Belum lama ini Marvel Studios memang sudah mengklaim bahwa Kang the Conqueror dan semua variannya yang diperankan oleh aktor Jonathan Majors merupakan ancaman yang sangat serius bagi keseluruhan Multiverse Saga MCU. Hal serupa juga sebenarnya sudah lebih dahulu dialami oleh Marvel Comics yang memperkenalkan sosok Nathaniel Richards alias Kang sejak tahun 60-an. Dengan sejarah yang cukup panjang tersebut, tidak aneh jika sekarang ada banyak sekali varian Kang yang eksis di multiverse Marvel. Namun, jika berbicara siapa varian Kang terhebat, terkuat, dan paling berbahaya, inilah Top 5-nya!

Immortus

Dari sekian banyak varian Kang yang eksis di berbagai universe dan timeline Marvel, Immortus dikenal sebagai versi paling berumur dan paling berpengalaman yang mengklaim dirinya sebagai penguasa waktu terkuat. Faktanya dia memang menjadi kaki tangan dari trio entitas penjaga timeline yang bernama Time-Keepers. Meskipun Immortus mengaku sebagai telah pensiun sebagai villain, tetapi bukan berarti dia telah melemah. Dalam salah satu kisahnya yang paling terkenal, Immortus bahkan pernah diceritakan dengan sengaja menghancurkan markas utama Kang, Chronopolis, dan semua kehidupan di dalamnya.

Doom The Annihilating Conqueror

Varian Kang terkuat selanjutnya tidak lain adalah Doom the Annihilating Conqueror yang merupakan gabungan dari tiga big bad villain sekaligus, yaitu Kang the Conqueror, Doctor Doom, dan Annihilus. Doom the Annihilating Conqueror merupakan salah satu dari segelintir varian Kang yang diceritakan berhasil menguasai alam semesta alternatif dan membunuh semua superhero di dalamnya, termasuk Fantastic Four, Avengers, dan juga X-Men. Satu-satunya superhero yang tersisa, yaitu Human Torch, bahkan sampai harus melarikan diri ke semesta lain dan meminta bantuan kepada para varian Avengers.

Chronos-Tut

Chronos-Tut adalah varian terkuat Kang yang ancamannya tidak hanya dirasakan oleh para superhero Marvel saja, tetapi juga superhero DC. Hal tersebut bisa terjadi karena Chronos-Tut merupakan karakter Amalgam alias gabungan antara varian pertama Kang ‘Rama-Tut’ dengan supervillain penjelajah waktu DC bernama Time-Trapper. Bagi yang belum tahu, Time Trapper sendiri terkenal sebagai musuh bebuyutan dari tim superhero dari masa depan DC yang disebut Legion of Super-Heroes. Berdasarkan hal tersebut bisa kita bayangkan betapa hebatnya Chronos-Tut yang mengancam dua universe komik sekaligus.

Kang the Time-Eater

Di antara kalian mungkin ada yang penasaran bagaimana jadinya jika big bad sekelas Kang the Conqueror, yang mengetahui masa lalu, masa kini, dan masa depan, mendapatkan kekuatan kosmik setingkat Celestial. Menariknya, Marvel Comics sendiri pernah mencoba menjawab hal tersebut dengan memperkenalkan varian terkuat yang bernama Kang the Time-Eater. Semuanya bermula setelah seorang varian Kang berhasil membunuh Galactus dan mengambil semua kekuatan kosmiknya. Hasilnya, Kang menjadi entitas kosmik yang mampu membunuh banyak Galactus di timeline lain dan menghancurkan semestanya.

Prime Kang

Terakhir, jika berbicara tentang varian terkuat Kang the Conqueror, tentunya kita tidak bisa melewatkan Prime Kang. Karena dialah Kang paling pertama dan utama yang selama ini sering menjadi ancaman timeline lain, varian lain, dan bahkan multiverse. Meskipun sulit untuk mengetahui siapa Prime Kang di antara varian Kang lainnya, ada satu prestasi mutlak yang hanya bisa dan pernah dia lakukan seorang diri, yaitu memusnahkan semua varian Kang yang eksis di multiverse. Hal ini sengaja dilakukan oleh Prime Kang karena dia merasa hanya dirinyalah yang paling layak untuk menjadi Kang sejati di multiverse Marvel.

Itulah Top 5 varian terkuat Kang the Conqueror yang eksis di Marvel Universe. Semua varian Kang ini bisa dibilang telah menunjukan berbagai pencapaian tertinggi seorang Kang yang tidak bisa digapai oleh varian lain. Misalnya Immortus dengan pengalamannya yang paling banyak, Chronos-Tut yang juga dikenal di Amalgam DC Universe, atau Prime Kang yang kebengisan dan ambisinya tidak tertandingi. Pada akhirnya eksistensi dari kelima Kang ini membuat varian lain terasa seperti pemeran figuran. Sepertinya akan menarik jika suatu hari nanti salah satu dari varian terkuat ini bisa muncul juga di versi live action MCU.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.