Dalam dunia Naruto diketahui jika Wood Release atau teknik Pelepasan Kayu merupakan salah satu Kekkei Genkai terkuat. Dan teknik dahsyat ini mungkin akan kembali digunakan dalam menghadapi ancaman besar yang akan muncul di series Boruto. Kekkei Genkai merupakan sebuah kemampuan yang sangat luar biasa dahsyat di dunia Naruto. Pasalnya, teknik ini hanya diwariskan atau bisa digunakan oleh klan atau sosok tertentu.

Itulah yang kemudian menjadi alasan mengapa teknik Kekkei Genkai sangat jarang dimiliki oleh banyak shinobi. Selain itu, Kekkei Genkai juga diketahui jauh lebih kuat dari teknik transformasi alam yang biasa dihadirkan dalam ceritanya. Salah satu Kekkei Genkai terkuat yang diperkenalkan dalam franchise ini tidak lain adalah Wood Release. Apa sebenarnya teknik Wood Release tersebut?

Salah Satu Kekkei Genkai Terkuat

Teknik Wood Release merupakan teknik yang sangat erat kaitannya dengan sosok Hashirama Senju, sang Dewa Shinobi dan juga Hokage pertama di Konoha. Yang menarik adalah ketika sebagian besar Kekkei Genkai dimiliki oleh klan tertentu, Kekkei Genkai Wood Release diketahui hanya dimiliki oleh Hashirama. Adiknya, Tobirama Senju, atau bahkan keturunannya seperti Tsunade Senju, diperlihatkan tidak pernah menggunakan kemampuan tersebut.

Inilah yang kemudian membuat Wood Release jadi Kekkei Genkai yang spesial. Wood Release merupakan kombinasi dari dua Teknik Pelepasan, yaitu Water dan Earth Release atau Teknik Pelepasan Air dan Tanah. Dengan mengombinasikan keduanya, penggunanya bisa menghadirkan tumbuhan, hutan, dan vegetasi dengan memanfaatkan chakra mereka.

Sekilas, Wood Release mungkin tidak nampak spesial atau kuat. Penggunanya akan sangat dahsyat dalam sebuah pertarungan. Ketika digunakan, sang pengguna akan mampu merubah permukaan tanah di medan pertarungan dan menjadi cara untuk membalikan keadaan. Yang juga menarik adalah Wood Release bisa digunakan untuk mengurung atau melumpuhkan musuh.

Penggunanya bisa membangun sebuah penjara yang terbuat dari kayu atau bahkan menjebak mereka dalam sebuah hutan yang luas dan besar. Selain itu, Wood Release juga diketahui mampu untuk menyerap chakra milik orang lain. Yang luar biasa adalah Wood Release jadi satu-satunya Kekkei Genkai yang mampu untuk mengendalikan para Bijuu, terutama Kurama. Hal ini memberikan bukti jika Wood Release merupakan salah satu Kekkei Genkai terkuat.

Para Penggunanya

Seperti yang disebutkan di atas, Wood Release sangat erat dengan sosok Hashirama Senju. Dengan melatih penggunaan Kekkei Genkai ini, Hashirama kemudian mendapatkan titel “Dewa Shinobi.” Dengan menggunakan teknik ini juga dia mampu menjadi rival bagi sosok kuat layaknya Madara Uchiha, yang sangat dahsyat dalam penggunaan Sharingan. Sebagai keturunan dari Hamura Otsutsuki, yang diberkahi level chakra yang besar, Hashirama mampu menggunakan Wood Release dalam periode yang lama.

Bukti kedahsyatan Hashirama adalah dia pernah membuat Wood Golem atau monster raksasa yang terbuat dari kayu untuk menandingi Susanoo yang dibangkitkan oleh Madara Uchiha. Sejauh ini, baru Hashirama yang memang terlahir atau memiliki kekuatan alami dari Kekkei Genkai Wood release tersebut. Tetapi, ada juga beberapa karakter yang mampu menggunakan Wood Release berkat sel Hashirama.

Contohnya adalah Madara Uchiha. Dalam pertarungan di Lembah Akhir, Madara sempat mencuri atau mengambil sedikit potongan tubuh dari Hashirama untuk kemudian meningkatkan level kekuatannya. Bahkan, level kekuatannya hampir setara dengan Hashirama. Dengan menggunakan Gedou Mazou atau Gedo Statue, Madara mampu menciptakan beberapa Zetsu Putih yang mampu menggunakan Wood Release, meskipun levelnya rendah.

Obito juga pernah menggunakan teknik Wood Release dengan memanfaatkan sel Zetsu Putih yang diciptakan oleh Madara dan kemudian menciptakan kembali separuh tubuhnya yang hancur. Meskipun penggunaannya tidak terlalu signifikan, namun berkat hal ini Obito berhasil kembali bangkit. Dia bahkan mampu menciptakan kekacauan dan kehancuran terutama di desa Konoha.

Di sisi lain, Konoha mencoba untuk menciptakan kembali kekuatan tersebut dengan memanfaatkan sel dan DNA Hashirama. Dan sosok terakhir yang diketahui mampu menggunakan Wood Release adalah Yamato, karakter yang lahir berkat pemanfaatan sel Hashirama. Lagi-lagi, karena Yamato tidak terlahir secara natural untuk menggunakan kekuatannya level penggunaan Wood Release-nya memang tidak terlalu impresif. Tetapi, Yamato mampu untuk mengendalikan dan menahan kekuatan Kurama.

Solusi Hadapi Ancaman Baru

Tidak diragukan lagi jika Wood Release merupakan salah satu Kekkei Genkai terkuat dan penting di dunia Naruto. Namun, sayangnya, dalam sekuel Boruto: Naruto Next Generation teknik ini mulai jarang diperlihatkan dalam ceritanya. Hal ini tentunya sangat disayangkan mengingat Wood Release sangat signifikan sebagai salah satu kekuatan yang dahsyat di dunia shinobi.

Meskipun begitu, Wood Release masih memiliki kesempatan untuk bisa kembali muncul dalam cerita yang akan datang. Seperti yang Geeks ketahui, Konoha dan dunia shinobi saat ini sedang menghadapi ancaman besar lainnya yang berasal dari Code dan juga Otsutsuki. Dan di chapter terbaru Boruto diketahui jika Code sudah membangun pasukan Jyuubi yang jumlahnya mencapai ribuan.

Wood Release tentunya bisa jadi salah satu cara untuk bisa menghadapi kekuatan dahsyat tersebut. Hal ini bahkan sudah terbukti jauh sebelumnya, di mana Wood release sanggup menahan kekuatan Kurama, menyerap chakra musuh, bahkan menandingi kekuatan Sharingan. Karena itulah, Wood Release perlu kembali muncul dan jadi salah satu solusi menghadapi ancaman tersebut.

Penggunaan Wood Release bisa jadi solusi untuk menghadapi pasukan Jyuubi milik Code, yang diketahui terbuat dari chakra. Dengan memanfaatkan teknik ini, penggunanya bisa menyerap chakra dari tubuh pasukan Jyuubi dan melemahkannya. Dengan begitu, para shinobi akan dengan mudah menghancurkan pasukan tersebut. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Kishimoto Sensei akan kembali menghadirkan kekuatan dahsyat ini dalam cerita selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.