High Table adalah organisasi kriminal tertinggi di semesta John Wick yang terdiri dari dua belas crime lord, di mana masing-masing dari mereka mengontrol organisasi kriminal terkuat di underworld. Karena dianggap sebagai otoritas tertinggi di dunia kriminal underworld, mereka sangat ditakuti dan dihormati oleh semua orang, tanpa terkecuali para mafia dan pembunuh bayaran. Menariknya di antara kedua belas dewan High Table tersebut, ada satu sosok yang bertindak sebagai pemimpin tertinggi dari semuanya. Dia adalah pria misterius bernama The Elder, begini penjelasan karakter dan pengaruhnya!

The One Who Sits Above The High Table

Pertama kali diceritakan di film John Wick: Chapter 3 – Parabellum (2019), The Elder muncul sebagai sosok karismatik yang dicari oleh John Wick setelah dirinya mendapatkan status ‘excommunicado’ alias buruan utama underworld yang harus segera dibunuh. Faktanya, menurut pencipta koin assassin Berrada, ‘The One Who Sits Above The Table’ bukanlah sosok yang bisa temukan, kecuali dia sendiri yang memutuskannya. Itulah mengapa agar bisa ditemukan oleh The Elder, John harus berjalan ke tepi gurun dan mengikuti konstelasi bintang Canis Minor di langit sampai dirinya hampir mati.

Setelah mengikuti arahan Berrada, John yang pingsan karena dehidrasi di tepi gurun akhirnya didatangi oleh anak buah The Elder yang kemudian membawanya ke sebuah tenda, di mana The Elder telah menunggunya. Pada titik inilah The Elder menyuruh John untuk mengabdi kepadanya agar status exccommunicado dan nilai buruannya dicabut. Syarat berat yang harus dilakukan John untuk mencapai hal tersebut adalah dengan memotong jari manisnya menggunakan pahat dan palu, serta menyerahkan cincin pernikahannya dengan mendiang istrinya yang bernama Helen.

Tidak berhenti sampai di situ saja, The Elder kemudian memberikan misi kepada John untuk membunuh bos Hotel Continental, Winston, yang menolak menunjukkan kesetiaannya kepada High Table. Setelah dengan berat hati menerima misi tersebut, John lantas dibawa ke sebuah ruangan, di mana dia mendapatkan setelan baru untuk menunaikan janjinya. Di ending Parabellum, Wick yang gagal menyelesaikan tugasnya karena ditembak oleh Winston sampai terjatuh dari Continental dan hampir mati, malah bersumpah akan berbalik melawan High Table dengan bantuan The Bowery King.

Pemimpin Misterius Paling Absolut  

Meskipun kemunculannya sangat singkat, tetapi eksistensi The Elder sangatlah berdampak di film Parabellum. Hal tersebut secara tidak langsung telah membuktikan bahwa The Elder bukanlah pemimpin organisasi kriminal biasa, melainkan sosok yang sangat berpengaruh sekaligus paling ditakuti di underworld. Kemisteriusan karakternya sendiri membuat banyak orang bertanya-tanya siapa sebenarnya The Elder yang identitas aslinya masih belum terungkap ini. Berbeda dari anggota High Table lain yang berasal dari organisasi kriminal terkuat di muka Bumi, sejauh ini masih belum diketahui dari mana asal The Elder.

Sebagai pengingat, sebelumnya sudah pernah dijelaskan bahwa masing-masing anggota dewan High Table memang berasal dari berbagai organisasi kriminal terkuat, seperti Camorra, Cosa Nostra, Ndrangheta, Bratva, Triad, Yakuza, dan Cartels Amerika Latin. Namun, tidak ada satu pun dari organisasi tersebut yang menjadi tempat asal pemimpin High Table, The Elder. Dari sinilah muncul spekulasi di kalangan penggemar bahwa The Elder yang mempunyai fitur seperti bangsa Arab ini berasal dari organisasi pembunuh terhebat dan tertua di muka Bumi, yaitu Hassassin alias Order of Assassins.

Kembalinya The Elder di John Wick 4

Sampai detik ini di semesta John Wick sendiri masih belum ada yang berani mengaku kenal dengan The Elder. Karena pada kenyataannya pemimpin High Table ini memang tidak pernah menunjukkan dirinya kepada orang lain kecuali dia sendiri yang mau. Kabar baiknya, The Elder akan kembali menampakan dirinya di film John Wick Chapter 4 mendatang. Karakternya akan diperankan oleh aktor George Georgiou, menggantikan Said Taghmaoui yang terlibat di film sebelumnya. Karena di film keempatnya nanti John akan melawan High Table, The Elder bisa saja menjadi ancaman yang paling berbahaya baginya.

Itulah pembahasan tentang The Elder, pemimpin tertinggi High Table yang sudah membuat banyak penggemar penasaran sampai sekarang. Di film John Wick Chapter 4 nanti sebenarnya yang akan menjadi villain utamanya adalah salah satu anggota High Table bernama Marquis de Gramont dari Bill Skarsgard. Dengan begitu, ada kemungkinan The Elder lagi-lagi akan bertindak dari balik bayangan dan bukan tidak mungkin dia dipersiapkan untuk menjadi villain terakhir di film John Wick 5 mendatang. Sebelum itu kita bisa menyakdikan aksi terdekatnya di film John Wick Chapter 4 pada 24 Maret nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.