Kabar buruk muncul untuk para penggemar Hunter x Hunter di mana kemungkinan series karya Yoshihiro Togashi tersebut resmi berhenti terbit. Series Hunter x Hunter merupakan salah satu judul manga klasik yang kepopulerannya masih terus bertahan hingga saat ini. Togashi Sensei memulai series tersebut pada 1998 di Weekly Shonen Jump dan jadi series yang populer bersama dengan Naruto, One Piece, dan Dragon Ball. Kepopuleran seriesnya bahkan membuat Hunter x Hunter kemudian diadaptasi dalam versi anime.

Meskipun begitu, satu hal yang membuat seriesnya kontroversial adalah hiatus yang panjang. Karena alasan kesehatan dari sang mangaka, Hunter x Hunter sempat hiatus panjang selama bertahun-tahun. Bahkan, manganya sempat hiatus selama kurang lebih empat kali. Pada Desember 2022 kemarin, para fans sempat kembali bersuka cita setelah seriesnya terbit lagi pasca hiatus yang cukup panjang. Sayangnya, kali ini, Hunter x Hunter mungkin tidak akan terbit lagi.

Pada 19 Februari 2023 kemarin, sebuah cuitan dari akun resmi Shonen Jump News memberikan petunjuk jika manga Hunter x Hunter resmi berhenti. Akun tersebut menyatakan jika karya dari Togashi Sensei tersebut masuk dalam daftar arsip Weekly Shonen Jump. Menurut informasi yang ada, biasanya judul-judul yang masuk dalam daftar arsip Weekly Shonen Jump merupakan series yang memang sudah berakhir, dibatalkan, atau pindah ke penerbit yang lain.

Menurut kabar yang beredar, beberapa bulan yang lalu muncul informasi jika kesehatan dari Togashi kembali memburuk. Hal inilah yang membuat kelanjutan manganya kembali tertunda, sebelum kemudian muncul kabar jika Hunter x Hunter kemungkinan resmi berhenti terbit. Sejauh ini, masih belum ada pernytaan resmi apa pun dari pihak Shonen Jump atau pun dari pihak Togashi Sensei yang mana membuat para fans khawatir dan juga marah dengan situasi yang terjadi.

Sebagian fans merasa apa dipindahkannya Hunter x Hunter ke daftar arsip merupakan langkah yang tepat. Hal ini dilakukan demi menjaga kesehatan dari Togashi Sensei, yang mungkin akan kembali kolaps jika harus mengerjakan ceritanya secara mingguan. Di sisi lain, para fans kurang senang dengan apa yang terjadi dengan status Hunter x Hunter dan berharap ada solusi terkait hal ini. Jika kemudian kabar ini terbukti benar, maka artinya Hunter x Hunter akan berakhir setelah terbit selama 400 chapter selama 24 tahun. Di sisi lain, Hunter x Hunter juga akan jadi manga populer pertama yang berhenti di tengah jalan tanpa ada kejelasan seperti apa akhir ceritanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.