di atas pohon suci diketahui tumbuh dengan menyerap energi kehidupan yang ada di sebuah planet yang sudah terjadi selama ribuan tahun.

Termasuk juga energi kehidupan yang sedang terjadi sekarang. Ketika semua energi kehidupan tersebut berhasil diserap oleh Pohon Suci, maka bisa dipastikan planet tersebut akan hancur. Di sisi lain, pohon suci ini banyak diyakini menjadi perwujudan dari kebudayaan atau mitologi lain. Contohnya, pohon suci dan buah chakra dianggap sebagai buah terlarang yang ada di surga yang membuat Adam dan Hawa diusir dari sana.

Bisa jadi juga Kishimoto menghadirkan pohon suci ini sebagai perwujudan dari Yggdrasil atau pohon kehidupan yang ada di mitologi Nordik. Meskipun hal ini hanya sekedar spekulasi di kalangan fans, yang pasti dampak besar dari pohon suci memang benar-benar nyata. Dan bahkan, pohon suci juga kini jadi ancaman besar bagi seluruh dunia yang menambah kompleksitas cerita di franchise Naruto.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.