Eiichiro Oda memberikan petunjuk bahwa kemungkinan Sanji akan mendapatkan upgrade atau peningkatan kekuatan pada masa yang akan datang dalam cerita One Piece. Seperti yang Geeks ketahui sosok Sanji adalah bagian dari trio monster Topi Jerami, selain juga Zoro dan Luffy. Mereka bertiga adalah kru terkuat dibandingkan kru lainnya sebelum posisinya kemudian “digeser” oleh Jinbe.

Meskipun begitu, hal tersebut tidak merubah fakta bahwa Sanji tetap adalah salah satu karakter yang terkuat di kru Topi Jerami. Dan hal ini dibuktikan dengan mereka bertiga lebih banyak terlibat dalam pertarungan dibandingkan dengan karakter lainnya. Berbicara mengenai Sanji dan kekuatannya, terdapat spekulasi jika Oda Sensei mungkin akan memberikan peningkatan kekuatan atau upgrade kepada karakternya.

Level Kekuatan Sanji

Seperti apa level kekuatan Sanji saat ini? Di sepanjang cerita One Piece sosok Sanji Vinsmoke memang digambarkan sebagai salah satu kru terkuat di kelompok Topi Jerami. Namun, dibandingkan dengan Luffy dan juga Zoro, memang peningkatan kekuatan dari Sanji bisa terbilang sangat lambat. Dari ketiganya, bisa dianggap jika Sanji menjadi yang terakhir yang mendapatkan peningkatan kekuatan.

Terlepas dari apakah ini merupakan rencana besar yang memang disiapkan oleh Oda Sensei, namun perlahan Oda mulai memberikan peningkatan kekuatan kepada Sanji secara drastis. Hal tersebut dimulai dari latihan yang dia lakukan selama di kerajaan Kamabakka saat timeskip terjadi. Setelah berlatih dengan Emporio Ivankov, peningkatan kekuatan Sanji benar-benar dahsyat.

Kecepatan serangan dari Sanji meningkat setelah dipaksa terus berlari selama di sana. Kemudian, kekuatan serangannya juga semakin dahsyat. Namun, Sanji kemudian harus merasakan rasa sakit yang luar biasa setelah kakinya retak dalam pertarungan melawan Vergo. Peningkatan kekuatan kemudian terjadi di arc Wano Country. Hal ini terjadi setelah Sanji menggunakan Raid Suit yang diberikan oleh keluarganya dalam arc Whole Cake Island.

Seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya, Sanji mengalami sebuah peristiwa aneh. Tubuhnya tiba-tiba menjadi sangat kuat, bahkan luka-luka di tubuhnya bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu yang sangat cepat. Ternyata, hal tersebut terjadi berkat Raid Suit yang dia kenakan mampu mengaktifkan “potensi tersembunyi” dari sosok Sanji. Seperti yang Geeks ketahui, Sanji berbeda dari saudara-saudaranya yang lain.

Meskipun Judge sempat melakukan rekayasa genetik terhadap Sanji, tetapi sang ibu, Sora, berhasil merubah hal tersebut. Inilah yang kemudian membuat Sanji dianggap lebih kuat dan unggul. Dan tanpa disadari, Raid Suit berhasil mengaktifkan kekuatan Sanji yang tersembunyi. Hal ini bisa kita lihat dalam pertarungannya melawan Queen. Dalam pertarungan tersebut, pedang yang digunakan oleh Queen untuk menyerang Sanji pun hancur akibat tubuh Sanji yang tiba-tiba menjadi keras.

Tetapi, yang paling epik tentunya adalah peningkatan kecepatan sampai ke level yang paling dahsyat. Dalam pertarungan melawan Queen kita melihat bagaimana Sanji mampu bergerak dengan luar biasa cepat. Bahkan, kecepatan tersebut dianggap oleh Queen mampu untuk membuat Sanji “menghilang.” Kecepatan ini juga membuat Sanji memiliki teknik tendangan dahsyat lainnya yaitu Ifrit Jambe yang jadi cara untuk mengalahkan Queen.

