Pedro Pasca benar-benar sukses perankan karakter Joel dalam adaptasi game The Last of Us, namun sebenarnya ada satu nama aktor yang hampir memerankan karakter tersebut. Saat ini, The Last of Us jadi salah satu series yang banyak diminati oleh penggemar. TV series tersebut diadaptasi dari game terbaik pada era 2010an dengan judul yang sama. Alur cerita yang menarik, pendekatan yang berbeda, dan karakter yang unik jadi beberapa poin plus dari game dan seriesnya.

Dalam versi TV series sendiri, karakter Joel dan Ellie diperankan oleh Pedro Pascal dan Bella Ramsey. Sejauh ini, para fans benar-benar memberikan apresiasi yang sangat positif terhadap kualitas akting dan juga koneksi yang terjalin di ceritanya. Mereka memuji bagaimana Pedro Pascal dan Bella Ramsey berhasil menghidupkan kedua karakter tersebut dalam seriesnya.

Namun, yang menarik adalah sebelum Pedro Pascal jadi aktor yang perankan Joel di series itu sebenarnya ada satu nama lain yang jadi sempat jadi kandidat untuk memerankan karakter tersebut. Dia adalah Jeffrey Pierce. Jeffrey sendiri sebenarnya tidak asing dengan proyek The Last of Us, karena dia merupakan pemeran dari karakter Tommy dalam versi video gamenya. Sedangkan, dalam versi TV series dia memerankan karakter Perry.

Dalam sebuah wawancara dengan The Direct, sang aktor mengakui bagaimana pada saat proses casting berlangsung dia sadar bahwa dia tidak akan memerankan karakter Tommy dalam versi live-action. Mereka justru sedang mencari sosok aktor untuk memerankan Joel. Selain Jeffrey, terdapat juga nama besar Hollywood seperti Mahersala Ali yang sempat dirumorkan akan mengisi peran Joel. Jeffrey sendiri mengaku bahwa tidak masuk akal baginya untuk memerankan karakter Joel.

Awalnya mereka berbicara dengan Mahersala Ali tentang memerankan (karakter) Joel, yang memberikan petunjuk jelas bahwa aku tidak akan memerankan Tommy. Ketika mereka memilih Pedro (Pascal), aku tahu bahwa, ya, itu tidak akan pernah terjadi. Aku jauh lebih tua dari Pedro Pascal. Jadi aku tidak pernah berpikir tentang mendapatkan peran tersebut.

Keputusan Craig Mazin dan tim kreatif di balik layar seriesnya sepertinya memang sudah sangat tepat dengan memilih Pedro Pascal. Bukan tidak mungkin jika akan ada hal berbeda yang kemudian muncul jika kemudian bukan Pedro yang jadi Joel. Salah satunya adalah kontroversi. Penolakan bisa saja terjadi ketika Joel diperankan oleh Mahersala Ali atau bahkan Jeffrey, terlepas dari prestasi yang mereka miliki.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.