Great Cleansing atau Pembersihan Secara Besar-besaran merupakan salah satu peristiwa yang masih jadi tanya besar dalam cerita One Piece. Meskipun begitu, terdapat sebuah teori yang mungkin bisa menjawab dari teka-teki mengapa Im tega melakukan hal tersebut. Sosok Im merupakan penguasa di dunia One Piece di mana dia sudah melakukan banyak hal mengerikan.

Contohnya adalah menghancurkan kerajaan Lulusia seperti yang diperlihatkan dalam chapter 1060 kemarin. Im diperlihatkan tega menghancurkan kerajaan tersebut dalam sekejap karena dianggap kerajaan tersebut menjadi tempat persembunyian Sabo. Selain menghancurkan kerajaan Lulusia, satu hal mengerikan yang pernah dilakukan oleh Im adalah Great Cleansing. Namun, apa sebenarnya motivasi dia melakukan hal tersebut?

Apa Itu Great Cleansing

Istilah Great Cleansing atau Pembersihan Besar-besaran pertama kali pertama kali diperkenalkan dalam arc Reverie, tepatnya di chapter 908. Pada saat itu, Gorosei mengatakan bahwa keseimbangan dunia sudah tidak bisa lagi dijaga. Hal ini muncul setelah mereka menganggap jika keluarga Nefertari sebagai pengkhianat. Maka dari itu mereka perlu untuk kembali melakukan Great Cleansing.

Namun, apa sebenarnya Great Cleansing? Sampai sekarang, Eiichiro Oda masih belum memberikan informasi lengkap atau jelas mengenai hal tersebut. Tetapi, dari petunjuk yang dihadirkan dalam ceritanya Great Cleansing kemungkinan ada kaitannya dengan menghancurkan berbagai pihak yang dirasa oleh Im sebagai ancaman. Contoh nyatanya adalah Ancient Kingdom.

Dalam peristiwa pertempuran yang terjadi 800 tahun lalu diketahui jika Ancient Kingdom diserang oleh aliansi 20 kerajaan. Meskipun belum diketahui apa yang kemudian jadi alasan atau motivasinya, namun diyakini karena teknologi kerajaan mereka yang sangat maju dianggap sebagai ancaman bagi yang lain. Karena itulah, Im kemudian menginisiasi Great Cleansing dengan menghancurkan Ancient Kingdom.

Selain Ancient Kingdom, ada kemungkinan juga Im melakukan hal serupa kepada berbagai pihak lainnya. Misalnya, kepada suku Lunarian yang mana ini mungkin alasan mengapa mereka sekarang sudah dianggap punah kecuali King yang jadi satu-satunya Lunarian tersisa. Yang paling baru tentunya adalah bagaimana Im menghancurkan kerajaan Lulusia serta bagaimana World Government menghabisi nyawa Nefertari Cobra.

Hal ini juga didukung dengan petunjuk lain, di mana terdapat empat poster yang sempat dipegang oleh Im. Poster tersebut merupakan milik Vivi, Luffy, Blackbeard, dan Shirahoshi. Artinya, keempat karakter tersebut jadi target Great Cleansing selanjutnya karena dianggap sebagai ancaman oleh sosok Im.

Alasan Im Lakukan Great Cleansing

Mengapa kemudian Im tega melakukan Great Cleansing? Meskipun alasan demi menghindari pihak yang dianggap sebagai ancaman cukup masuk akal bagi Im melakukan hal tersebut, namun mungkin ada alasan lainnya yang bisa jadi jauh lebih kompleks. Misalnya, Im tidak senang bagaimana Joy Boy menganggap semua makhluk hidup berada di level yang sama.

Di chapter 908 kita melihat juga bagaimana Im menyimpan topi jerami raksasa di Mary Geoise. Spekulasi yang santer di kalangan fans menyebutkan jika itu adalah milik Joy Boy. Dalam ceritanya, kita tahu bahwa Joy Boy berusaha untuk menyatukan seluruh makhluk hidup untuk tinggal di wilayah dan daratan yang sama. Namun, kemungkinan, Im tidak senang dengan ide dari Joy Boy tersebut.

Karena itulah, Im kemudian melakukan inisiasi Great Cleansing terhadap Ancient Kingdom yang diduga adalah rumah bagi Joy Boy. Alasan lainnya, meskipun kecil kemungkinannya, bisa jadi Im memiliki pengalaman atau kenangan buruk dengan sosok Joy Boy. Karena itulah, dia pun berusaha untuk melakukan upaya balas dendam terhadap sosok Joy Boy. Dan untuk menutupi jejak yang dia lakukan, Im kemudian melakukan Great Cleansing.

Jadi, mengapa kemudian Im melakukan Great Cleansing? Meskipun masih belum ada jawaban pasti, namun kemungkinan hal tersebut ada kaitannya dengan masa lalu Im dan juga Joy Boy. Im kemudian melakukan Great Cleansing – dengan cara menghapus ingatan orang-orang, menghancurkan pulau, dan bahkan menghapus sejarah yang ada – demi menutupi apa yang sudah dia lakukan.

Joy Boy Jadi Penyelamat

Ketenangan Im sepertinya sudah mulai “terganggu” semenjak kemunculan sosok Monkey D. Luffy. Sedari awal, Luffy diperlihatkan sudah berhasil mencuri perhatian Im dan World Government. Misalnya, ketika mereka mengalahkan Shichibukai dan bahkan menantang langsung pihak World Government di Enies Lobby. Meskipun Luffy masuk dalam radar mereka saat itu, tetapi mereka masih belum memberikan perhatian penuh.

Barulah setelah berbagai peristiwa besar yang terjadi pihak World Government, terutama Im, mulai memberikan perhatian serius kepada Luffy. Apalagi, Im juga menyadari bahwa topi jerami yang digunakan oleh Luffy sama dengan topi jerami raksasa yang diduga pernah digunakan oleh Joy Boy. Hal itu seolah membuka kembali kenangan buruk yang ada dalam ingatan Im.

Ini yang kemudian membuat Im berusaha mati-matian untuk membuat Luffy tewas, seperti yang terjadi di arc Wano. Di sisi lain, ketakutan Im terhadap sosok Luffy juga sebenarnya memang masuk akal. Pasalnya, Luffy sendiri sudah dikonfirmasi merupakan sosok Joy Boy yang baru. Zunesha, gajah legendaris yang tahu sosok Joy Boy, mengatakan bahwa memang Joy Boy sudah kembali saat dia berada di Wano.

Luffy sendiri saat ini memang masih berusaha untuk mewujudkan mimpinya sebagai raja bajak laut. Namun, jika kita lihat dari apa yang terjadi sejauh ini Luffy juga kemungkinan melakukan apa yang dilakukan oleh Joy Boy pada zaman dahulu. Hal ini terbukti bagaimana Luffy menganggap pulau manusia ikan sebagai wilayah kekuasaanya. Dan dia juga membantu Wano lepas dari cengkraman Kaido.

Berdasarkan penjelasan tersebut ada kemungkinan sosok Luffy, yang notabene adalah reinkarnasi dari Joy Boy, akan menjadi penyelamat bagi semua orang. Namun, hal ini tentunya akan jadi mimpi buruk bagi Im. Im sendiri sudah memulai Great Cleansing lainnya dengan menghabisi nyawa Nefertari Cobra dan sekarang dia mengincar sosok Vivi bahkan Luffy.

Apakah hal tersebut akan berhasil dilakukan oleh Im? Apakah Im akan menghadirkan Great Cleansing seperti yang terjadi 800 tahun lalu demi menghentikan Luffy? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.