Klan Shimotsuki sekarang sedang jadi pembicaraan para fans One Piece pasca Oda Sensei memberikan informasi menarik mengenai asal-usul dari Roronoa Zoro. Namun, siapa sebenarnya klan Shimotsuki? Apa dampak keluarga ini dalam cerita One Piece? Dalam cerita One Piece, ada beberapa nama klan yang diketahui memiliki pengaruh besar bagi ceritanya atau pun dunia.

Misalnya, klan D yang dianggap sebagai sebuah besar dan berbahaya bagi kaum naga langit dan juga World Government. Selain itu, kita juga mengenal klan Kurozumi yang dikenal jahat di wilayah Wano. Namun, berbicara Wano ada satu klan yang sangat kuat dan berpengaruh selain klan Kozuki. Klan ini diketahui memiliki banyak nama-nama besar. Klan tersebut tidak lain adalah Shimotsuki.

Klan Para Samurai dan Ahli Pedang

Lalu, siapa sebenarnya klan Shimotsuki? Di Wano, Shimotsuki merupakan salah satu klan yang berpengaruh. Klan Shimotsuki juga adalah salah satu klan terpandang di wilayah Wano. Diketahui jika mereka memiliki banyak sosok hebat, seperti Shimotsuki Ryuma atau Shimotsuki Ushimaru. Seperti yang diketahui, Ryuma merupakan seorang ahli pedang terhebat yang dianggap sebagai dewa pelindung Wano.

Ryuma terkenal karena kekuatannya yang dahsyat dan kemampuan berpedangnya yang luar biasa. Bahkan, terdapat legenda jika Ryuma pernah menghabisi seekor naga. Inilah yang kemudian menjadi awal mula cerita mengapa klan Shimotsuki begitu dihormati dan jadi salah satu klan berpengaruh. Belum lagi, berbagai keturunan dari Ryuma juga memiliki pengaruh dan dampak yang tidak kalah besar.

Selain Ryuma, beberapa nama ahli pedang dan samurai yang juga tidak kalah dahsyat adalah Shimotsuki Ushimaru dan juga tentunya Roronoa Zoro. Ushimaru merupakan samurai kuat lainnya selain Ryuma di Wano, sedangkan Zoro saat ini dianggap sebagai salah satu ahli pedang terkuat di dunia One Piece. Selain dikenal sebagai klan dengan samurai hebat, Shimotsuki juga dikenal sebagai klan yang ahli dalam membuat pedang.

Contohnya adalah pedang Enma merupakan mahakarya dari Shimotsuki Kouzaburo. Ada juga beberapa pedang lainnya yang merupakan hasil karya Kouzaburo, seperti Wado Ichimonji yang saat ini berada di tangan Zoro. Di Wano sendiri klan Shimotsuki diketahui menjadi penguasa di wilayah Ringo dan Hakumai.

Sekutu Klan Kozuki

Sebagai sebuah klan yang memang mendedikasikan dirinya sebagai klan samurai dan ahli pedang, wajar jika mereka tidak terlalu terlibat dalam urusan politik praktis. Klan Shimotsuki diketahui adalah klan yang paling netral dalam urusan politik di Wano. Meskipun begitu, mereka adalah salah satu klan yang setia mendukung klan Kozuki yang merupakan klan penguasa di Wano.

Sudah sejak lama klan Shimotsuki menjadi pendukung setia dan juga sekutu dari klan Kozuki. Hal ini dibuktikan melalui Kouzaburo yang menciptakan pedang Enma untuk Kozuki Oden. Dan juga, berdasarkan dari apa yang dihadirkan dalam ceritanya diperlihatkan bagaimana sosok Shimotsuki Ushimaru memutuskan untuk tidak mau tunduk kepada Orochi yang berkuasa saat itu.

Hal ini pun berujung pada kematiannya, di mana Orochi langsung memerintahkan untuk mengeksekusi mati Shimotsuki Ushimaru. Sebelum Orochi berkuasa, dalam kilas balik Oden diperlihatkan bagaimana Shimotsuki Yasuie menjadi sosok yang sangat dekat dengan Kozuki Oden. Hal ini seolah membuktikan bahwa koneksi dari kedua klan memang benar sudah terjadi sejak lama.

Pendiri Desa Shimotsuki

Selain dikenal sebagai klan yang ahli dalam hal membuat pedang serta klan yang memiliki banyak nama-nama samurai hebat dan kuat, ternyata klan Shimotsuki juga merupakan penjelah. Buktinya adalah terdapat sebuah desa di wilayah East Blue yang bernama desa Shimotsuki yang jadi rumah dari Zoro. Ceritanya sendiri berawal saat 55 tahun yang lalu, ketika Shimotsuki Kouzaburo memutuskan untuk pergi dari Wano.

Saat itu, Kouzaburo memutuskan untuk keluar dari Wano bersama puluhan klan Shimotsuki dan penduduk Wano lain. Diketahui mereka pergi ke wilayah East Blue. Pada 52 tahun yang lalu mereka tiba di sebuah wilayah yang mana desanya sedang mengalami masalah. Mereka diserang oleh sekelompok bandit. Kouzaburo dan yang lain kemudian membantu menyelamatkan desa tersebut.

Pasca kejadian tersebut, Kouzaburo dan yang lain kemudian sepakat untuk mendirikan sebuah desa Shimotsuki di sana yang kemudian bertahan hingga sekarang. Desa Shimotsuki sendiri merupakan rumah bagi sosok Roronoa Zoro, Kuina, dan juga Koushiro. Desa ini pernah muncul di awal cerita, bahkan dalam kilas balik Ace, Sabo, Luffy kita melihat desa Shimotsuki merupakan salah satu sekutu dari Pasukan Revolusi.

Nampak mereka memberikan suplai kepada Pasukan Revolusi ketika Zoro sedang berlatih. Bagaimana kemudian desa Shimotsuki bisa menjalin afiliasi dengan Pasukan Revolusi memang masih jadi misteri. Namun, tentunya fakta ini sangat menarik. Selain di wilayah East Blue kemungkinan klan Shimotsuki juga muncul atau tinggal di wilayah lainnya. Berdasarkan penjelasan di atas, secara tidak langsung klan Shimotsuki memiliki pengaruh yang cukup signifikan dalam cerita atau pun di dunia One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.