Dalam setiap perang dunia ninja di franchise Naruto selalu memunculkan satu sosok shinobi terkuat yang ditakuti dan bahkan mampu membawa kemenangan. Para shinobi tersebut memang dikenal karena kekuatannya serta kemampuannya yang sangat luar biasa. Sebelum era kedamaian seperti yang diperlihatkan dalam series Boruto terjadi, dunia shinobi diperlihatkan selalu berperang.

Seluruh desa saling mempersiapkan diri untuk jadi yang terkuat dan terbaik demi bisa mengalahkan desa lawannya. Konoha pun termasuk salah satu desa yang terlibat di seluruh perang dunia shinobi. Sejauh ini, perang dunia shinobi sudah berlangsung selama empat kali. Dan setiap perang dunia ninja terjadi selalu muncul satu sosok shinobi terkuat. Siapa saja mereka?

Hashirama Senju

Sebelum perang dunia shinobi terjadi, biasanya pertempuran selalu terjadi antar klan di sebuah desa. Hashirama dan Madara selalu berusaha untuk mencapai perdamaian, namun pada akhirnya pertempuran dalam skala besar terjadi akibat lima negara besar saling berebut sumber daya. Inilah yang jadi awal mula perang dunia shinobi pertama meletus. Dalam perang ini, seluruh Kage generasi pertama dan shinobi level tinggi ikut serta membela negara dan desa mereka.

Meskipun begitu, seluruh shinobi dan Kage terkuat yang terlibat tidak mampu untuk menandingi kedahsyatan sosok Hashirama Senju. Dialah manusia yang kemudian pertama kali mendapatkan julukan “Dewa Shinobi.” Karena upayanya untuk menghadirkan kedamaian dalam ancaman, Hashirama akhirnya harus turun tangan. Dan tidak ada yang mampu untuk menandingi Hashirama saat itu, bahkan sampai puluhan tahun kemudian.

Hiruzen Sarutobi

Pasca kematian sang kakak, Hashirama, Tobirama Senju kemudian mengabil alih posisi Kage. Sayangnya, perang dunia shinobi kembali pecah untuk yang kedua kalinya. Tobirama pun ikut bertempur bersama timnya, di mana salah satu anggotanya adalah Hiruzen Sarutobi. Namun, Tobirama kemudian mengorbankan dirinya demi keselamatan timnya yang berada dalam ancaman. Sebelum kematiannya, Tobirama kemudian menunjuk langsung Hiruzen sebagai penerusnya.

Inilah yang kemudian membuat Hiruzen sah jadi Hokage ketiga. Hiruzen dikenal sebagai Hokage paling lama di Konoha. Yang menarik adalah seperti halnya Hashirama, Hiruzen juga diketahui memiliki julukan “Dewa Shinobi.” Dia juga memiliki julukan “sang Profesor” karena keluwesannya dalam berbagai teknik Ninjutsu. Hiruzen diketahui memiliki pengetahuan yang luar biasa terhadap seluruh teknik ninja yang ada di Konoha, bahkan termasuk yang terlarang atau langka sekali pun.

Minato Namikaze

Perang dunia shinobi ketiga berlangsung kurang lebih 10 tahun sebelum alur cerita utama Naruto dimulai. Perang ini dianggap sangat brutal dan mengerikan, di mana memaksa anak-anak yang belum memiliki pengalaman berperang sekali pun untuk ikut bertempur. Diketahui jika Danzo yang kemudian menjadi dalang dari peristiwa tersebut. Danzo sengaja melakukan adu domba yang membuat negara api dan negara tanah saling bertempur.

Dalam pertempuran inilah Obito hampir tewas dan memberikan satu Sharingannya kepada Kakashi. Sosok ninja terkuat yang kemudian muncul dalam pertempuran ini adalah ayah dari Uzumaki Naruto, yaitu Minato Uzumaki. Diketahui, berkat teknik Flying God Thunder yang sangat cepat Minato mampu menghabisi 1.000 shinobi dari dewa Iwa hanya dalam beberapa saat saja. Bahkan, ini juga yang kemudian jadi momen di mana Minato sangat diwaspadai dengan muncul larangan untuk tidak melawan Minato. Serta, pada akhirnya, desa Iwa pun memutuskan untuk menyerah. Di akhir pertempuran, Minato kemudian ditunjuk sebagai Hokage keempat.

Uzumaki Naruto

Apa yang terjadi di perang dunia shinobi keempat tidak kalah masif. Kali ini, giliran Madara Uchiha dan Obito yang berada di bawah pengaruh Zetsu Hitam yang jadi dalangnya. Dalam perang dunia shinobi keempat hal berbeda diperlihatkan, bagaimana seluruh bangsa berusaha untuk bersatu demi mengalahkan Madara dan juga pasukannya. Bukti kengerian yang muncul selama perang ini adalah bagaimana para aliansi shinobi harus bertarung menghadapi pasukan Zetsu Putih dan zombie shinobi.

Saat perang dunia shinobi keempat ini sosok Uzumaki Naruto muncul sebagai sosok shinobi terkuat. Meskipun Naruto cukup terlambat bergabung dalam pertempurannya, namun dia memberikan kontribusi yang signifikan. Berkat chakra Kurama dan juga seluruh Bijuu, Naruto berubah menjadi sosok mengerikan. Bahkan, dia juga mendapatkan separuh kekuatan chakra Six Path dari Hagoromo Otsutsuki yang membuatnya mampu mengalahkan Madara Uchiha dan Kaguya Otsutsuki. Di akhir pertempuran, Naruto – dan Sasuke – kemudian dilabeli sebagai shinobi paling kuat di dunia.

Boruto Uzumaki

Geeks mungkin heran mengapa nama Boruto muncul dalam daftar ini, yang mana bahkan perang dunia shinobi lain pun belum muncul. Untuk saat ini, memang dunia masih dalam keadaan damai. Namun, ancaman besar dari Code dan juga Otsutsuki lainnya memunculkan potensi besar seperti apa yang terjadi di perang dunia shinobi keempat. Hal ini bahkan bisa kita lihat di awal cerita Boruto.

Pada momen tersebut kita melihat bagaimana Konoha hancur dan hanya tersisa Uzumaki Boruto dan Kawaki. Banyak spekulasi yang muncul menyebutkan jika perang dunia shinobi kelima mungkin akan terjadi. Namun, siapa yang akan mereka hadapi masih belum diketahui. Satu hal yang pasti adalah Boruto Uzumaki kemungkinan jadi sosok shinobi terkuat dalam perang dunia shinobi kelima ini.

Dalam franchise Naruto, perang dunia ninja terjadi karena beberapa alasan. Dalam setiap pertempuran pasti selalu muncul sosok shinobi terkuat yang membuat sebuah negara atau desa berhasil meraih kemenangan. Dan para karakter di atas adalah contoh dari para shinobi terkuat dari perang dunia shinobi yang sudah terjadi mau pun yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.