Mungkin tidak banyak Geeks yang tahu jika ada beberapa karakter dengan bentuk yang aneh yang muncul ketika dua karakter gagal melakukan Fusion. Dalam franchise Dragon Ball, Akira Toriyama memperkenalkan sebuah transformasi unik yang menggabungkan dua karakter dalam satu tubuh yaitu Fusion. Diketahui ada beberapa cara untuk melakukan Fusion, seperti menggunakan Potarra Earrings atau melakukan Fusion Dance.

Dragon Ball sendiri sudah menghadirkan berbagai karakter epik dan kuat berkat transformasi Fusion tersebut. Misalnya, Fused Zamasu, Gogeta, Gotenks, dan sebagainya. Namun, tahukah Geeks jika proses transformasi Fusion, khususnya Fusion Dance, bisa saja gagal untuk dilakukan. Dan ketika Fusion Dance gagal dilakukan biasanya bentuk aneh pun muncul. Berikut adalah bentuk aneh saat Fusion gagal dilakukan.

Veku (Fat Gogeta)

Seperti disebutkan di atas, Gogeta adalah salah satu Fusion terkuat di franchise Dragon Ball yang merupakan gabungan Goku dan Vegeta. Mereka bersatu dengan memanfaatkan Fusion Dance. Sayangnya, dalam cerita Dragon Ball Z: Fusion Reborn ketika mereka berdua hendak mengalahkan Super Janemba, Vegeta dan Goku gagal untuk melakukan Fusion Dance secara sempurna.

Vegeta yang kemudian jadi sosok yang disalahkan atas hal tersebut karena diketahui dia tidak memanjangkan atau menggunakan jarinya saat proses berlangsung seperti yang diungkapkan oleh King kai. Efeknya Gogeta pun berubah menjadi sosok yang aneh di mana tubuhnya sangat gemuk. Ki dan juga stamina mereka benar-benar sangat lemah. Meskipun begitu, beruntung karena dalam waktu 30 menit Veku – Vegeta dan Goku – berhasil mengalahkan Super Janemba meskipun mereka harus berjuang sangat keras dengan keterbatasan yang ada.

Skinny Gogeta

Goku dan Vegeta tidak hanya sekali melakukan kesalahan saat proses Fusion Dance. Dalam cerita Dragon Ball Super: Broly mereka kembali melakukan kesalahan yang sama. Bahkan, yang epik adalah mereka sempat dua kali melakukan kesalahan Fusion Dance saat hendak berhadapan dengan Broly. Yang pertama adalah karena kesalahan jari Vegeta, mereka justru memunculkan sosok Veku. Dan yang kedua, karena tubuh Goku miring 45 derajat sedangkan Vegeta 60 derajat efeknya mereka justru menghasilkan Gogeta yang kurus. Skinny Gogeta sendiri tidak diperlihatkan bertarung berhadapan dengan Broly, karena mereka berdua langsung melakukan upaya Fusion Dance yang ketiga dan akhirnya berhasil.

Fat Gotenks

Gotenks juga merupakan salah satu Fusion terkuat di universe Dragon Ball yang merupakan gabungan antara Gohan dan Trunks. Gotenks juga ternyata pernah melakukan kesalahan saat mereka menggunakan Fusion Dance. Seperti halnya Veku, Fat Gotenks juga terjadi ketika salah satu dari mereka tidak kompak saat melakukan gerakan tekniknya. Dalam hal ini, Trunks yang melakukan kesalahannya.

Kocaknya adalah Krillin dan Yamcha sempat menduga jika ini adalah sebuah Fusion yang dahsyat, karena mirip seperti Majin Buu. Sampai kemudian mereka sadar bahwa Fat Gotenks tidak sekuat yang mereka kira. Stamina mereka sangat lemah, mereka gampang kelelahan, dan bahkan dalam cerita Dragon Ball Super: Super Hero mereka melukai kepala dari Max Cell dengan mengadu kepala mereka.

Skinny Gotenks

Lagi-lagi, Goten dan Trunks juga tidak sekali melakukan kesalahan saat Fusion Dance. Ketika mereka mencoba untuk melakukan Fusion Dance yang kedua kalinya, kali ini mereka melakukan kesalahan karena koordinasi gerakan yang kurang. Kedua ujung jari mereka tidak bertemu di akhir gerakan. Efeknya, mereka pun memiliki bentuk aneh yaitu Gotenks yang sangat kurus.

Skinny Gotenks ini bahkan tidak sanggup untuk berdiri dalam waktu yang lama, dan bahkan dia juga batuk secara terus-menerus. Karena hal ini, Skinny Gotenks banyak meneriman ejekan dari Son Chichi dan bahkan Krillin. Mereka menganggat bentuknya aneh dan usianya jauh lebih tua, bahkan dari Master Roshi.

Skinny Tiencha

Bentuk aneh dari kegagalan Fusion Dance antara Tien Shihan dengan Yamcha pernah diperlihatkan dalam permainan Dragon Ball Z: Budokai 2. Nama dari Fusion tersebut adalah Tiencha. Yang jadi penyebab terjadinya kegagalan dari momen Fusion ini adalah ketika mereka salah dalam koordinasi gerakan di akhir Fusion. Efeknya, mereka pun berubah menjadi Skinny Tiencha.

Dalam form ini, sebenarnya Tiencha tidak terlalu buruk meskipun dia tidak bisa melakukan gerakan atau serangan spesial apa pun. Skinny Tiencha hanya bisa melakukan serangan dasar seperti memukul, menendang, melakukan serangan Ki yang simpel, dan sebagainya. Meskipun begitu, melakukan berbagai gerakan tersebut benar-benar menguras staminanya. Setelah serangan, Skinny Tiencha bahkan mengalami kesulitan bernafas dan batuk.

Meskipun Fusion adalah salah satu cara yang sangat efektik untuk mengalahkan musuh kuat, namun tentunya perlu cara yang benar untuk melakukannya. Apalagi, ketika mereka mencoba melakukannya dengan memanfaatkan Fusion Dance. Satu saja kesalahan kecil, maka efeknya adalah mereka akan memiliki bentuk yang sangat aneh. Dan para karakter di atas adalah contoh nyata dari hal tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.