Bola naga merupakan benda yang sangat sakral dan luar biasa dalam cerita Dragon Ball di mana ternyata ada berbagai varian dari bola naga tersebut. Bola naga atau dragon ball merupakan benda unik dan luar biasa yang jadi elemen penting dalam alur cerita Dragon Ball karya Akira Toriyama. Bahkan, mencari keberadaan bola naga kemudian jadi tujuan utama dari para karakter di awal seriesnya.

Sayangnya, memang Toriyama Sensei sudah mulai mengurangi elemen petualangan tersebut dan lebih banyak menghadirkan elemen lainnya. Contohnya adalah pertarungan atau alur cerita yang lain. Meskipun begitu, di sepanjang sejarah kemunculan seriesnya Toriyama Sensei sudah menghadirkan berbagai varian dari bola naga. Apa saja? Berikut adalah daftarnya.

Bola Naga Bumi (Earth Dragon Balls)

Bola naga pertama yang diperkenalkan di franchise ini dan yang paling populer bahkan hingga sekarang adalah bola naga bumi atau earth dragon ball. Bola naga bumi ini memiliki peranan yang sangat besar di awal kemunculan seriesnya. Namun, dengan dimulainya arc Saiyan secara perlahan peranan bola naga bumi ini mulai berkurang. Bola naga bumi diketahui diciptakan oleh Kami, seorang dewa Namek yang juga jadi sosok pelindung bumi.

Meskipun sangat kuat, bola naga bumi memiliki batasan. Bola naga bumi ini juga biasanya digunakan untuk menghidupkan kembali para Z-Fighters atau orang-orang lain yang sudah tewas pasca pertempuran besar. Namun, tidak jarang juga ada yang meminta keabadian. Salah satu syarat yang populer adalah seseorang tidak bisa meminta permintaan yang sama dua kali.

Inilah alasan tidak ada karakter yang kemudian bisa dibangkitkan berkali-kali oleh bola naga ini. Aturan yang dihadirkan oleh bola naga bumi juga sempat berganti-ganti. Kami pada awalnya hanya memberikan satu permintaan saja kepada mereka yang berhasil mengumpulkan ketujuh bola naga tersebut. Namun, kemudian Dende merubahnya menjadi tiga permintaan dan akan berubah menjadi dua jika skala permintaanya masif.

Untuk menemukan ketujuh bola naga tersebut, seseorang perlu sebuah alat pelacak khusus yang diciptakan oleh Capsule Corp. milik keluarga Bulma. Hal ini karena keberadaan bola naga tersebut sangat tersembunyi dan tersebar di sudut bumi. Shenron adalah sosok naga elemental yang muncul ketika mereka hendak menyampaikan keinginannya.

Bola Naga Planet Namek (Namekian Dragon Balls)

Bola naga planet Namek atau Namekian dragon ball diciptakan oleh Grand Elder Guru, sosok penduduk Namek yang sudah sangat tua dan sangat bijak. Bola naga dari planet Namek ini dianggap jauhg lebih kuat dan dahsyat dari segi kekuatannya dibandingkan bola naga bumi. Hal ini bisa dilihat dari ukuran bola naganya yang sedikit lebih besar dibandingkan bola naga bumi, yang membuat bola naga planet Namek sedikit sulit untuk untuk dibawa-bawa.

Bola naga planet Namek ini memiliki peranan penting di sepanjang Frieza Saga. Selain dari segi bentuknya, ada beberapa perbedaan lainnya yang muncul antara bola naga planet Namek dan milik bumi. Misalnya, ketika berhasil dikumpulkan sosok naga elemental yang muncul bukan Shenron melainkan Porunga. Guru memberikan tiga keinginan kepada mereka yang berhasil mengumpulkan bola naga ini.

Yang unik juga terdapat semacam “kata sandi” yang harus diucapkan dalam bahasa planet Namek agar mereka bisa mengaktifkan kekuatannya. Porunga juga bisa menghidupkan seseorang berkali-kali setelah mengumpulkan tujuh bola naga tersebut.

Bola Naga Super (Super Dragon Balls) 

Varian bola naga ketiga, bola naga super pertama kali diperkenalkan dalam Universe 6 Saga dalam alur cerita Dragon Ball Super. Diketahui jika varian bola naga ini diciptakan oleh sang Dewa Naga, Zalama. Menurut informasinya, ini adalah serangkaian bola naga pertama yang diciptakan di universe tersebut. Artinya, varian bola naga ini jauh lebih lama dari bola naga planet Namek dan Bumi.

