Di dunia superhero seperti Marvel Universe, melakukan perjalanan waktu menjadi kemampuan super yang sangat luar biasa. Di mana jika kemampuan ini dikombinasikan dengan pemahaman yang sangat kuat terhadap masa lalu dan masa depan, hal tersebut dapat membuat seorang penjelajah waktu tidak terkalahkan. Hal itulah yang berhasil ditunjukkan oleh Kang the Conqueror sebagai seorang big bad villain Marvel yang mampu mengubah sejarah dan menghancurkan timeline. Menariknya, di Marvel Universe sendiri sebenarnya ada lima superhero penjelajah waktu berpengalaman yang konon tidak kalah hebat dari Kang!

Bishop

Penggemar setia X-Men mungkin sudah tidak asing lagi dengan Lucas Bishop. Superhero mutant yang berasal dari masa depan ini terkenal sebagai seorang penjelajah waktu yang sangat berpengalaman. Dengan alat canggih yang berfungsi layaknya mesin waktu, Bishop bisa membuka portal ke timeline mana saja yang dia mau. Salah satu prestasi terbaiknya adalah ketika Bishop pergi ke masa lalu untuk memperingatkan X-Men tentang ancaman Onslaught. Yang lebih hebatnya lagi, Bishop juga terbukti mampu memanipulasi energi, sehingga dia kebal terhadap hampir semua serangan, termasuk serangan fisik, energi psionik, bahkan psikis.

Cable

Masih dari keluarga X-Men, Nathan Summer alias Cable adalah anak dari pasangan mutant populer Cyclops dan Jean Grey yang akhirnya menjadi superhero penjelajah waktu pada masa depan. Kisah Cable sebagai seorang penjelajah waktu dimulai ketika dia pertama kali memutuskan untuk pergi ke masa lalu dengan menggunakan alat canggih agar bisa menyelamatkan orang tuanya dan juga para anggota X-Men yang tewas pada zamannya. Uniknya, saking seringnya melakukan perjalanan waktu, banyak penggemar yang justru tidak sadar bahwa kekuatan utama Cable yang sebenarnya adalah telekinesis. bukan penjelajah waktu.

Deathlok

Tidak seperti nama dan penampilannya yang mirip supervillain, pada kenyataannya Deatlok adalah seorang superhero cyborg penjelajah waktu yang sering pergi ke masa lalu dan masa depan untuk menyelamatkan alam semesta. Berdasarkan fakta terbaru di Marvel Comics, terungkap bahwa Deathlok dan semua variannya ternyata memang dipersiapkan untuk membantu para Avengers di berbagai timeline dan universe. Mirisnya, Deathlok pertama yang eksis di Marvel Universe justru terlahir dari desain dan teknologi yang awalnya diciptakan Kang the Conqueror saat dia menyamar sebagai Victor Timely pada abad 20. Namun karena hal ini jugalah Deathlok seharusnya mampu mengimbangi Kang.

Franklin Richards

Jika Reed Richards alias Mister Fantastic dari Fantastic Four terkenal sebagai superhero paling cerdas, anaknya yang bernama Franklin Richards justru terkenal sebagai superhero kosmik paling kuat. Dengan kemampuannya yang dapat memanipulasi realitas, Franklin terbukti mampu membelah ruang dan waktu sehingga bisa melakukan perjalanan waktu ke timeline mana pun dia suka. Hal inilah yang membuatnya terkenal sebagai sosok Mahakuasa sekaligus superhero penjelajah waktu yang sangat tangguh. Dengan kemampuannya ini, lebih dari sekali Franklin pergi ke masa lalu untuk menyelamatkan variannya yang lebih muda atau hanya sekadar untuk bersenang-senang.

Timeslip

Superhero penjelajah waktu terakhir yang tidak kalah berpengalaman dari Kang adalah Rina Patel alias Timeslip. Sesuai dengan namanya, anggota tim superhero muda New Warriors ini terkenal mempunyai kemampuan unik chronoskimming yang memungkinkannya pergi ke masa depan atau masa lalu, dengan memindahkan ingatan dan kesadarannya kepada para variannya yang eksis di berbagai timeline. Tidak hanya itu saja, superheroin dari India ini juga mampu memperlambat pergerakan waktu dan memanipulasi realitas. Hal inilah yang membuat Timeslip tercatat sebagai salah satu penjelajah waktu terhebat dalam sejarah Marvel Universe.

Itulah lima superhero yang pengalaman dan kehebatannya sebagai seorang penjelajah waktu sudah tidak perlu kita ragukan lagi. Dengan semua kemampuan super dan teknologi yang mereka miliki, sebenarnya jika mau para superhero ini bisa saja pergi ke berbagai timeline atau universe untuk melakukan penaklukan seperti yang sering dilakukan Kang. Namun karena mereka tidak seambisius itu, pada akhirnya eksistensi kelima superhero ini tidak semenonjol Kang. Walaupun begitu, sepertinya akan sangat menarik jika suatu saat nanti mereka benar-benar bertemu dan membuktikan siapa yang paling hebat.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.