Fakta tentang ibu dari Roronoa Zoro seolah membuka kembali spekulasi lama para fans One Piece jika sosok Imu adalah ibu dari Monkey D. Luffy. Teka-teki keluarga Monkey memang menjadi salah satu misteri sekaligus daya tarik tersendiri bagi para fans. Mereka penasaran dengan keluarga yang tidak biasa ini. Garp adalah seorang pahlawan angkatan laut yang menjadi saksi sejarah dunia.

Monkey D. Dragon adalah pemimpin Pasukan Revolusi yang jadi buronan paling dicari oleh World Government. Sedangkan, saat ini, Monkey D. Luffy adalah karakter yang jadi harapan bagi seluruh dunia. Dia adalah sosok juru selamat yang merupakan reinkarnasi Joy Boy. Yang menarik adalah banyak spekulasi jika sosok Imu adalah ibu dari Monkey D. Luffy.

Siapa Im/Imu

Im atau Imu Sama adalah karakter yang muncul pertama kali dalam arc Reverie. Sayangnya, sampai sekarang, Eiichiro Oda masih belum mau memberikan informasi apa pun terkait sosok Im. Dalam ceritanya, Im terlihat cukup tinggi dengan sebuah mahkota. Sosok aslinya sendiri masih misterius karena semuanya masih tertutupi oleh siluet. Hanya bagian matanya saja yang sudah Oda perlihatkan.

Im sendiri diketahui merupakan pemimpin tertinggi dari World Government, di mana para Gorosei pun bertekuk lutut di hadapannya. Siapa sebenarnya Im masih jadi salah satu misteri besar. Meskipun begitu, banyak spekulasi yang kemudian muncul terkait sosok Im. Misalnya, Im merupakan sosok yang pernah terlibat dalam perang besar pada 800 tahun yang lalu saat era abad yang hilang.

Im diduga adalah sosok abadi yang kemudian mampu bertahan hingga sekarang dan jadi penguasa dunia. Ada juga spekulasi yang menyebutkan bahwa Im atau Imu adalah pencipta dari buah iblis. Namun, satu spekulasi atau teori yang cukup menarik tentang sosok Im adalah disebutkan jika kemungkinan Im adalah ibu dari sosok Monkey D. Luffy. Namun, benarkah demikian?

Benarkah Im/Imu Ibu Luffy

Sejauh ini, Oda belum pernah memperlihatkan ibu dari Luffy, terlepas dia sudah memperlihatkan siapa sosok ayahnya dan juga kakeknya. Hal ini tentunya menjadi salah satu misteri di kalangan para fans. Spekulasi tentang Im/Imu adalah ibu Luffy sebenarnya sudah cukup lama muncul di kalangan fans. Hal ini terkait dengan munculnya spekulasi atau teori yang lain, di mana disebutkan dalam teorinya jika ibu dari Luffy atau istri Dragon merupakan bagian dari kaum naga langit.

Keduanya hidup bahagia sampai sang ibu melahirkan Luffy. Hanya saja sebuah kejadian membuat Dragon dan sang Ibu terpisahkan. Inilah yang kemudian dianggap menjadi penyebab mengapa kemudian Dragon membenci kaum naga langit dan berusaha untuk menghancurkan mereka, selain juga berbagai tindakan keji dan mengerikan yang sudah mereka lakukan. Karena hal ini juga, Luffy kemudian dititipkan di desa Fusha kepada sang kakek, yaitu Monkey D. Garp.

Selain itu hal yang juga dianggap sebagai petunjuk dari teori tersebut adalah Imu sangat paham mengenai kemampuan dan kekuatan Luffy dan dia diperlihatkan seolah memiliki koneksi kuat dengan sosok Luffy. Hal ini terlihat ketika dia memegang poster buruan Luffy dan marah, selain juga memegang poster buruan lainnya seperti Blackbeard, Shirahoshi, dan juga Vivi.

Teori ini kembali muncul sejak kemarin di kalangan para fans berkat penjelasan Oda Sensei terkait silsilah keluarga dari Roronoa Zoro di kolom SBS volume terbaru. Dalam penjelasan tersebut diketahui jika ibu dari Zoro adalah putri dari seorang penjahat yang bernama Terra. Para fans pun langsung berpendapat jika hal ini berkaitan dengan ibu trio monster kru Topi Jerami.

Dalam hal ini, para fans meyakini jika ibu dari Sanji adalah Sora – yang berarti langit – dan Terra – yang berarti tanah – maka ibu dari Luffy adalah Imu atau Umi yang berarti laut. Yang tidak kalah menarik juga adalah spekulasi ini seolah terkoneksi dengan spekulasi lainnya yang mana para fans menduga jika Im adalah sosok “Mother Sea” yang diceritakan oleh Vegapunk.

Menurut Vegapunk, sosok “Mother Sea” tersebut adalah sosok yang membenci para pengguna buah iblis. Karena itulah, dia kemudian “mengutuk” siapa pun pengguna buah iblis untuk kehilangan kemampuan berenang mereka selama di laut. Jadi, pada intinya, Im/Imu merupakan bisa jadi bukanlah sosok karakter biasa. Berkat penjelasan Oda di kolom SBS terbaru memperkuat teori lama para fans yang menduga jika Imu adalah ibu dari Luffy.

Sumber Kekuatan Luffy

Jika kemudian spekulasi ini terbukti benar, maka mungkin inilah alasan mengapa Luffy bisa dikenal sebagai salah satu karakter yang kuat. Dan ini juga mungkin salah satu sumber kekuatan dari Luffy, selain dua sosok hebat seperti Garp dan juga Dragon. Di sisi lain, hal ini memperkuat jika keluarga Monkey memang bukanlah sebuah keluarga biasa dalam dunia One Piece.

Dan bukan hal mustahil juga Im Sama memang ibu dari Luffy, jika melihat contoh Kozuki Oden dan Toki, di mana Toki berasal dari 800 tahun sebelumnya. Seperti yang diperlihatkan di arc Wano, Toki pergi ke masa depan menggunakan kekuatan buah iblisnya yang mampu melompati waktu. Dia kemudian bertemu dengan Oden dan menikah serta melahirkan dua orang anak.

Untuk saat ini, teori di atas masih sekedar spekulasi dari para fans meskipun peluang kebenarannya bisa jadi cukup besar. Masih ada banyak hal yang perlu Oda hadirkan mengenai sosok Im yang mungkin baru akan terjadi di chapter yang akan datang. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan ceritanya!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.