The Soup Kitchen merupakan salah satu organisasi yang diperkenalkan dalam franchise John Wick dan merupakan organisasi yang sanggup jadi saingan The High Table. Franchise John Wick merupakan salah satu franchise film sukses di Hollywood terutama dalam satu dekade terakhir. Berkisah tentang sosok John Wick yang berusaha untuk menyelamatkan dirinya dari serangan para pembunuh lain.

Dalam dunia John Wick ada berbagai organisasi besar yang sejauh ini sudah diperkenalkan. Salah satunya adalah The High Table. Diketahui, jika High Table adalah organisasi tertinggi  dari dunia para pembunuh bayaran. Meskipun begitu, ternyata ada juga organisasi lain yang sanggup untuk saingi The High Table yaitu The Soup Kitchen. Siapa sebenarnya mereka?

Penguasa Dunia Bawah

Satu perbedaan besar yang muncul antara The Soup Kitchen dan juga The High Table adalah “wilayah kekuasaan” mereka. Seperti yang disebutkan di atas, The High Table merupakan organisasi yang berkuasa terutama di dunia pembunuh bayaran. Mereka memiliki nilai, aturan, dan bahkan hal-hal lainnya yang membuat organisasi tersebut begitu dihormati dan ditakuti oleh semua orang.

Sedangkan, The Soup Kitchen adalah sebuah kerajaan besar yang berisi para kriminal dan juga penjahat. Mereka adalah organisasi yang menguasai dunia bawah. Jika The High Table cenderung terbuka dengan organisasi mereka, maka The Soup Kitchen justru lebih tertutup. Organisasi mereka melakukan penyamaran menjadi sebuah tempat penampungan dan para agen mereka pun tidak berpenampilan mencolok.

Biasanya, para agen yang jadi bagian dari Soup Kitchen memiliki penampilan lusuh layaknya seorang tunawisma. Organisasi ini juga diketahui tidak terafiliasi atau tidak terkoneksi dengan The High Table, sehingga wajar jika kemudian Soup Kitchen jadi saingan dari High Table. Meskipun mereka tidak “mewah” seperti High Table, namun Soup Kitchen juga mampu untuk memiliki berbagai sumber daya.

Contohnya adalah mereka memiliki akses terhadap berbagai senjata, jas tempur, bahkan teknologi seperti microchip. Mereka cenderung menggunakan atau memanfaatkan hal yang jauh lebih sederhana demi menjaga keamanan dan kerahasiaan. Contohnya mereka lebih memilih menggunakan burung dara untuk menyampaikan pesan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Lalu, bagaimana The Soup Kitchen terbentuk? Organisasi ini dibentuk ketika Bowery King diberikan kesempatan kedua oleh sosok John Wick muda. Dia pun kemudian bangkit menjadi sosok pemimpin dari operasi intelijen yang memiliki jaringan luas yang bahkan menjangkau hampir seluruh sudut kota New York. Bowery King sengaja memanfaatkan para agennya untuk menyamar menjadi tunawisma agar bisa masuk ke berbagai akses tertentu tanpa kesulitan.

Itulah yang kemudian jadi alasan mengapa The Soup Kitchen jadi organisasi penguasa dunia bawah. Mereka memiliki akses ke hampir setiap sudut kota New York, bahkan yang di bawah tanah sekali pun. Hal ini menjadi sesuatu yang bahkan tidak bisa dilakukan oleh The High Table.

Siapa Pemimpinnya

Seperti yang disebutkan di atas bahwa The Soup Kitchen didirikan oleh sosok Bowery King. Sejauh ini, memang masih belum banyak informasi yang dihadirkan tentang sosoknya. Namun, Bowery King memiliki sejarah panjang dengan sosok John Wick. Bowery King sendiri sebelumnya pernah menjadi target dari John Wick, tapi akhirnya John mengampuni nyawanya.

Setelah itu, dia kemudian membangun sebuah “kerajaan” yang sangat luas dan besar. Bowery King banyak merekrut para tunawisma, pekerja jalanan, dan berbagai kalangan masyarakat bawah lainnya. Tujuannya adalah untuk menjadi telinga dan mata di wilayah kota New York. Agen-agen mereka banyak yang menyamar jadi pengemis dan sering menggunakan terowongan bawah tanah agar operasinya tidak terbongkar.

The Bowery King sendiri sempat membantu John Wick di film keduanya, di mana dia terluka parah setelah pertarungannya melawan Cassian. Meskipun awalnya enggan untuk menolong John, namun pada akhirnya Bowery King pun memberikan sebuah pistol dengan hanya 7 peluru setelah dia merawat luka John.

Keberadaan Bowery King dan The Soup Kitchen sendiri dianggap penting bagi hidup John Wick saat ini. Apalagi, status John yang sekarang sebagai Excommunicado membuatnya sulit untuk mendapatkan berbagai akses seperti senjata atau armor. Karena itulah, Bowery King bisa jadi salah satu sekutu dari John yang bisa membantunya keluar dari neraka yang sedang dia jalani.

Saingan High Table

Berdasarkan dari apa yang diketahui sejauh ini dalam tiga film John Wick rasanya memang masuk akal jika The Soup Kitchen adalah organisasi yang mampu saingi The High Table. Ada beberapa alasan yang mendukung hal tersebut. Misalnya, mereka memiliki akses informasi yang sangat luas. Mereka memiliki “telinga dan mata” di setiap sudut kota New York. Hal ini berkat para agen mereka yang menyamar jadi kelas bawah.

Kemudian, mereka juga adalah kelompok penguasa dunia bawah yang mana wilayah ini tidak tersentuh oleh High Table. Dan yang terakhir adalah organisasi The Soup Kitchen sendiri kemungkinan akan jadi pihak yang membantu John Wick untuk menghancurkan The High Table di John Wick: Chapter 4. Seperti yang diketahui, di film ketiga The Adjudicator sempat menghancurkan markas dari The Soup Kitchen.

Banyak agen yang tewas akibat diserang oleh Zero dan anak buahnya. Bahkan, Bowery King sendiri harus menerima hukuman atas apa yang dia lakukan dengan membantu John Wick. Namun, di akhir filmnya, dia nampak berusaha untuk membalas dendam atas apa yang High Table lakukan. Karena itulah, John Wick: Chapter 4 bisa jadi momen pembuktian bahwa The Soup Kitchen adalah saingan yang sempurna bagi The High Table.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.