Dengan kekuatan yang sangat dahsyat serta potensi yang bisa dibilang hampir tidak terbatas membuat Seraphim bisa jadi sekutu epik dari aliansi Topi Jerami. Seraphim sudah memberikan kru Topi Jerami banyak masalah semenjak mereka tiba di pulau Egghead. Selain mereka memiliki kemampuan untuk bertarung yang dahsyat, dan dilengkapi oleh kekuatan yang luar biasa, Seraphim juga sering berpindah pihak.

Hal ini dikarenakan ada hierarki yang dihadirkan terkait siapa yang berhak mengendalikan Seraphim. Sekarang, mereka mendapatkan perintah dari sosok misterius untuk menyerang semua orang. Meskipun bisa saja Topi Jerami dan juga aliansi Lucci dan Kaku menghancurkan Seraphim, namun ada cara lain yang bisa diambil. Mereka bisa mengubah Seraphim menjadi sekutu bagi aliansi Topi Jerami.

Ada “Sisi Manusia” dalam Seraphim?

Pada awalnya, hanya sedikit petunjuk singkat yang dihadirkan oleh Seraphim yang menunjukan bahwa mereka memiliki perasaan dan pikiran sendiri. Hal ini bisa dilihat dari perubahan singkat ekspresi dan bahkan menghadirkan gelembung percakapan yang menunjukan bahwa mereka sedang berpikir. Hal ini tentunya sangat luar biasa karena berbeda dengan Pacifista yang selama ini muncul dalam cerita One Piece.

Namun, bukti nyata dari Seraphim memiliki “sisi manusia”diperlihatkan jelas di chapter 1070. Saat itu, Jinbe memuji S-Snake yang dianggap sangat baik dan berbeda dengan sosok Hancock yang asli. Pujian itu membuat Seraphim tersebut tersipu malu. Kemudian, di chapter 1073 diperlihatkan bagaimana S-Hawk nampak panik dan seolah tidak percaya dengan apa yang dia lihat setelah Zoro berhasil menahan serangannya.

Dalam momen itu, Zoro bahkan menyatakan bahwa S-Hawk memang lebih memiliki sisi manusia dari sosok Mihawk yang asli. Mereka memang bergerak dan bertindak layaknya mesin, tetapi pada dasarnya ada “sisi manusia” dalam diri Seraphim. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Seperti yang dijelaskan oleh Vegapunk bahwa Seraphim lahir berkat memanfaatkan DNA dari para karakter yang ada.

Selain memanfaatkan DNA Lunarian, Vegapunk memanfaatkan DNA para Shichibukai dan pemilik kekuatan buah iblis untuk kemudian digabungkan dan menghasilkan Seraphim. Berdasarkan penjelasan tersebut memang masuk akal jika kemudian mereka memperlihatkan “sisi manusia” dalam kondisi tertentu. Dan ini juga menunjukan jika memang mereka memiliki “sisi manusia” dalam dirinya.

Jadi Sekutu Aliansi Luffy

Tantangan dan ancaman yang harus dihadapi oleh Luffy dan kru Topi Jerami di pulau Egghead bukan hanya berasal dari CP0 atau Seraphim atau sosok misterius yang masih berkeliaran. Dalam chapter kemarin diperlihatkan bagaimana ancaman yang lebih besar segera muncul di pulau tersebut. Apa itu? Kemunculan sosok admiral Kizaru dan juga salah satu Gorosei.

Harus diakui bahwa kemunculan Gorosei dan Kizaru di tengah-tengah situasi sekarang jelas jadi kerugian dan ancaman bagi mereka. Trio monster kru Topi Jerami mungkin akan mampu menghadapi mereka, namun tetap saja perlu ada tambahan tenaga dan kekuatan untuk memperbesar peluang menang. Mereka tidak bisa mengandalkan Rob Lucci atau Kaku, karena pada dasarnya keduanya adalah agen World Government.

Para satelit Vegapunk sendiri tidak memiliki kekuatan bertarung yang efektif, bahkan mereka tidak tahu bagaimana cara bertarung. Sentomaru mungkin bisa menjadi bantuan tersebut dengan Pacifista Mark III meskipun peluangnya 50:50. Seraphim adalah solusi epik untuk menghadapi situasi ini. Geeks mungkin bertanya, bukankah sekarang Seraphim berada dalam kendali sosok misterius?

Vegapunk – dan juga para satelitnya – mungkin sudah memikirkan skenario seperti ini. Akan ada sebuah momen di mana hierarki yang ada tidak berjalan atau ada hal yang membuat mereka kehilangan kendali Seraphim. Layaknya sebuah sistem di dunia nyata, Vegapunk mungkin memiliki akses atau tahu cara mengaktifkan sistem darurat rahasia di tubuh Seraphim.

Apa tujuannya? Pertama Seraphim akan “mati” dan kemudian dikendalikan secara manual. Hal ini bisa dilakukan oleh satelit Vegapunk atau mungkin kita akan melihat aksi dari Franky. Kedua adalah satelit Vegapunk akan melakukan program ulang secara darurat dan menghilangkan hierarki yang ada. Para satelit Vegapunk kemudian akan akan secara khusus memberikan hierarki tersebut hanya kepada kru Topi Jerami. Dengan begitu, Usopp atau Franky bisa memberikan perintah dan menjadi sekutu kuat dari kru Topi Jerami untuk menghadapi Kizaru dan Gorosei.

Potensi Masa Depan

Kita masih belum tahu seperti apa dan sedahsyat apa pertarungan menghadapi Kizaru dan Gorosei. Namun, bisa dipastikan level pertarungannya tidak akan main-main. Berdasarkan hal ini, masuk akal jika kemudian peluang Seraphim untuk hancur sebagai “korban tambahan” sangat besar. Meskipun begitu, ada juga peluang yang cukup besar bahwa mereka akan selamat meskipun mengalami kerusakan.

Lalu, apa maksudnya? Seperti disebutkan di paragraf awal, Seraphim memiliki potensi yang hampir tidak terbatas. Artinya, selain bisa jadi sekutu dari aliansi Luffy di pulau Egghead para Seraphim tersebut juga bisa jadi sekutu aliansi Luffy di pertempuran lain. Contohnya adalah ketika bertarung menghadapi World Government. Apakah hal tersebut bisa terjadi dan mampu terwujud?

Seperti yang disebutkan oleh Edison, para Seraphim yang saat ini muncul dalam cerita usianya masih kecil. Meskipun begitu, kekuatan mereka sangat dahsyat. Namun, seiring dengan bertambahnya usia dari Seraphim tersebut maka level kekuatan mereka juga akan meningkat. Karena itulah, mereka memiliki potensi yang sangat besar pada masa yang akan datang untuk jadi sekutu Luffy.

Pasca pertempuran di pulau Egghead, bisa jadi Sentomaru atau mungkin Vegapunk akan menyimpan Seraphim di sebuah tempat. Seraphim ini akan diperbaiki atau bahkan ditingkatkan lagi kemampuannya. Masih ada waktu tentunya bagi Seraphim untuk berkembang mengingat petualangan Luffy sendiri masih akan memakan waktu yang cukup lama. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.