Dalam cerita One Piece sosok Gol D. Roger dikenal sebagai raja bajak laut, namun masih ada berbagai misteri yang menyelimuti dari sosok tersebut. Siapa yang tidak kenal dengan nama Gol D. Roger. Dia adalah bajak laut pertama yang diketahui berhasil pergi ke pulau terakhir, Laugh Tale, dalam waktu 800 tahun terakhir.

Setelah keberhasilannya untuk pergi ke Laugh Tale, sayangnya Roger memutuskan untuk menyerahkan diri kepada pihak angkatan laut. Hal itu membuatnya harus dieksekusi mati. Namun, sebelum kematiannya, dia sempat membuka era baru bajak laut di mana dia mengatakan jika One Piece itu nyata. Yang menarik adalah Roger memiliki beberapa misteri yang masih belum terungkap. Apa saja?

Hubungannya Dengan Portgas D. Rogue

Eiichiro Oda pernah mengatakan jika One Piece bukanlah series manga atau anime yang menghadirkan momen romansa dalam ceritanya. Dan hal ini memang terbukti di mana di sepanjang hampir 25 tahun kemunculannya, One Piece hampir tidak pernah mengahdirkan cerita romansa dari para karakternya. Hanya ada beberapa cerita romansa yang sudah dihadirkan oleh Oda, salah satunya adalah hubungan Roger dan Rogue.

Rogue merupakan istri dari Roger dan juga ibu dari Portgas D. Ace. Dia sengaja mengandung Ace dalam waktu yang lama pasca kematian Roger, demi menghindari eksekusi dari angkatan laut. Namun, sayangnya, Rogue meninggal setelah melahirkan Ace. Yang jadi pertanyaan besar para fans adalah bagaimana hubungan awal mereka bisa terjalin? Pasalnya, Roger lebih sering diperlihatkan berpetualang bersama krunya. Apakah mungkin ceritanya sama seperti Kozuki Oden dan Toki? Apakah Roger sengaja mencari sosok yang sama-sama keturunan klan D?

Siapa Yang Melatih Roger

Menjadi seorang raja bajak laut tentunya sosok Gol D. Roger bukanlah karakter biasa. Level kekuatannya tentu tidak main-main. Bahkan, Roger disebut-sebut memiliki kekuatan yang setara degan Whitebeard, manusia paling kuat di seluruh dunia One Piece. Kekuatannya juga diakui oleh Kaido, angkatan laut, dan semua pihak yang ada di dunia One Piece.

Roger diketahui tidak memiliki kekuatan buah iblis dan hanya mengandalkan Haki. Dia juga merupakan salah satu ahli pedang yang luar biasa. Dengan kekuatan yang luar biasa tersebut siapa yang kemudian mengajari Roger berbagai hal yang dia ketahui? Siapa yang melatih kemampuan berpedangnya? Siapa yang mengajarkannya berbagai teknik Haki? Para fans sendiri sempat menduga jika Rayleigh pernah mengajari Roger, yang mana hal itu cukup masuk akal. Namun, bagaimana dengan kemampuannya yang lain?

Tawa Roger di Laugh Tale

Menurut kilas balik Kozuki Oden di babak kedua arc Wano Country, nama Laugh Tale muncul setelah Gol D. Roger dan krunya berhasil pergi ke sana, menemukan harta karun One Piece. Yang menarik dan jadi misteri adalah mereka semua kemudian tertawa keras dengan apa yang dibaca di salah satu Poneglyph. Sampai saat ini, hal tersebut masih menjadi sebuah misteri besar.

Mengapa Roger tertawa? Apa yang Roger tertawakan di Poneglyph tersebut? Banyak spekulasi dan juga teori yang mencoba menjelaskan mengenai hal tersebut. Misalnya, teori bahwa Roger tertawa mengetahui apa yang terjadi pada masa yang hilang. Dia menganggap semua hal tersebut sebagai sesuatu yang sangat lucu. Ada juga yang berspekulasi bahwa tawa tersebut adalah cara dia dan krunya menertawakan semua “kegagalan” yang terjadi akibat Roger yang tiba terlalu cepat.

Tangisan Shanks

Setelah Roger kembali dari pulau Laugh Tale terdapat sebuah momen haru di mana Shanks menangis sambil memegang tubuh Roger. Seperti yang disebutkan oleh Oden dalam jurnalnya, dia pun bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi? Mengapa kemudian Shanks menangis seperti itu? Hubungan antara Shanks dan Roger memang diketahui sangat dekat. Roger menemukan Shanks saat dia masih bayi.

Ketika itu, Shanks disimpan di dalam kotak peti yang ada di God Valley dan Roger menemukannya saat mereka pergi dari sana. Banyak spekulasi yang kemudian muncul di kalangan fans terkait tangisan tersebut. Misalnya, Shanks sedih karena harus berpisah dengan Roger. Ada juga spekulasi jika Shanks sedih saat tahu kondisi kesehatan Roger. Namun, apakah ada hal yang jauh lebih mendalam dari hal tersebut?

Apa Mimpi Besar Roger

Selain berbagai misteri di atas, ada satu misteri besar dari Roger yang juga jadi salah satu misteri terbesar dalam cerita One Piece. Misteri tersebut adalah mimpi terbesar dari Gol D. Roger. Pasca pertarungan selama tiga hari di sebuah pulau, Roger sempat mengungkapkan mimpi besarnya kepada Whitebeard dan Kozuki Oden. Dan mereka berdua nampak terkejut dan tidak percaya dengan apa yang diucapkan oleh Roger.

Apa sebenarnya mimpi besar dari Roger tersebut? Mengapa kemudian hal tersebut adalah kaitannya dengan penemuan One Piece? Sayangnya, sampai sekarang, kita masih belum menemukan jawaban dari hal tersebut. Yang menarik adalah apa yang diduga menjadi mimpi besar dari Roger kemungkinan mirip dengan mimpi besar yang juga dimiliki oleh Monkey D. Luffy. Pasalnya, orang-orang terdekatnya, seperti kru Topi Jerami dan Sabo serta Ace, menunjukan reaksi yang sama dengan Oden dan Whitebeard.

Misteri sepertinya memang sudah menjadi salah satu hal yang tidak terpisahkan dari cerita One Piece karya Eiichiro Oda. Ada banyak pertanyaan besar yang muncul di sepanjang kemunculannya selama lebih dari dua dekade ini. Termasuk salah satunya adalah berbagai misteri besar dari sosok Gol D. Roger. Dengan cerita yang akan segera berakhir, mungkin Oda Sensei akhirnya akan ungkap semua misteri tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.