Sudah menjadi rahasia umum bahwa sosok di balik identitas Kang the Conqueror adalah Nathaniel Richards, seorang pria masa depan dari abad 30 yang punya hobi menaklukkan realitas lain. Kebiasaannya yang sering mengacaukan timeline, pada akhirnya melahirkan banyak varian Kang yang eksis secara bersamaan di multiverse, di mana ternyata lima di antaranya justru hadir sebagai seorang wanita. Walaupun begitu, ambisi dan kekuatannya masih menjadikan para varian wanita Kang ini tetap menjadi sosok yang sangat tangguh di Marvel Universe. Penasaran siapa saja mereka? Simak daftarnya di bawah ini.

Kang-Nebula

Jika kalian penggemar setia Kang the Conqueror pasti tahu siapa pujaan hatinya. Dia adalah Ravonna Renslayer yang eksis sebagai seorang putri pada abad ke-40. Karena dendamnya kepada Kang yang telah menghancurkan kerajaan masa depan ayahnya, Ravonna pada akhirnya memutuskan untuk menjadi salah satu varian wanita Kang benama Kang-Nebula, lengkap dengan kostum dan sejumlah teknologi time travel yang menjadi ciri khasnya. Dia bahkan menjadi bagian dari Council of Kangs yang hanya menerima varian Kang sebagai anggotanya. Dalam sejarahnya, dia pernah diceritakan bertempur melawan Avengers, bahkan menyerang Kang utama di markasnya yang disebut Chronopolis.

Kamala Kang

Varian wanita Kang selanjutnya yang terlahir akibat proses penyatuan karakter di peristiwa Infinity Warps adalah Kamala Kang, gabungan antara superhero Kamala Khan alias Ms. Marvel dan supervillain nathaniel Richards alias Kang the Conqueror. Setelah kedua karakter, origin, dan nama mereka menyatu menjadi Kamala Kang, varian ini justru lebih memilih untuk menggunakan teknologi time travel dan kemampuan supernya untuk mengubah sejarahnya sendiri, bukan untuk menaklukkan realitas lain. Sayangnya yang Kamala Kang lakukan justru malah membuat sejarahnya makin kacau dan berujung tragis, di mana ayahnya Yusuf Kang harus meninggal dunia karena tertabrak truk.

Ultimate Kang

Superhero lainnya yang pernah diceritakan menjadi varian wanita Kang ialah Susan Storm alias Invisible Woman dari Fantastic Four. Hadir sebagai Kang the Conqueror yang eksis di semestanya, perubahan karakter Sue dimulai setelah dirinya mengalami gangguan mental akibat banyak superhero yang meninggal di hadapan matanya. Hal tersebut lantas membuat Sue sangat berambisi untuk mengubah masa lalu agar para superhero, sahabat, sekaligus orang terkasinya bisa hidup kembali. Saking besarnya duka sekaligus gangguan mental yang dialaminya, Sue yang telah menjadi Ultimate Kang bahkan tidak ragu membunuh para superhero yang menghalanginya.

Kang Exiles

Tidak banyak yang tahu bahwa dalam kisah Exiles Vol. 2, ada dua varian wanita Kang yang muncul dan memainkan peran cukup penting dalam pertempuran tim superhero multiverse Exiles melawan Kang the Time-Eater yang mendapatkan kekuatan kosmik setelah membunuh Galactus. Faktanya, varian wanita Nathaniel Richards yang pertama justru memilih untuk membantu Exiles untuk memperbaiki semua timeline yang telah dirusaknya. Termasuk memberikan pendapat dan arahan berharga agar para Exiles yang terdiri dari Iron Lad (varian muda Kang), America Chavez, dan lain sebaginya, bisa membalik bencama tingkat multiverse yang disebabkan oleh Time-Eater.

Kang Weapon X

Berbeda dengan Kang yang membantu Exiles, varian wanita Nathaniel Richards yang kedua justru lebih memilih untuk menghalangi upaya Exiles dengan membentuk tim super tandingan yang disebut Weapon X. Salah satu alasan dia melakukan hal tersebut sepertinya karena ingin mengalahkan varian Kang yang menurutnya malah mempermalukan nama Kang dengan membantu superhero. Meskipun Kang vs Kang ini berhasil dimenangkan oleh Time-Eater, tetapi pada akhirnya Exiles berhasil membalik keadaan dengan mengalahkan Weapon X sekaligus membalik semua perbuatan yang telah dilakukan oleh para Kang jahat, sehingga multiverse bisa kembali seperti semula.

Itulah lima varian wanita Kang the Conqueror yang pernah Marvel perkenalkan di semesta komiknya. Eksistensi dari para wanita tangguh yang menjadi Kang ini telah membuktikan bahwa karakter varian tidak selalu sama antara satu dengan yang lainnya. Karena pada kenyataannya konsep multiverse justru membuat semua kemungkinan menjadi tidak terbatas, termasuk kepada penjelajah waktu sekelas Nathaniel Richards yang ternyata dapat berpengaruh juga terhadap nama dan jenis kelamin variannya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.