Eiichiro Oda akhirnya memberikan konfirmasi tentang asal-usul dari Zoro yang ternyata memang berasal dari klan para samurai hebat di Wano yaitu Shimotsuki. Roronoa Zoro merupakan salah satu karakter yang banyak difavoritkan oleh para penggemar One Piece. Namun, layaknya Luffy, masa lalu dari Zoro masih sangat misterius. Bahkan, kita sama sekali tidak mengetahui tentang keluarga dari Zoro.

Hal ini jadi salah satu yang membuat para fans penasaran tentang siapa Zoro sebenarnya. Mereka bahkan banyak yang berlomba-lomba untuk melemparkan teori tentang hal ini. Bagaimana para fans penasaran dengan sosok Zoro rasanya sangat wajar mengingat dia adalah salah satu karakter utama di seriesnya. Namun, Oda Sensei kini memberikan konfirmasi jika Zoro memang adalah keturunan klan Shimotsuki.

Masa Lalu Zoro

Roronoa Zoro lahir di wilayah East Blue, tepatnya di sebuah desa kecil bernama desa Shimotsuki. Sedari awal diperkenalkan, Zoro sudah diperlihatkan berlatih pedang di tempat milik Koushiro. Zoro mengenal baik Koushiro, bahkan dia merupakan teman dekat anaknya, Kushina. Sayangnya, sejak dahulu hingga sekarang Oda Sensei tidak memberikan informasi mengenai keluarga atau asal-usul dari Zoro.

Zoro kemudian bertemu dengan Luffy. Dan setelah mengalami petualangan bersama, akhirnya Zoro setuju untuk bergabung dengan Luffy. Selama puluhan tahun, para fans penasaran dengan siapa sebenarnya sosok Zoro. Daya tahan yang luar biasa, teknik berpedang yang mengerikan, dan kekuatan fisik yang benar-benar di luar akal sehat. Banyak yang berspekulasi jika Zoro mungkin bukan sosok yang biasa.

Keturunan Shimotsuki

Memasuki arc Wano, banyak fans yang berharap jika Oda Sensei akan memberikan petunjuk tentang asal-usul Zoro. Melihat berbagai petunjuk yang ada, awalnya para fans menduga jika Zoro merupakan keturunan dari klan Shimotsuki. Hal ini berdasarkan berbagai petunjuk yang dihadirkan di ceritanya. Contohnya adalah ketika Zoro mengajari Momonosuke berpedang.

Zoro sempat mengajari momo menggunakan kata “Sunacchi” yang bagi penduduk Wano adalah kata yang “tabu.” Hanya orang-orang lama yang menggunakan kata tersebut. Para fans juga sempat menduga jika Zoro adalah keturunan dari Shimotsuki Ushimaru. Seperti diungkapkan di chapter 953, penguasa di wilayah Ringo adalah Shimotsuki Ushimaru.

Ushimaru kemudian dibunuh oleh Orochi, setelah dia menolak untuk mengikuti perintahnya. Ushimaru dieksekusi setelah Orochi mengeksekusi Oden. Ada beberapa petunjuk yang menjadi bukti dari Zoro merupakan bagian dari klan Shimotsuki. Pertama, Zoro dan Shimotsuki Ryuma memiliki penampilan yang serupa, bahkan sangat mirip. Siluet mereka pun dianggap sangat mirip dengan Ushimaru. Kedua, Ushimaru dan Ryuma berasal dari dari klan yang sama.

Di chapter 1023, Kawamatsu mengungkapkan bahwa ada alasan mengapa dirinya tidak bisa menghentikan Hiyori yang memberikan pedang Enma milik sang ayah, Kozuki Oden, kepada Zoro. Dan yang paling epik adalah ketika Hyogoro menyatakan bahwa Zoro memiliki kemiripan dengan sosok Shimotsuki Ushimaru dan juga Shimotsuki Ryuma, yang  sama-sama samurai bermata satu.

Fakta tersebut semakin memperkuat bahwa memang Zoro merupakan bagian dari klan Shimotsuki. Meskipun begitu, dalam kolom SBS Vol. 101 ditegaskan bahwa Zoro bukan anak dari Ushimaru. Wajah dan penampilan mereka memang memiliki kemiripan yang luar biasa. Namun, keduanya tidak memiliki hubungan ayah dan anak.

Oda Konfirmasi Asal-usul Zoro

Eiichiro Oda akhirnya konfirmasi tentang asal-usul dari Roronoa Zoro dalam kolom SBS terbaru yaitu di volume 105. Dalam kolom SBS tersebut, Oda memberikan gambaran mengenai timeline dari asal-usul Zoro serta desa Shimotsuki di East Blue. Sekitar 55 tahun yang lalu, setelah membuat pedang Enma, Shimotsuki Kouzaburo memutuskan untuk pergi dari Wano bersama yang lain.

Kouzaburo pergi bersama Shimotsuki Furiko, yang merupakan kakak perempuan Ushimaru, serta 25 penduduk Wano lainnya. Terdapat juga seorang tukang kayu bernama Minamoto ikut dalam rombongan. Kemudian, 52 tahun lalu Kouzaburo dan rombongannya berhasil menyelamatkan sebuah desa di East Blue dari serangan kelompok bandit. Sejak saat itulah, mereka kemudian mulai mendirikan desa Shimotsuki.

Oda Sensei kemudian memberikan informasi mengenal silsilah keluarga Kuina dan Zoro. Menurut penjelasannya, Kouzaburo menikah dengan seorang gadis desa setempat. Mereka pun kemudian memiliki seorang anak yaitu Shimotsuki Koushiro, guru dari Zoro. Koushiro kemudian menikahi seorang gadis lainnya di desa tersebut yang mana kemudian dia memiliki seorang putri yang tidak lain adalah Kushina.

Sedangkan, untuk silsilah keluarga Zoro pada awalnya Shimotsuki Furiko, yang merupakan nenek dari Zoro, menikah dengan seorang samurai hebat di desa mereka yang bernama roronoa Pinzoro. Mereka kemudian memiliki seorang anak bernama Roronoa Arashi. Arashi sendiri kemudian menikah dengan seorang putri seorang bandit atau kriminal bernama Tera. Dan dari hubungan mereka lahirlah sosok Roronoa Zoro.

Sayangnya, kedua orang tua Zoro diceritaka tewas sejak lama. Ayahnya, Arashi, tewas karena melawan bajak laut. Sedangkan, sang ibu, Tera, meninggal karena sakit. Berdasarkan penjelasan tersebut artinya Zoro memang memiliki garis keturunan dari klan Shimotsuki yang berasal dari neneknya, Furiko, yang notabene adalah keturunan langsung dari sosok dewa pelindung Wano, Shimotsuki Ryuma.

Selain merupakan keturunan dari klan Shimotsuki, artinya Zoro juga memang merupakan keturunan dari sosok Shimotsuki Ryuma. Jadi, kesimpulannya, Roronoa Zoro merupakan seorang pendekar pedang hebat yang memang berasal dari keturunan klan Shimotsuki. Semua keahlian berpedang dan kekuatan fisiknya kemungkinan berasal dari Shimotsuki Ryuma, karena dia juga merupakan keturunan langsung Ryuma. Sehingga, rasanya masuk akal jikakemudian Hyogoro dan Kawamatsu merasa bahwa ada kemiripan antara Ryuma, Ushimaru, dan juga Zoro. Hal ini karena mereka memang masih satu keturunan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.