Dapatkan Upgrade Kekuatan

Namun, sepertinya Oda Sensei masih belum akan berhenti untuk meningkatkan kekuatan bagi sosok Sanji. Hal ini diketahui dalam kolom SBS terbaru Volume 105. Salah satu pertanyaan yang muncul di kolom tersebut adalah tentang perubahan alis dari Sanji saat pertarungan melawan Queen di arc Wano. Oda pun kemudian menjelaskan jika perubahan tersebut memang diakibatkan oleh Raid Suit.

Di akhir jawabannya, Oda memberikan jawaban yang menarik. Oda meminta kepada para fans untuk tetap memperhatikan sosok Sanji di masa depan. Hal ini bisa diartikan bahwa mungkin Oda Sensei akan menghadirkan kejutan lain terkait Sanji. Dan salah satu hal yang mungkin akan terjadi berdasarkan petunjuk tersebut adalah peningkatan kekuatan atau upgrade kekuatan.

Apakah Sanji sudah berhasil membangkitkan kekuatan terbesar dalam dirinya? Itulah yang menjadi salah satu pertanyaan para fans saat ini. Melihat kekuatan yang sudah dihadirkan sampai sejauh ini, kemungkinan Oda Sensei sudah menghadirkan kurang lebih 70% – 80% dari seluruh kekuatan Sanji. Artinya, memang bukan hal yang mustahil jika kemudian Oda Sensei akan kembali memberikan upgrade kekuatan kepada Sanji.

Lagipula, seperti yang banyak disebutkan di artikel lain, kelompok Topi Jerami akan berhadapan dengan lawan kuat di akhir cerita. Contohnya adalah kru Blackbeard dan juga tentunya World Government. Bahkan, ada juga spekulasi jika Sanji akan berhadapan dengan salah satu Gorosei. Mengingat mereka bukanlah sosok biasa, artinya level kekuatan Sanji – dan yang lain – perlu untuk meningkat lagi.

Efek rekayasa genetik dari Vinsmoke Judge kemungkinan masih akan memiliki peranan besar dalam peningkatan kekuatan tersebut. Belum lagi saat ini Sanji sedang berada di pulau Egghead dan bersama sosok Vegapunk, yang juga sangat mengenal sistem Lineage Factor dan rekayasa genetik. Vegapunk mungkin akan membantu membuka potensi penuh dari Sanji melalui pengetahuannya tentang Lineage Factor.

Bentuk Peningkatan Sanji

Dengan level kekuatan Sanji saat ini, lalu seperti apa peningkatan kekuatan Sanji nantinya? Dari apa yang sudah diperlihatkan di arc sebelumnya, kemungkinan upgrade kekuatan Sanji masih berkaitan dengan tiga hal; durabilitas atau daya tahan, kecepatan, dan juga kekuatan tendangan. Mungkin, selain healing factor akan ada hal luar biasa lainnya dari tubuh Sanji.

Misalnya, bukan hanya berlari di udara namun Sanji akan benar-benar mampu untuk melayang di udara. Kemudian, tendangan Sanji juga akan semakin dahsyat di mana kekuatan api dari teknik Jambe miliknya akan jauh lebih kuat dan dahsyat serta lebih panas. Bisa juga Oda akan memberikan upgrade kekuatan yang mungkin akan berbeda atau di luar dari tiga hal tentang Sanji.

Misalnya akan ada kekuatan baru yang sama sekali belum pernah diperlihatkan sebelumnya, seperti awakening yang dilakukan oleh Luffy atau kekuatan dahsyat dari Zoro dengan Enma dan kekuatan Haki. Dan berbicara kekuatan Haki, bisa jadi juga Armament Haki Sanji akan mengalami peningkatan yang mana membuat serangannya akan jadi jauh lebih berbahaya dan mengerikan. Kita nantikan saja ya Geeks seperti apa upgrade kekuatan dari Sanji pada masa yang akan datang!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.