Selain diperkenalkan di versi live action Marvel Cinematic Universe melalui serial Loki season 1, Time Variance Authority atau TVA sebenarnya sudah lebih dahulu eksis secara rahasia di Marvel Comics. Mereka adalah organisasi rahasia yang bertugas mengawasi sekaligus menangkap para ‘kriminal waktu’ demi melindungi keutuhan dan kestabilan timeline Marvel. Menariknya, di semesta komik Marvel Universe sendiri sebenarnya TVA sudah pernah beberapa kali merekrut para superhero untuk mempermudah misi mereka. Berikut ini para superhero yang tercatat pernah jadi bagian dari Time Variance Authority!

Thor

Faktanya jauh sebelum Loki menjadi anggota TVA di MCU, ternyata Marvel Comics pernah lebih dahulu menceritakan saudaranya Thor bergabung dengan organisasi rahasia ini. Semuanya bermula dari kisah perdana TVA di komik Thor, yang bercerita tentang pertemuan sang God of Thunder dengan salah satu agen andalan TVA bernama Justice Peace. Pada titik inilah superhero Thor bersama TVA diceritakan harus berhadapan dengan villain parasit Zaniac yang hobi berpindah-pindah tubuh untuk membunuh. Singkat cerita dengan palu andalannya Mjolnir dan juga bantuan dari teknologi canggih Justice Peace, Thor berhasil meringkus Zaniac sekaligus melindungi semesta dari ancamannya.

Fantastic Four

Dalam sejarah panjang Marvel, Fantastic Four tercatat sebagai keluarga superhero pertama Marvel yang juga berhasil menemukan eksistensi multiverse pertama kali. Banyak sekali perbuatan mereka yang sebenarnya mengancam kestabilan timeline, tetapi karena mereka sering membantu TVA, para superhero yang terdiri dari Mr. Fantastic, Invisible Woman, Human Torch, dan The Thing ini sering dimaafkan dari perbuatannya. Salah satu jasa Fantastic Four di TVA yang paling terkenal adalah ketika mereka menyelamatkan zaman Mesir Kuno dari villain penjelajah waktu Rama-Tut alias inkarnasi pertama Nathaniel Richards alias Kang the Conqueror.

She-Hulk

Selain Fantastic Four, superhero lain yang sering diceritakan bersinggungan dengan TVA adalah Jen Walters alias She-Hulk. Saking seringnya berurusan dengan organisasi rahasia penjaga timeline tersebut, sepupu Hulk ini sampai dicap sebagai kriminal waktu yang harus dijatuhi hukuman ‘Ret-Can’, yaitu dihapus dari canon Marvel. Untungnya sebelum hukuman mengerikan tersebut dijatuhkan kepadanya, Mobius lebih dahulu memberinya misi untuk menyelamatkan timeline dari villain Clockwise sebagai bentuk penebusan atas semua kesalahannya. Dengan kekuatan fisik super dan teknologi TVA, She-Hulk berhasil mengejar sekaligus mengalahkan villain penjelajah waktu tersebut dan akhirnya dimaafkan.

Two Gun Kid

Ketika menjadi anggota sementara TVA, She-Hulk ternyata tidak menjalankan misinya sendirian, karena dia ditemani oleh superhero penjelajah waktu lainnya yang dikenal sebagai Two Gun Kid. Bagi yang belum tahu, Two Gun Kid adalah pahlawan bertopeng dari era cowboy yang sering direkrut oleh Avengers versi masa depan untuk menyelesaikan misi yang berhubungan dengannya. Nah, karena dicap sebagai kriminal waktu, akhirnya Two Gun Kid dibebankan sebuah tugas besar TVA untuk menyelamatkan timeline. Singkat cerita, semua misi yang diberikan kepadanya dan She-Hulk, berhasil mereke selesaikan sehingga akhirnya mendapatkan pengampunan dan diperbolehkan kembali ke timelinenya.

Deadpool

Superhero atau anti-hero terakhir yang pernah direkrut oleh TVA di Marvel Universe adalah Wade Wilson alias Deadpool. Pertemuannya dengan TVA bermula ketika Deadpool dan sahabat penjelajah waktunya yang bernama Cable tidak sengaja tiba pada tahun 2050 akibat kesalahan kostum time-travel Split Second Temporal Dislocation Harness, di mana mereka bertemu dengan Loop. Faktanya Loop sendiri adalah varian Deadpool yang direkrut lebih dahulu oleh TVA untuk membunuh Cable demi melindungi timeline. Deadpool dan Loop ini pada akhirnya bekerja sama untuk mengakali timestream agar mereka semua bisa selamat tanpa ada satu pun yang mati.

Itulah para superhero yang pernah diceritakan Marvel pernah bergabung dengan TVA. Dari berbagai kisah mereka cukup jelas bahwa TVA juga sering membutuhkan bantuan dari pihak luar untuk melindungi timeline. Sepertinya akan sangat menariknya jika suatu hari ini premis seperti ini diadaptasi juga di MCU, di mana TVA yang dipastikan akan kembali di Loki season 2, mengajak karakter populer lain untuk menemani Loki dalam petualangan lintas timeline-nya. Kita lihat saja nanti kejutannya saat Loki season 2 tayang di saluran streaming Disney+ pada akhir tahun ini.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.