Ketika para penduduk planet Namek menemukan bola naga super tersebut, mereka pun kemudian menghancurkannya dan kemudian membuat ulang bola naga versi mereka sendiri. Bola naga ini memiliki ukuran yang paling besar dari dua varian bola naga di atas, bahkan menjadi yang terbesar di seluruh franchisenya. Hal ini karena ukuran dari bola naga super bisa mencapai ukuran planet.

Untuk menggunakan atau mengaktifkan kekuatannya, penggunanya perlu meneriakan semacam perkataan khusus dalam bahasa para dewa. Sayangya, hanya satu permintaan saja yang bisa dikabulkan dari varian bola naga ini. Meskipun begitu, diketahui juga jika ini adalah varian bola naga yang paling kuat yang pernah ada. Karena, penggunanya tidak memiliki batasan apa pun terkait keinginan mereka.

Bola Naga Planet Cereal (Cerealians Dragon Balls)

Varian bola naga yang paling baru diperkenalkan di franchise Dragon Ball berasal dari planet Cereal. Bola naga ini pertama kali diperkenalkan di arc Granolah the Survivor yang baru saja selesai. Dari apa yang dihadirkan dalam ceritanya, bola naga dari planet Cereal memiliki ukuran yang paling kecil dari varian bola naga lain. Bahkan, mereka bisa menyimpannya di lemari atau benda lain.

Yang unik juga adalah varian bola naga ini jauh lebih sedikit dari varian bola naga lain, di mana jumlahnya hanya dua. Monaito diketahui adalah Namekian yang menciptakan kedua bola naga tersebut. Diketahui jika baru Granolah dan Elec yang menggunakan kedua bola naga ini. Granolah sendiri berhasil mencuri keduanya di awal cerita yang mana membuat dia kemudian bertemu dengan sang naga elemental dari planet Cereal, Toronbo.

Tidak diketahui dengan jelas apa saja yang jadi batasan dari bola naga planet Cereal ini. Namun, dalam ceritanya diperlihatkan jika Toronbo tidak mampu mengubah Granolah jadi petarung terkuat di seluruh alam raya. Meskipun begitu, Toronbo bisa meningkatkan kekuatan Granolah berkali-kali lipat dengan bayaran nyawanya berkurang drastis. Hal yang sama juga dialami oleh Gas ketika Elec menyampaikan permohonan tersebut.

Varian Lain

Selain berbagai varian di atas, sebenarnya ada juga varian lainnya dari bola naga yang sudah Toriyama hadirkan di berbagai medium. Namun, memang keberadaanya kurang begitu populer. Contohnya adalah Black Star Dragon Balls yang dihadirkan di series Dragon Ball GT. Bola naga ini diciptakan oleh Nameless Namekian dan memiliki kemampuan yang jauh lebih dahsyat dari varian bumi.

Namun, yang uniknya adalah varian bola naga ini tidak tersebar ke berbagai planet atau sudut sebuah planet melainkan seluruh alam raya. Ada juga “efek samping” yang muncul di mana sebuah planet bisa hancur jika keinginan mereka tidak juga dihadirkan/disebutkan dalam waktu yang sudah ditentukan. Kemudian alur cerita Dragon Ball Heroes memperkenalkan Dark Dragon Ball, varian bola naga yang diciptakan oleh Xeno Dende, versi jahat dari Dende.

Dark Dragon Balls membangkitkan sosok Dark Shenron, versi jahat yang merupakan gabungan dari Shenron, Porunga, dan Black Smoke Shenron. Ketika keinginan sudah terwujud, bola naga tersebut akan tersebar di seluruh ruang dan waktu membuat varian bola naga ini menjadi varian yang paling sulit untuk ditemukan.

Bola naga menjadi sesuatu yang unik dan menarik dalam franchise Dragon Ball, karena memang pada awalnya Akira Toriyama mengahdirkan fokus utamanya dalam petualangan mencari keberadaan bola naga ini. Namun, kemudian fokusnya sendiri mulai bergeser seiring berjalannya waktu. Meskipun begitu, contoh di atas jadi bukti bahwa Toriyama Sensei masih mau menghadirkan elemen bola naga dalam berbagai ceritanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.