Marvel Studios baru saja menayangkan film teranyar MCU yang berjudul Ant-Man and the Wasp Quantumania. Di kisah pertama Fase 5 MCU ini, untuk pertama kalinya big bad villain Multiverse Saga, yaitu Nathaniel Richards, muncul sebagai Kang the Conqueror. Bukan hanya itu saja credit scene pertamanya bahkan telah memboyong Council of Kangs, organisasi rahasia di multiverse MCU yang semua anggotanya adalah para varian Kang. Menariknya, terlepas dari debut mereka yang digambarkan sebagai ancaman besar di Multiverse Saga, sebenarnya Marvel sendiri sudah memperkenalkan kunci untuk mengalahkan Council of Kangs. Siapakah kunci yang dimaksud? Mari kita bahas.

Musnahnya Council of Kangs di Komik

Pertama-tama, sebelum membahas kunci untuk kalahkan Council of Kangs di MCU, mari kita dalami terlebih dahulu sejarah komik terkait organisasi rahasia ini. Debut di komik Avengers #267 (1986), Council of Kangs dibentuk oleh tiga varian Kang yang mengklaim diri mereka sebagai hakim. Tugas mereka awalnya adalah menghukum varian lemah dengan menghapus keberadaannya. Namun pada akhirnya terungkap bahwa Council of Kangs ini sengaja dibentuk oleh hakim tertinggi yang mengklaim dirinya sebagai Prime Kang, untuk menghapus semua varian Kang agar hanya dirinya saja yang tersisa.

Setelah Prime Kang mencapai tujuannya dan kembali ke markasnya di Chronopolis, ternyata takdir kembali melahirkan Council of Kangs baru di Transtemporal Hub-World yang berada di tengah-tengah multiverse Marvel. Pada titik inilah, para varian Kang di Council of Kangs kembali memanggil Prime Kang untuk menghukumnya karena semua perbuatan yang dilakukannya. Selain datang karena ingin memenuhi undangan, ternyata Prime Kang lagi-lagi berencana memusnahkan semua varian kang di Council of Kangs. Kali ini dia dengan sengaja melepas ‘monster awan waktu’ Alioth yang langsung melahap para varian.

Sebagai entitas Marvel yang eksis untuk memakan waktu dan realitas, tidak ada satu pun varian Kang di Council of Kangs yang lolos dari ancamannya, kecuali Prime Kang yang langsung menjauh dari lokasi setelah melepasnya. Alasan mengapa varian Kang tidak bisa menghindari kematiannya adalah karena Alioth mempunyai kemampuan abstrak yang mencegah orang lain untuk melakukan perjalanan waktu, dan siapa pun yang dilahap oleh tubuh awannya akan langsung musnah. Menariknya, versi live action Alioth sendiri sebenarnya sudah melakukan debut MCU-nya lebih awal dari Council of Kangs.

Eksistensi Alioth di Void MCU

Di MCU sendiri Alioth pertama kali menampakkan dirinya menjelang akhir serial Loki season 1, sekitar satu setengah tahun lebih awal dari Council of Kangs yang baru muncul di credit scene Ant-Man and the Wasp: Quantumania. Di mana entitas pemakan realitas ini mempunyai penampilan yang kurang lebih sama seperti versi komiknya, yaitu awan ungu kelabu dengan kepala berbentuk monster mengerikan. Bedanya, versi live action ini diceritakan telah berhasil dijinakkan oleh varian Kang yang bernama He Who Remains dan bertugas sebagai pengaja gerbang ‘Citadel at the End of Time’ di Void.

Mengingat lokasinya yang berada di luar ruang dan waktu, yaitu Void, Alioth diberikan tugas lain oleh He Who Remains untuk melahap siapa pun yang dihapus oleh Time Variance Authority. Kekuatannya yang mengerikan sudah dibuktikan melalui kematian langsung dari banyak varian yang tersentuh oleh awannya. Dengan He Who Remains diceritakan mati oleh Sylvie di akhir Loki season 1, tetapi sampai sekarang bisa dibilang Alioth masih eksis di Void. Kabar buruknya, karena sekarang pemiliknya telah tiada, bukan tidak mungkin Alioth akan berusaha keluar dari Void dan jadi ancaman baru bagi multiverse.

Siapa yang Sekarang Kendalikan Alioth MCU?

Terlepas dari misteri keberadaannya, yang jelas dengan kematian He Who Remains di Loki season 1 bukan tidak mungkin sekarang Alioth kembali menjadi entitas liar yang sangat kelaparan. Jika mengacu pada kisahnya di Marvel Comics, cukup masuk akal jika suatu hari nanti Prime Kang akan muncul dan mengklaim dirinya sebagai varian utama yang layak untuk eksis di multiverse. Dengan begitu, cepat atau lambat bisa saja dia langsung mencari sekaligus menaklukkan Alioth, seperti yang pernah dilakukan oleh He Who Remains, kemudian membawanya ke markas Council of Kangs di multiverse MCU.

Seandainya teori ini benar-benar terbukti, artinya itulah saatnya bagi Alioth untuk kembali memusnahkan Council of Kangs seperti yang pernah dilakukannya di komik. Dengan catatan kunci untuk mengalahkan Council of Kangs ini baru bisa dipakai jika Prime Kang benar-benar muncul. Pertanyaannya siapa Prime Kang di MCU? Sayangnya sampai hari ini masih belum ada tanda-tanda kapan Kang yang sesungguhnya akan muncul. Mungkin saja sekarang Prime Kang tengah berbaur dengan Council of Kangs dan menunggu waktu yang tepat untuk memusnahkan para variannya dengan memanfaatkan Alioth.

Itulah pembahasan tentang teori dan sosok kunci untuk kalahkan Council of Kangs di MCU, yaitu Alioth yang saat ini keberadaannya masih menjadi misteri. Jika Void bisa menahan kelaparannya, mungkin sekarang Alioth masih berada di ujung timeline. Namun jika dia berhasil kabur dari Void, bukan tidak mungkin ke depannya kita akan kembali melihat Alioth sebagai ancaman yang jauh lebih liar dan berbahaya bagi multiverse. Kita lihat saja nanti bagaimana kelanjutan kisah Alioth di MCU, apakah benar dia akan bertemu Prime Kang, atau justru mati sebelum melahap Council of Kangs.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.